steker-kaki-tiga-25

Cara Memasang Stop kontak Listrik Tiga Lubang

Cara pasang stop kontak AC tiga-lubang. Karena merupakan pasangan dari steker berkaki-tiga, dan steker berkaki-tiga banyak digunakan pada kabel perangkat AC, serta banyak masyarakat kita yang sudah memasang AC di rumahnya, maka sebutan stop kontak untuk steker berkaki-tiga bergeser dan lebih dikenal dengan nama “stop kontak AC”.

Saya sendiri tidak tahu penamaan resmi dari stop kontak tersebut. Memang rada réséh untuk menyebutkan, apalagi menuliskan, nama “stop kontak untuk steker berkaki-tiga”. Meskipun nama “stop kontak AC” sendiri sudah dikenal luas, rasanya masih kurang pas. Karena, secara pemakaian yang sebenarnya, perangkat elektronik “bukan AC” yang menggunakan steker berkaki-tiga, juga harus ditancapkan pada “stop kontak AC” itu.

Kondisinya menjadi semakin rumit jika hendak di sanding kan dengan saudara-tuanya yang merupakan pasangan dari steker berkaki-dua. Apakah hendak dinamakan “stop kontak saja”? Bagaimana jika dinamakan “stop kontak biasa” saja? Atau, mungkin… “stop kontak bukan AC”? 😅

Setelah dipikir-pikir, akhirnya, saya putuskan menamakan stop kontak untuk steker berkaki-tiga dengan sebutan “stop kontak tiga-lubang” dan sebutan untuk saudara tuanya sebagai “stop kontak dua-lubang”. ☺
icon.top.par

In Bow dan Out Bow…

Unit stop kontak tiga-lubang, biasanya, dijual satu set dengan steker-nya yang berkaki-tiga. Tapi, ada juga beberapa toko listrik yang menjualnya terpisah. Baik dibeli secara satu set atau terpisah, kita akan mendapatkan satu tambahan boks tempat dudukan stop kontak. Fungsinya untuk pemasangan stop kontak dalam versi Out Bow.

cara memasang stopkontak tiga lubangicon.top.par

Perbedaan dengan stop kontak dua-lubang…

Memasang kawat kabel pada stop kontak tiga-lubang tidaklah rumit. Bahkan, bagi yang telah terbiasa memasang stop kontak biasa (dua-lubang) dengan tambahan kawat Arde, bisa dibilang sama saja. Hanya posisi lubang tempat menyematkan kawat Arde-nya yang berbeda.

cara memasang stopkontak tiga lubang

cara memasang stopkontak tiga lubang

cara memasang stopkontak tiga lubang

Dari ukuran fisik bagian belakang stop kontak tiga-lubang ini, nampak perbedaan ukuran jeroan yang cukup besar dengan yang dua-lubang. Saya belum mencoba untuk memastikan bisa-tidaknya jeroan stop kontak tiga-lubang dipasang menempati lubang In Bow yang sebelumnya dihuni stop kontak dua-lubang. Menurut saya, tindakan itu bisa dikerjakan, mengingat pemasangan kawat kabel stop kontak tiga-lubang mengulur dari bagian tengah jeroan.icon.top.par

Fitur Saklar…

Ada tambahan saklar yang dibuat menyatu dengan unit stop kontak tiga-lubang ini. Kalau diperhatikan lebih jauh fungsi dan tujuannya, menurut saya, agar steker yang menancap di stop kontak tidak perlu untuk sering dicabut-pasangkan. Cukup dengan mematikan saklar, maka aliran listrik ke steker akan terhenti dan kondisinya sama seperti dengan dicabut dari stop kontak.

cara memasang stopkontak tiga lubangicon.top.par

Garis Besar Tutorial Cara Pemasangan Kawat Kabel

Untuk melakukan pemasangan kawat kabel, casing stop kontak harus dilepaskan terlebih dulu. Di balik casing yang menutupi jeroan stop kontak, tampak beberapa baut yang digunakan untuk menjepit kawat kabel dan termasuk juga baut untuk mengencangkan pengait stop kontak pada lubang di dinding.

Pada permukaan jeroan, tertera beberapa tulisan yang menerangkan posisi kawat kabel disematkan sesuai muatan arus listriknya. Sama seperti keterangan yang terdapat pada steker berkaki-tiga. Jika kita ikuti cara pemasangan kawat kabel sesuai dengan keterangan yang tertera pada stop kontak tiga-lubang dan steker berkaki-tiga, maka kita bisa memperoleh gambaran bagaimana pertemuan kesamaan kawat kabel yang dipasang pada steker dan stop kontak-nya.

cara memasang stopkontak tiga lubang

Bagi kita yang tidak terbiasa, namun hendak terlibat melakukan pemasangan sendiri stop kontak tiga-lubang, ada baiknya membuat kawat kabel terpasang seutuhnya pada stop kontak terlebih dulu. Tujuannya, agar kawat kabel yang disematkan, bisa dipastikan telah terjepit dengan baik. Selebihnya, tinggal merapikan sebelum stop kontak dilekatkan ke dinding.

Biasanya, kulit kabel (warna putih) yang dikelupas lebih panjang sepertiga hingga setengah bagian dari ukuran yang ditunjukkan pada salah satu foto tutorial (urutan kelima) di bawah. Dibuat seperti itu untuk mengantisipasi penggantian stop kontak baru di kemudian hari. Kabel yang terpasang, sudah dalam kondisi semi-permanen dan tidak bisa ditarik-ulur lebih panjang. Sedangkan, perlu sedikit ruang gerak untuk melepaskan dan memasangkan kawat-kawat kembali ke stop kontak. Sisa kelebihan kawat-kawat tak berkulit itulah yang dimanfaatkan agar stop kontak bisa ditarik-ulur keluar-masuk lubang In Bow atau kotak Out Bow tempat nantinya dilekatkan.

Memang, terlihat sedikit mubazir. Tetapi, dengan cara seperti itu, baik untuk pemasangan versi In Bow maupun Out Bow, kecil kemungkinan kawat kabel yang dipasang pada stop kontak bergeser (terlepas) dari baut yang menjepitnya.icon.top.par

Beda manfaat dengan stabilizer…

Pertanyaannya : apakah manfaat sebenarnya dari tindakan menyeragamkan letak pemasangan kawat kabel pada steker berkaki-tiga dan stop kontak-nya?

Apa bedanya dengan manfaat stabilizer dalam memperbaiki kualitas listrik?

Bermanfaat-tidaknya menyeragamkan pemasangan kawat kabel, dapat kita analisa lewat keberadaan produk steker berkaki-tiga dengan stop kontak-nya itu sendiri. Tidak ada alasan lebih baik dari penyebab format jeroan steker berkaki-tiga dan stop kontak-nya dibuat sedemikian rupa jika tanpa kepentingan untuk mendapatkan keseragaman letak kawat kabel. Tujuannya, tidak lain, agar muatan arus listrik yang dikonsumsi perangkat elektronik menjadi benar.

Logika alasan yang sederhana, bukan?

Stabilizer, memang bisa memperbaiki kualitas arus Fasa dan Netral yang diterimanya dan menghasilkan output listrik sesuai yang seharusnya dikonsumsi perangkat elektronik. Namun, stabilizer tidak bisa memperbaiki perbedaan letak kawat kabel yang terpasang di level steker dan stop kontak. Pemasangan kawat kabel yang tidak seragam letaknya antara steker berkaki-tiga dengan stop kontak-nya, akan merubah muatan arus listrik yang seharusnya di terima perangkat elektronik.

Begitu juga halnya dengan menyeragamkan letak kawat kabel pada steker berkaki-tiga dengan stop kontak-nya, yang tidak bisa memperbaiki ketidakstabilan voltase. Tindakan itu hanya akan berdampak pada “menjadikan benar” muatan arus listrik yang di konsumsi perangkat elektronik. Kualitas listrik yang buruk akibat ketidakstabilan voltase, tidak akan pernah bisa diperbaiki dengan cara menyeragamkan letak pemasangan kawat kabel.

Faktor kestabilan voltase listrik dan kebenaran muatan arus listrik yang dikonsumsi perangkat elektronik, memang memiliki bagiannya masing-masing. Namun, kedua faktor tersebut “harus” ada dan diusahakan kebenarannya guna menghasilkan kondisi pemakaian listrik yang maksimal.

Bagi saya, bagian terbaik dari mengerjakan semua itu (memasang stabilizer dan menyeragamkan pemasangan kawat kabel) adalah berkurangnya biaya pemakaian listrik tanpa perlu usaha untuk melakukan penghematan.icon.top.par

Jadi…

Baik dari sisi fungsi maupun teknik pemasangan kabel, tidak ada bedanya antara stop kontak tiga-lubang dengan yang dua-lubang. Hanya saja terdapat aturan yang pasti dalam memposisikan letak kawat penghantar arus Fasa dan Netral di masing-masing lubangnya. Aturan yang memiliki keterkaitan yang erat dengan cara pemasangan kabel pada stop kontak tiga-lubang tersebut, harus kita ikuti agar membawa efek distribusi muatan arus listrik yang maksimal.

Namun, seandainya aturan cara pemasangan kawat kabel yang diterapkan pada steker berkaki-tiga dan stop kontak tiga-lubang itu kita terapkan pada steker berkaki-dua dan stop kontak dua-lubang yang ada di rumah saat ini, maka efek distribusi aliran listrik yang akan dihasilkan akan menjadi sama.

Fitur-fitur yang terdapat pada perangkat berkaki-tiga (steker dan stop kontaknya), sebenarnya bisa diakomodir dengan mudah pada situasi pemakaian perangkat berkaki-dua. Fitur saklar pada stop kontak tiga-lubang, bisa digantikan dengan steker kaki-dua bersaklar. Sedangkan fitur sikring pada steker berkaki-tiga, dapat digantikan dengan stabilizer. Jika telah stabilizer dipasang untuk listrik satu rumah, maka hanya dibutuhkan steker kaki-dua bersaklar untuk mendapatkan kondisi distribusi listrik perangkat berkaki-dua yang sama persis dengan yang dimiliki perangkat berkaki-tiga.

Jika posisi letak kawat antara stop kontak dua-lubang bisa disamakan dengan yang tiga-lubang, bagaimana dengan menentukan posisi arus Fasa dan Netral pada steker berkaki-dua agar bisa sama seperti yang terpasang di steker berkaki-tiga?

Anda bisa membaca ulasannya di artikel Steker, Stopkontak dan Arus Listrik. Disitu, diuraikan cara yang saya susun untuk saya jadikan dan gunakan sebagai standar dalam mengidentifikasikan kawat yang seharusnya membawa muatan arus Fasa dan Netral di masing-masing kaki steker berkaki-dua.

Untuk anda yang ingin mempelajari cara memasang kabel pada stop kontak tiga-lubang, di bawah ini saya sajikan rangkaian foto-fotonya dengan menggunakan model unit seperti pada foto di atas.

Semoga bermanfaat!

Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang

Jika hendak dipasang versi In Bow, maka langkahnya :

Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang

Jika hendak dipasang versi Out Bow, maka langkahnya :

Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang Tutorial Memasang Stop kontak Tiga Lubang
icon.top.document

Iklan