About Me

Hai…

Perkenalkan nama saya Omar Ramlee, admin dari blog “Listrik di Rumah” ini. Latar belakang edukasi saya adalah computer database programming. Pernah bekerja menjadi staff IT – programmer di sebuah bank swasta dan saat ini sebagai freelance Author. Saya memiliki ketertarikan pada banyak hal, terutama pada sesuatu yang dapat membuat sebuah kemudahan dan efisiensi dalam satu sistem kerja maupun rutinitas kehidupan sehari-hari.

Saya menyukai sebuah konsep dari keadaan yang memiliki proses kerja sederhana dan tepat sasaran. Mengembangkan sebuah terobosan dan pola berpikir baru yang bisa menciptakan keadaan dengan konsep seperti itu merupakan tantangan menarik untuk dijalani.

Hal yang membuat itu menarik untuk saya, adalah banyaknya faktor yang perlu dijadikan sebagai dasar pertimbangan, dimana semua itu harus diperhitungkan untuk mendapatkan satu bentuk kesesuaian. Gabungan dari setiap bentuk kesesuaian, akan menghasilkan “urutan tindakan” yang harus memiliki kesetaraan bagi siapa pun yang menjalaninya.

Semakin sederhana penerapan keadaan “urutan tindakan” yang bisa diciptakan, maka akan semakin baik jadinya. Karena, dari situlah akan diperoleh satu hasil akhir yang maksimal dengan dampak efektivitas waktu dan tenaga serta efisiensi biaya yang tinggi.

Namun begitu, tentu saja semua itu dikerjakan dan dibentuk dalam batas harus tetap berada di jalur sasaran yang dituju juga.

Tidak melanggar aturan main / norma-norma yang berlaku, merupakan batas dan tantangan yang perlu dipahami dan diperhatikan dalam mengembangkan sebuah terobosan baru. Tidak ada gunanya menciptakan sebuah inovasi yang pada akhirnya harus melanggar aturan main dalam penerapannya.

Banyak yang telah memulai dan menerapkan cara berpikir sebagaimana deskripsi di atas, dan saya hanyalah salah satu yang mencoba mengambil bagian untuk bergabung di dalamnya.icon.top.par

Mengapa “Listrik di Rumah”?

Sebenarnya, banyak hal terjadi setiap hari di sekitar lingkungan rumah kita untuk dapat diceritakan. Terutama mengenai hal yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dan kepentingan kita sehari-hari di rumah. Listrik merupakan salah satu hal yang bisa kita rasakan keterlibatannya paling besar dalam mengisi hampir setiap aktivitas yang terjadi di rumah.

Seandainya anda kembali membaca dua paragraf pertama dari artikel pembuka situs ini (Beranda), mungkin anda sependapat dengan saya. Bahwa sejak komputer (PC) mulai diperkenalkan, telah mengubah cara hidup manusia secara drastis. Personal Computer telah me-revolusi waktu tahap proses pengembangan dan penyempurnaan berbagai bidang pekerjaan menjadi relatif lebih singkat, mudah dan murah.
icon.top.par

Peran Listrik…

Peran listrik dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja manusia melalui keberadaan PC, boleh dibilang, telah dijadikan salah satu acuan untuk setiap pengembangan perangkat-perangkat lainnya. Fungsi dan manfaat PC telah menginspirasi banyak produk perangkat keras yang menggunakan tenaga listrik untuk bisa berfungsi menghasilkan lebih dari satu pekerjaan dengan menggunakan jumlah energi yang sama. Saat ini, hampir semua perangkat / alat bantu konvensional yang memiliki padanan-nya dalam bentuk perangkat ber-tenaga listrik menggunakan konsep tersebut, yaitu : satu perangkat dengan banyak manfaat.

Dasar konsep yang seperti itu, kini memiliki kecenderungan dan kian “mengental” untuk menjadi satu keharusan agar bisa diterapkan sebagai “kemampuan dasar” dalam pengembangan produk-produk perangkat elektronik baru. Kondisi yang demikian, memberikan satu gambaran sangat jernih bahwa keterlibatan perangkat elektronik akan semakin dalam dan lekat di setiap aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

Keterlibatan perangkat elektronik yang semakin dalam merasuki kehidupan pribadi kita, mengarah pada satu pemahaman bahwa perangkat apa pun yang nantinya hendak kita gunakan, pada akhirnya akan membawa kita kembali kepada kepentingan atas kebutuhan dasar dari perangkat-perangkat tersebut, yaitu LISTRIK. Dengan kata lain, selama situasi pemakaian perangkat elektronik tetap terjadi dalam hidup kita, maka selama waktu itu juga ketergantungan terhadap listrik akan tetap menyertai dalam hidup kita.
icon.top.par

Peran Rumah…

Rumah merupakan satu-satunya tempat / wilayah di muka bumi dimana kita dapat menghabiskan waktu kehidupan pribadi secara bebas. Disitulah tempat untuk bisa menjalani sebagian waktu hidup kita tanpa intervensi apa pun. Sehingga, berapa pun lama waktu yang bisa kita sisihkan untuk bisa berada di rumah setiap harinya, itulah waktu terbaik yang bisa kita dapatkan dalam hidup.

Rumah adalah tempat dimana semua mimpi berawal dan berakhir. Di tempat inilah semua kepentingan yang kita jalani dalam hidup diawali. Tidak ada alasan yang lebih baik untuk memulai sesuatu hal tanpa menyertakan kepentingan dari apa yang saat ini kita miliki di rumah. Di tempat ini juga semua hal yang kita kerjakan memiliki nilai sesungguhnya. Karena pihak yang paling berkepentingan atas semua yang telah kita kerjakan adalah mereka yang tinggal dan hidup bersama dengan kita, termasuk kita sendiri yang merupakan bagian seutuhnya dari mereka.

Disitulah kebahagiaan yang sesungguhnya bisa kita rasakan secara nyata. Tidak ada satu tempat pun di dunia ini yang benar-benar memahami kita seutuhnya selain lingkungan rumah kita sendiri. Atas dasar itu, tidak ada alasan untuk kita memiliki anggapan bahwa rumah hanyalah sebagai tumpukan batu-bata yang disusun rapi agar kita bisa tidur dengan nyaman. Ada sebuah “dunia” di dalam rumah yang tidak akan pernah kita bisa membandingkan dengan tempat dimanapun di dunia ini hingga akhir saat waktu untuk kita ditinggalkan dan meninggalkannya.

There no place like home.icon.top.par

Listrik, rumah dan kita…

Terdapat korelasi sangat erat antara fungsi listrik dan keberadaan rumah dengan kehidupan yang kita jalani. Listrik dan rumah, berperan saling melengkapi guna memenuhi satu kepentingan. Yaitu, mengisi dinamika waktu dalam kehidupan yang kita jalani untuk menjadi lebih baik. Memiliki sedikit dasar pemahaman bagaimana keterkaitan keduanya secara fungsi dan peran dalam melengkapi jalannya kehidupan, bukan merupakan satu hal yang sia-sia. Karena, kedua hal tersebut yang pada akhirnya akan tetap turut menyertai selama hidup kita.

Listrik memiliki banyak keistimewaan. Salah satu yang terbaik adalah menghidupkan suasana yang tidak bisa diciptakan hanya dari keberadaan fisik sebuah rumah belaka. Contoh termudah yang bisa menggambarkan hal itu adalah penerangan di malam hari. Banyak hal lainnya yang juga menjadi terasa lebih “hidup” dengan bantuan listrik.

Namun, semua kelebihan itu sangat bergantung dari bagaimana kondisi mutu listrik yang beredar di rumah itu sendiri. Karena, perangkat elektronik / listrik apa pun yang kita miliki dan gunakan, akan menjalankan fungsinya sesuai dengan kualitas listrik yang mereka konsumsi. Kualitas listrik yang baik akan membuat kinerja perangkat-perangkat itu menjadi benar. Demikian juga jika kondisi yang terjadi sebaliknya.

Jadi, baik-buruknya kualitas listrik di sebuah rumah, turut memiliki andil dalam menentukan karakter suasana rumah tempat listrik itu beredar. Itulah sebabnya kita memerlukan kualitas listrik yang relatif baik di rumah.

“Kita (sebagai pemakai) tidak perlu menjadi seorang ahli listrik, karena kita memang tidak membutuhkan keahlian hingga pada tingkat tersebut. Kita hanya perlu mengetahui bagaimana dasar cara memperlakukan listrik agar dapat memberikan manfaat terbaik dalam kehidupan sehari-hari kita di rumah.”

Dari uraian di atas, rasanya, anda sudah bisa menyimpulkan garis besar yang saya hendak sampaikan melalui artikel-artikel di blog ini. Saya hanya mencoba menyelaraskan pemahaman cara menangani listrik sebatas kepentingan untuk memperlancar aktivitas sehari-hari di rumah saja. Bukan untuk menjadikan anda seorang ahli di bidang listrik.

icon.top.par
Fokus pembahasan selain listrik…

Udara dan air, merupakan dua fokus tambahan utama dari pembahasan selain listrik yang saya coba ikut kembangkan di blog ini. Keduanya merupakan energi yang tidak terpisahkan selama kita menjalani kehidupan, khususnya di rumah. Namun, saya menemukan, listrik tetap merupakan energi utama yang bisa memudahkan dalam membentuk dan mengatur udara dan air agar bisa kita nikmati secara lebih baik. Keterlibatan listrik (apapun bentuk dan wujudnya) tetap akan dibutuhkan untuk bisa melewati batas yang tidak bisa dilalui oleh udara dan air dalam bentuk dasar mereka sebagai energi.

Dari sepanjang waktu yang saya telah alami melibatkan diri secara personal dengan ketiga energi ini (listrik, udara dan air), ada satu kesan yang saya peroleh :

Cobalah untuk tidak meremehkan, mensia-siakan ataupun merusak sumber penghasil dari ketiga energi tersebut. Ketiganya tercipta dari alam melalui proses rumit yang cukup panjang dan berlangsung secara terus-menerus. Perlakukan dan manfatkanlah energi-energi ini dengan sebaik mungkin, karena ketiganya merupakan sarana pendukung utama bagi kehidupan kita sehari-hari di rumah yang mana kita masih belum mampu untuk menciptakannya sendiri.

Semoga semua materi dalam blog / situs ini, dapat membawa manfaat bagi kita bersama untuk bisa memaksimalkan penggunaan energi, khususnya listrik, di rumah dengan lebih baik.
icon.top.par

Hak cipta…

Pemakaian semua konten (judul blog / situs, logo, artikel, gambar dsb.) yang bersumber dan ada dalam listrikdirumah.com oleh pihak di luar listrikdirumah.com, mengacu pada ketentuan dan hukum sesuai tertera di semua undang-undang hak cipta yang berlaku di negara Indonesia dan juga undang-undang hak cipta yang menjadi ketentuan WordPress.com sebagai penyelenggara / induk / host dari listrikdirumah.com.

listrikdirumah.com akan selalu menyetujui tindakan sepihak apa pun yang dilakukan oleh WordPress.com terkait dengan tindak pelanggaran hak cipta atas pemakaian semua konten (judul blog / situs, logo, artikel, gambar dsb.) yang bersumber dan ada dalam listrikdirumah.com oleh pihak di luar listrikdirumah.com, baik yang berlokasi di dalam mau pun di luar wilayah hukum negara Indonesia.

listrikdirumah.com tidak bertanggung jawab atas pemakaian sebagian / satu / beberapa / semua konten dalam listrikdirumah.com oleh pihak di luar listrikdirumah.com dengan / untuk tujuan komersialisasi dalam bentuk apa pun.

Lebih jauh mengenai UUHC (Undang-undang Hak Cipta) dapat dipelajari pada alamat-alamat di bawah ini :

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mengunjungi situs-situs saya.

Salam…
icon.top.document

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s