Question & Answer ~ 2017

Hi,

Selamat datang di Question and Answer (Pertanyaan dan Jawaban). Halaman ini khusus disediakan bagi anda yang memiliki pertanyaan / komentar seputar topik dari artikel-artikel yang telah saya publikasikan.

Tujuan di-ada-kannya halaman Q & A ini, selain memudahkan saya dalam mengatur jawaban dari komentar / pertanyaan yang masuk, juga untuk menghindari duplikasi komentar / pertanyaan dan jawaban. Sehingga, setiap komentar yang dipublikasikan menjadi unik dan tidak membosankan untuk ditelusuri satu per satu.

Komentar yang diperkenankan dan tidak.

Sebagaimana selama ini perlakuan yang diterapkan terhadap setiap komentar yang masuk, saya akan menampilkan semua pertanyaan / komentar yang tidak bersifat mem-promosi-kan apa pun.

Pertanyaan / komentar atas sebuah perangkat elektronik / listrik yang memang bermanfaat, memiliki hubungan erat dengan efektifitas kehidupan sehari-hari dengan efisiensi pemakaian daya yang tinggi, akan saya publikasikan tanpa menyertai brand / merek dari perangkat tersebut.

Penerapan perlakuan komentar seperti ini bertujuan untuk menjaga fokus pembahasan tetap pada porsinya.

Saya berharap, dengan keberadaan halaman Q & A ini, dapat mempermudah anda dalam menemukan jawaban / solusi berdasarkan pertanyaan / komentar para pengunjung lain blog / situs ini.

* Untuk melihat dan membaca kembali Q & A periode tahun 2014 s/d awal 2017, silahkan klik disini.

Salam… ☺

122 thoughts on “Question & Answer ~ 2017”

  1. Kabel fasa dari fitting lampu yang ada di asbes rumah gan?
    Jadi kita siapkan 3 kabel karna tidak ada arde. 2 kabel pendek yang dihubungkan ke saklar dan 1 kabel panjang yang di hubungakan ke fasa lampu yang di asbes rumah. Begitukah gan. Mohon penjelasan soalnya saya sangat awam dengan ini. Terima kasih.

    1. Supaya gampang, sebaiknya anda terlebih dulu mengubah saklar yang ada saat ini menjadi stopkontak. Itu yang menjadi dasarnya. Setelah berhasil, anda akan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang bagaimana cara menyambung kabel langsung dari ke stopkontak ke saklar.

      Salam. ☺

  2. Salam pak omar, saya mau tanya listrik di rumah saya sebesar 1300 watt. Tapi pembayaran bulanan saya bisa sampai 1.2 juta. Dalam sehari” saya hanya ada peralatan tv, kipas angin 2, AC 1, kulkas ukuran 1 pintu 1buah, lampu 6 buah, mesin cuci dan sanyo air. Kipas angin saya menyala selama 24 jam. Untuk peralatan elektronik yang lain saya menggunakannya secara wajar. Apakah benar tagihan saya bisa sampai segitu ?

    1. Semua perangkat elektronik yang anda pakai, kecuali AC, juga saya gunakan di rumah. Rata-rata biaya pemakaian listrik yang saya bayar per bulan berada di kisaran 350 rb.

      Coba perhatikan lama waktu rata-rata pemakaian AC anda per hari. Ada kemungkinan besarnya biaya listrik yang anda bayar, dikarenakan waktu pemakaian AC yang cukup lama. Terutama di malam hari.

      Salam. ☺

  3. mas omar, saya mau tanya apakah stabilizer yg dalam keadaan off tetapi masih tercolok dengan listrik tetai mengalirkan listrik dan dapat terbakar? terima kasih

    1. Bisa saja, karena input listrik ke stabilizer tetap nyala meski pun stabilizer dalam kondisi dimatikan. Tapi hal seperti itu, beberapa kali saya temukan, terjadi pada saat ada petir yang sangat kuat. Tidak pernah jika dalam kondisi normal.

      Salam. ☺

    1. Saya tidak memiliki pengetahuan yang memadai dalam hal teknik listrik. Ada yang bilang boleh, ada juga yang bilang tidak boleh. Kalau dilihat secara apa adanya, memang tidak ada masalah seandainya arde dari kedua kWh digabungkan. Namun, saya pribadi cenderung untuk memisahkannya. Hanya untuk berjaga-jaga saja. Karena masing-masing kWh menggunakan sumber listrik yang berbeda.

      Salam. ☺

  4. Halo selamat siang Gan

    mau ijin tanya dan udah baca beberapa masih belum mudeng soal instalasi listrik

    jadi saya tanya aja …permasalah saya mau pasang Kulkas 2 pintu merek L* inverter yang dimana jika di liat dari manual user kulkas tidak direkomendasi untuk colok di stop kontak tambahan (kabel) harus yang di tanam dan sendiri di tembok

    yang jadi permasalhannya saya harus ada stop kontak tambahan untuk penggunaan lampu LED di kitchen set..apakah berbahaya ya ?

    mohon saran nya

  5. ass, maaf pak mau tanya.. bagaimana cara untuk mengetahui waktu siaga pada perangkat elektronik ya pak ? contohnya seperti TV yang sedang tidak di nyalakan tetapi kabelnya masih menancap di stop kontak dan masuk ke mode siaga..

  6. Selamat malam.
    Saya sebelumnya memiliki kulkas dg daya 100 watt dan menggunakan stabilizer 1000va. Kemudian saya membeli lagi kulkas dg daya 110 watt. Pertanyaan saya, bolehkah 2 kulkas menggunakan 1 stabilizer yg 1000 va? Atau masing-masing kulkas harus punya masing-masing stabilizer?
    Listrik dirumah saya menggunakan 220v

  7. Malam Pak Omar. Saya Arif. Saya mau bertanya tentang stabilizer. rencana saya akan memasang stabilizer 5 unit untuk mesin laundry saya (SOP dari pihak pabrik). Dari pihak pabrik sendiri merekomendasikan stabilizer antara 2000-3000 VA. Untuk mesinnya kurang lebih rating amperenya 10A karena di box MCB dikasih 10A. Jika saya ingin menggunakan 1 atau 2 stabilizer dengan VA besar, berapa VA yang saya butuhkan? untuk meteran dirumah direkomendasikan juga oleh pihak pabrik sebesar 7.700 watt/VA. Mohon penjelasan dan ilmunya. Terimakasih Pak Omar.

    Salam

    1. Selamat pagi, Arif.

      Solusi paling aman (menurut saya) adalah memasang stabilizer dengan nilainya mengikuti besaran kapasitas listrik terpasang di rumah. Stabilizer ini dipasang pada jalur kabel output meteran PLN. Dengan begitu, pemakaian listrik untuk semua perangkat elektronik yang ada di rumah (termasuk mesin laundry) pasti akan di cover oleh stabilizer. Jadi, tidak perlu lagi memasang stabilizer khusus laundry yang sebesar 2000-3000 VA. Tidak ada masalah kalaupun tetap mau dipasang juga. ☺

      Jika besaran nilai kapasitas listrik terpasang (meteran PLN) yang dianjurkan adalah 7700 Watt, maka kapasitas minimal dari stabilizer yang dibutuhkan adalah sebesar :

      = (7700 / 0,75) / 0,8
      = 10.267 / 0,8
      = 12.833 VA

      Salam. ☺

  8. Selamat malam, saya ketemu info ttg stavolt di website ini, tegangan rumah saya rendah, dan fluktuasinya sangat menyeramkan, dalam 1 jam tegangan bisa turun hingga 180v dan kemudian naik lagi ke 200v terus menerus tidak pernah stabil (misal 190v seharian) saya sudah komplain ke PLN berkali2, sudah 4 tahun tinggal tidak ada perubahan dan tegangan rata2 adalah 190v, tegangan paling bagus yang saya pantau itu 210v dan itu hanya terjadi ketika hari raya idul fitri, walaupun jalur kabel sudah dipindah, jadi asumsi saya 1 kampung voltasenya kurang lebih ya sama saja seperti saya, saya sudah berniat membeli stavolt 5000va, yang saya mau tanyakan mungkinkah stavolt kepanasan atau rusak karena voltase yg naik turun seperti yg saya jelaskan, kl baca2 info asalkan beban yang di tanggung tidak melebihi kapasitas ada yg beri keterangan 10 tahun stavoltnya awet2 saja. Karena lokasi saya di kalimantan ongkos kirim sangat berat (30kg untuk ekspedisi biasa kira2 1.5jt, untuk kargo dari 400-700rb) Mohon infonya , Terima Kasih.

  9. Saya sudah pernah uji coba di garasi, dari PLN ke MCB utama dan masuk garasi, dengan ground, tapi tidak ada perubahan pak, meteran saya itu token, jadi saya bisa pantau dari meteran voltase yang terhubung, kondisi pagi hari hanya 196v dan kisaran 187v malam hari, dengan ground tidak ada perubahan, bahkan saya jg pernah sampai di bantu memantau oleh orang PLNnya sendiri, dan juga saya dihimbau kl oleh petugas kl pakai Token itu tidak dianjurkan menggunakan grounding (saya paham itu saran geblek) tp saya sangat malas berurusan dengan PLN karena selalu dengan iming2/ancaman denda/diputus dan sebagainya jadi ya saya ikuti aja, drpd UUD terus.

    Kesimpulannya dan solusinya cuma ada 2 dari petugas dan 1 dari saya sendiri.
    1. Saya pasrah
    2. Komplain terus ke PLN hingga ada perubahan.
    3. Berusaha memperbaiki keadaan sendiri, yang saya sudah tidak tahu apalagi jalan terbaik dengan budget yang terjangkau, walaupun membeli stavolt jg tidak murah.

    Yang saya takutkan cuma 2, voltase yang naik turun, dan listrik hidup kembali setelah mati listrik, baru2 ini saya juga memasang over/undervoltage protector, jadi apabila tegangan terlalu rendah atau tinggi listrik mcb otomatis mati, dan apabila mati listrik dan hidup kembali ada delay sebelum listrik tersalur ke seluruh rumah, semuanya sudah saya siapkan sebelum membeli stavolt.

  10. Setelah sekian tahun ternyata ada perbaikan, 3 hari yang lalu saya komplain kembali ketika malam hari tegangan hanya 176volt, dan kali ini saya tidak komplain atas rumah saya, melainkan atas rumah tante istri saya yg sudah tua, tidak sampai 30mnt petugas datang, dengan alasan klasik koneksi meteran kendor/kotor, setelah 20mnt sambung ulang, saya masih bilang tidak ada perubahan karena tegangan dalam rumah hanya 184volt tanpa beban kecuali 2 lampu, sukurnya petugas pun agak simpatik, kemudian naik ke atas tiang dan mengukur tegangan langsung di titik sambungan, positif rendah kemudian hanya bisa bilang kl nanti ditangani di pagi hari karena kl malam hari cek langsung ke trafo bisa mati 1 kampung dan imbasnya kena marah lebih parah, karena saya jg tidak bisa apa2 lagi, saya cari makan keluar, kurang lebih 2 jam, ketika pulang saya agak shock, kaget, senang dan was2, karena tegangan di meteran saya lihat naik langsung ke 219volt, lampu terang, lampu jalan dan tetangga pun jauh berbeda suasananya karena semua lampunya lebih terang, tapi ketika siang hari tegangan hanya bertahan di 197volt, kemudian tadi malam tiba2 listrik mati sesaat, dan ketika hidup lebih kaget lagi karena tegangan sampai 235volt, saat ini saya sedang tes full load, semua peralatan saya gunakan, sampai menggunakan sekitar 12 ampere (12x235v=2820watt), dan listrik hanya drop dalam rumah hingga 212-217volt saja itupun kemungkinan karena kabel instalasi saya masih menggunakan 1.5mm², sialnya saya sudah mengorder stavolt 5000va, dan dalam perjalanan, sukurnya stavolt yang saya beli (samoto 5000va) ada MCB untuk bypass, saya masih was2 dengan keadaan sekarang, karena sama sekali tidak ada penambahan unit trafo di gardu utama, kok bisa ya dari tenganan rendah karena overload tiba2 jadi bagus seperti ini tanpa ada upgrade/penggantian unit? selama ini itu trafonya kenapa kok bisa undevoltage bertahun2? saya sampai detik ini masih penasaran.

    Saya masih was2 karena tingginya voltase ini, sukur saya jg sudah memasang over/undervoltage protector, korban baru 1 lampu ketika tadi malam setelah mati tegangan sempat tinggi di angka 241volt sesaat ketika hidup, dan stavolt saya ini jd diapain ya…. hahahaha, terima Kasih banyak sudah mendengarkan curhat saya.

  11. Mau tanya soal MCB
    belakangan ini saya sering cari2 MCB karena MCB yg saya pakai itu berbunyi (buzzing) Kl beban tinggi
    yang dipakai itu Broco 16A yg kata toko listrik paling bagus antara harga & performa, dipakai belum 1 tahun, karena diganti pada saat penambahan daya dirumah (sebelumnya hanya 4A)

    Bunyinya sih ngga terlalu nyaring, cuma karena getarannya jg mempengaruhi boxnya jd bunyinya lebih keras dari buzzing asli mcbnya sendiri.
    Apabila diketuk atau di cabut pasang, bunyinya hilang, tp nanti kl beban tinggi ya bunyi lagi.

    Daripada stress ya sudah saya beli baru yg sama, eh ternyata sama aja, nah jadi saya ada 2 MCB tidak digunakan, dan setelah mempertimbangkan dompet dan keyakinan, saya nekat beli schneider, harganya cukup mahal dibanding harga di toko online, dibandrol 80rban, ya sudah lah relakan saja, karena saya butuh cepat.

    Setelah ganti MCB ke-3 ternyata problem hilang, dites sampai ke angka 12ampere mcbnya tenang2 saja tidak ada suara.

    Selama saya mencari2 mcb saya sebenarnya bingung dan penasaran karena banyak toko listrik memberi saran (sebenernya sih nyindir) MCB ya fungsinya sama aja, ngapain beli yg mahal, karena harga MCB yang orang biasa beli itu ternyata memang bisa dibilang murah banget
    Kl MCB broco dihargai kisaran 35-40rb, MCB merek New palas, itami morgen, shukaku, dll dah yg cuma dibandrol 5-10rban, apakah ada perbedaan fungsi yang signifikasn gitu sama yg murahan?

  12. Permisi pak, rumah saya ini voltasenya naik turun hampir tidak pernah stop walaupun tidak ada beban, maksudnya naik turun ini bukan turun drastis, tapi naik turun kira2 10-20 volt, dari 220-240/242, untuk lebih jelasnya lagi saya rekam bisa dilihat di link youtube, di video naik turunnya tidak terlalu drastis, tp cepat sekali, yg naik turun drastis itu malah apabila tidak ada beban sama sekali.

    https://www.youtube.com/watch?v=mjzRfxoFiRE

    Saya khawatir melihat durasi naik turunnya, apakah kekhawatiran saya ini wajar? atau fluktuasi seperti ini biasa saja?

    Terima Kasih.

  13. Halo lagi, stavolt saya sudah tiba, tapi saya tidak bisa gunakan, saya pasang langsung seperti di skema 1 pada tutorial anda tapi MCB meteran dan dalam selalu turun, saya bingung apa penyebabnya, kl anda bisa menggunakan stavolt 3000va dengan daya 900va, kok saya 5000va dengan daya 2200va tidak bisa…

    1. Coba di periksa pemasangan kabel input dari meteran ke stabilizer. MCB meteran jepret hampir selalu disebabkan posisi pemasangan kawat arus positif dan negatif-nya terbalik.

      1. Sudah dipastikan kl live di warna merah, saya blm ada beban, hanya colok kabel input, kl mcb stabilizernya off tidak masalah, tp kl di onkan langsung turun, saya jg sdh tanya sellernya kl live itu di merah, netralnya di hitam.

  14. Selamat malam mas,
    Jadi saya sedang bangun bangunan dua tingkat di rumah, semuanya berbahan besi, lantai dan tiang semuanya besi, tanpa semen. Dan berdiri di atas beton.
    Sekitar 5 meter dari bangunan ini ,ada tiang listrik PLN.
    Pertanyaan saya, seandainya ada kecelakaan dan kabel listrik PLN kena ke bangunan besi saya, kemungkinan apa yg bakal terjadi? Apakah orang yg berdiri di lantai 2 akan tersetrum?

    Pencegahan apa yg bisa saya lakukan supaya jika memang ada kabel bersentuhan dengan bangunan tersebut, orang tetap aman ketika bersentuhan?

    Saya kepikiran ditancapin arde aja, tapi apa mempan?

    Terima kasih mas.

  15. Haloo pak omar.

    Saya telah menambah kapasitas penyimpanan air di rumah menjadi 2 toren. Kebetulan keduanya berbeda ukuran, yg satu 650liter dan satunya 1200liter.

    Saya baca Teknik Pemipaan Dua Tangki Air yang berdampingan, nah jika diterapkan untuk saya bagaimana ? Karena kedua toren berbeda ukuran.

    Saat ini sumber air dr tandon bawah yg dipompa kemudian mengisi secara pararel ke kedua toren tsb. Ternyata air berbalik dan meluber terus2an karena beda ukuran td.

    Mhn bantuannya.
    Trims

      1. sampai ada post tersendiri 😀

        Kondisi ideal memang mestinya 2 toren sama kapasitasnya, tapi yang terjadi biasanya kapasitasnya berbeda2 karena kondisi dan situasi.

        Jadi solusi yg bisa saya baca adalah menambah check valve di outlet
        toren yg kecil, agar air dari toren yg besar tidak berbalik ke yg kecil. Sehingga yg pertama kali berkurang isinya adalah toren yg besar. Ketika tekanannya sama maka berkurang keduanya bersamaan.

  16. Sy baru sj bekerja sbg pengisi minyak pd truk tanki yg dipasang fuel mini dispenser (pertamini). Dispenser ini sumber tenaganya dari arus listrik PLN atau genset bila di lapangan tdk ada jaringan PLN, bukan dr mesin mobil. Ketika sy melakukan pengisian di perush. BUMN&USA di Duri, sy ditegor oleh staf VNV.nya utk memakai GFCI pd kabel, krn resiko konslet atau kesetrum. Mmg sy blm pake GFCI, krn blm tau apa itu GFCI, mk kabel disuruh cabut. Ternyata GFCI itu smcm pemutus arus. Sy cari tau ternyata GFCI itu smcm sekring atau circuit breaker. Masy.Indonesia mmg tdk banyak mengenal GFCI. Bahkan di toko ofline pun sulit ditemukan yg menjualnya.
    Mau sy tanyakan: apa pentingnya GFCI dan bedanya dg sekring/cb? Apakah ini perlu dimasyarakatkan utk dipasang di rmh2, pabrik, hotel, entertainmen dll.?
    Trim’s atas balasannya.

  17. selamat siang, saya punya pertanyaan soal instalasi listrik rumahan,
    MCB saya sering trip, tapi jeda nya cukup lama bisa lebih dr 2 jam, beban listrik cukup, daya 2200 tidak ada stop kontak yg terbakar,
    kira kira penyebabnya apa yaa ?

  18. Saya sudah coba copot semua beban, ternyata penyebab trip ada pada lampu teras belakang, ketika lampu itu tidak dinyalakan, MCB tidak trip.
    namun setelah di cek, tidak ada kabel yang rusak atau gosong secara fisik, fitting lampu juga terlihat normal, bohlam led terlihat normal.
    tetapi ketika lampu belakang dinyalakan, sekitar 1-3 jam kemudian MCB trip.
    kalo kornslet kan biasanya pas saklar dinyalakan langsung trip yah ? ini kok ada jeda 1-3 jam

    1. Kalau tidak ada masalah pada kawat kabel yang terpasang di fitting lampu, maka kemungkinan permasalahannya ada di jalur kabel yang mengarah ke fitting lampu.

      Kasus korsleting yang anda alami saat ini bukan dikarenakan kawat arus positif dan negatif saling bersentuhan. Tapi ada masalah di jalur kabel menuju lampu, yang menyebabkan kondisi kabel menjadi tidak layak dalam menghantarkan listrik (bisa karena kawat tembaga yang patah di dalam kabel, bisa juga pembungkus kawat tembaga yang sobek).

      Itu yang membuat MCB tidak langsung trip saat anda menyalakan saklar. Ketika saklar dinyalakan, listrik akan membuat jalur kabel memanas secara bertahap. Dan saat kabel benar-benar dalam kondisi sangat panas, MCB baru akan nge-trip.

      1. terima kasih jawabannya mas omar,

        berarti solusinya coba ganti kabel ke fittingan lampu nya yah ? untuk yg di dinding gak masalah ?

      2. Kemungkinan untuk juga mengganti kabel yang menjulur ke saklar tetap ada. Sulit untuk memastikan dimana tepatnya bagian kerusakan kabel sebagaimana yang anda alami saat ini. Tapi, setidaknya ruang lingkup permasalahan sudah bisa diidentifikasi, yaitu mulai dari sambungan kabel yang menjulur menuju ke saklar dan kabel yang menuju fitting lampu.

        Kalau anda menggunakan jasa tukang listrik untuk memperbaikinya, lebih baik kedua jalur kabel tersebut diganti. Karena biaya jasa yang harus anda bayar untuk pemasangan satu titik lampu, sudah termasuk jasa pemasangan kabel : ke saklar dan ke fitting lampu.

  19. selamat siang Pak,
    saya mau tanya, untuk transfer dari ground tank ke torrent atas..
    untuk otomatis pompa air apakah memungkinkan menggunakan ball tap pak?
    karena kalau pake radar agak sulit untuk kabel nya pak..

    Blog-nya sangat bermanfaat sekali.
    terima kasih Pak.

  20. Salam mau nanya, klo fitting lampu pada saat di cek menggunakan testpen ada sumber arus namun pada saat pemasangan dengan lampu yang baru duli beli tidak menyala itu kenapa ya mas, mohon pencerahannya. Terimakasihhh

  21. Mas listrik rumah mertua 900watt saya pasang stavolt 500va tapi kog malam tiba tiba mati akan tetapi mcb gak ngetrip dan sekring gak putus dan setelah stavolt saya matikan listrik nyala lagi padahal di rumah saya tidak pernah begini sedangkan di rumah mertua kog beda.mohon saran dan pencerahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: