Question & Answer ~ 2017

icon-bohlam-2016-q-and-aHi,

Selamat datang di Question and Answer (Pertanyaan dan Jawaban). Halaman ini khusus disediakan bagi anda yang memiliki pertanyaan / komentar seputar topik dari artikel-artikel yang telah saya publikasikan.

Tujuan di-ada-kannya halaman Q & A ini, selain memudahkan saya dalam mengatur jawaban dari komentar / pertanyaan yang masuk, juga untuk menghindari duplikasi komentar / pertanyaan dan jawaban. Sehingga, setiap komentar yang dipublikasikan menjadi unik dan tidak membosankan untuk ditelusuri satu per satu.

Komentar yang diperkenankan dan tidak.

Sebagaimana selama ini perlakuan yang diterapkan terhadap setiap komentar yang masuk, saya akan menampilkan semua pertanyaan / komentar yang tidak bersifat mem-promosi-kan apa pun.

Pertanyaan / komentar atas sebuah perangkat elektronik / listrik yang memang bermanfaat, memiliki hubungan erat dengan efektifitas kehidupan sehari-hari dengan efisiensi pemakaian daya yang tinggi, akan saya publikasikan tanpa menyertai brand / merek dari perangkat tersebut.

Penerapan perlakuan komentar seperti ini bertujuan untuk menjaga fokus pembahasan tetap pada porsinya.

Saya berharap, dengan keberadaan halaman Q & A ini, dapat mempermudah anda dalam menemukan jawaban / solusi berdasarkan pertanyaan / komentar para pengunjung lain blog / situs ini.

* Untuk melihat dan membaca kembali Q & A periode tahun 2014 s/d awal 2017, silahkan klik disini.

Salam… ☺

64 tanggapan untuk “Question & Answer ~ 2017”

  1. Selamat siang Pak Omar Ramlee,

    Kami komunitas yang bermukim di bukit. PDAM atau pemerinta tidak mampu menyediakan air bersih dan oleh karenanya kami mengebor untuk mendapatkan air bersih dan sudah jalan dengan baik. Karena beaya yang mahal dan untuk meringankan maka kami berbagi. Berbagi air dan berbagi beaya instalasi, pajak air, listrik, dan pemeliharaannya. Pertanyaan kami terkait dengan instalasi pipa air bersih dan penggunaan dua macam valve. Kami mendapat informasi tentang Scour Valve dan Air Valve. Kami lalu menelusuri di Google supaya bisa lebih tahu, tetapi hampir tidak menemukan informasi tentangnya. Yang kami temukan adalah informasi tentang aneka valve yang banyak dipakai dalam pipanisasi gas. Kami juga ingin tahu dimana bisa beli dan harganya berapa.

    Demikian persoalan kami berharap mendapat informasi dari Bapak. Sebelum dan sesuadahnya kami u capkan banyak terimakasih.

    Semoga Bapak sekeluarga sehat selalu. Amin.

    Dari

    Sopantini

    Suka

  2. Nanya, Pak.

    Saya mengecek kabel output dari kWH meter di rumah ternyata hanya ada 2 kabel yang terhubung dengan panel box MCB, kabel fasa dan netral. Sedangkan kabel ground hanya berhenti di kWh meter. Apakah ini normal?

    Jika saya ingin menambahkan grounding, apakah nantinya kabel ground yang ingin saya tambahkan harus tersambung dengan ground di kWh meter yang dari PLN atau tidak perlu (bisa langsung saya tanam tanpa menyambung dengan ground PLN terlebih dulu)??

    Terima kasih.

    Suka

      1. AlhamduliLlah…

        Terima kasih banyak penjelasannya. Sangat membantu sekali. Saya mem-bookmark halaman ini dan mengeceknya hampir tiap setengah jam demi jawaban dari keingintahuan saya.

        Semoga sukses dan sehat selalu, Pak.

        Suka

    1. Saya menganggapnya sebagai kewenangan PLN.

      Kita hanya berhak atas output listrik yang keluar dari kabel tersebut. Dengan demikian, kewenangan kita untuk mengutak-atik kabel itu hanya sebatas kepentingan “menyambungkannya” dengan kabel atau MCB yang terpasang dalam rumah.

      Salam. ☺

      Suka

  3. Di kontrakan saya memiliki lkpasitas listrik 1.300 kwh. Dengan pemakaian untuk 2 rumah. Di rumah saya sendiri kmi memakai elektronik 1 kulkas, 1 ac 1/2 Pk, 1 mesin cuci, TV flat 22 inc, mesin air dan kipas. Sementara rekan tetangga saya mengunakan TV tabung 14 inc, kipas dan mesin air. Baru2 ini rekan sebelah saya beli kulkas. Saat dipasang kulkasnya itu temperatur dinginnya tidak setabil naik turun. Dan pada akhirnya mempengaruhi pemakaian listrik lebih boros.

    Yang mau saya tanyakan adalah kenapa bisa terjadi sperti itu ya pa? Karna kalau listrik tidak kuat, pasti MCB turun. Tapi ini MCB tetap on. Cuma kulkas rekan saya yg jadinya tidak setabil suhu dinginnya.

    Dan jika di sarankan harus menggunakan stabilizer baiknya bagaimana cara pemasangan instalasinya untuk mengkaver 2 rumah 1 mcb. Dan stabilizer berapa watt baiknya yg harus kami miliki? Kalau boleh juga mohon saran stbilizer merwk apa yg rekomen dari bapak? Terimakasih

    Suka

    1. Memang seperti itu dampaknya pada kulkas jika voltase listrik tidak stabil. Voltase listrik bisa dibilang faktor penentu kualitas listrik yang dikonsumsi perangkat elektronik seperti kulkas. Silahkan membaca uraiannya di artikel Voltase, Watt dan Perangkat Elektronik.

      Anda bisa memasang stabilizer di jalur kabel antara meteran dengan MCB. Saya menggunakan stabilizer merk OKI model AVR-3000 (3000VA) untuk kapasitas listrik 1300VA di rumah.

      Untuk mendapatkan gambaran situasi sebelum dan setelah pemasangan stabilizer, anda dapat membaca tutorialnya di artikel Mengerjakan Sendiri Pemasangan Stabilizer di Rumah.

      Salam. ☺

      Suka

      1. Pa, kondisi ibu rosa mirip dngan saya. klo saya ingin pasang stabilizer hanya di peralatan elektronik saya saja gimana pak?

        Apa bisa 1 kotak stabiliser di pasang sambungan Jac panjang 3 cop2an dan nanti itu di pakai untuk kulkas, ac dan mesin air?

        Suka

      2. Pa, kondisi ibu rosa mirip dngan saya. klo saya ingin pasang stabilizer hanya di peralatan elektronik saya saja gimana pak?

        Apa bisa 1 kotak stabiliser di pasang sambungan Jac panjang 3 cop2an dan nanti itu di pakai untuk kulkas, ac dan mesin air?

        Suka

      3. Bisa, tapi “sangat” tidak disarankan.

        Cara itu memiliki kecenderungan panjangan stopkontak menjadi cepat panas dan terbakar akibat menghantarkan listrik dalam jumlah besar secara berkesinambungan.

        Selain membuat perangkat elektronik rentan rusak, keselamatan juga menjadi taruhannya.

        Salam. ☺

        Suka

  4. Pak Omar, saya mau tanya mengenai cara menghitung konsumsi listrik untuk produk LED yang ingin saya beli, dimana lampu tersebut menggunakan adaptor. Ada pun spesifikasinya sbb:

    LED: Working Voltage: 12V DC

    Adapter:
    – Current: 2A
    – Output Voltage: DC12V
    – Input Voltage: AC100-240V

    Jika saya nyalakan lampu tersebut selama 24 jam non-stop, berapa konsumsi listrik (Watt dan Rupiah) yang diperlukan? (listrik di rumah 220V)

    Apakah perhitungannya sbb:
    2A x 220V = 440Watt
    (440Watt/1000) x 24jam = 10.56kWh/hari = 316.8kWh/bulan
    biaya per kWh = Rp 1.467,28
    jadi pemakaian per bulan sekitar Rp 464.834?

    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    Salam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Memahami Perilaku Listrik sehari-hari Rumah

%d blogger menyukai ini: