Question & Answer ~ 2017

icon-bohlam-2016-q-and-aHi,

Selamat datang di Question and Answer (Pertanyaan dan Jawaban). Halaman ini khusus disediakan bagi anda yang memiliki pertanyaan / komentar seputar topik dari artikel-artikel yang telah saya publikasikan.

Tujuan di-ada-kannya halaman Q & A ini, selain memudahkan saya dalam mengatur jawaban dari komentar / pertanyaan yang masuk, juga untuk menghindari duplikasi komentar / pertanyaan dan jawaban. Sehingga, setiap komentar yang dipublikasikan menjadi unik dan tidak membosankan untuk ditelusuri satu per satu.

Komentar yang diperkenankan dan tidak.

Sebagaimana selama ini perlakuan yang diterapkan terhadap setiap komentar yang masuk, saya akan menampilkan semua pertanyaan / komentar yang tidak bersifat mem-promosi-kan apa pun.

Pertanyaan / komentar atas sebuah perangkat elektronik / listrik yang memang bermanfaat, memiliki hubungan erat dengan efektifitas kehidupan sehari-hari dengan efisiensi pemakaian daya yang tinggi, akan saya publikasikan tanpa menyertai brand / merek dari perangkat tersebut.

Penerapan perlakuan komentar seperti ini bertujuan untuk menjaga fokus pembahasan tetap pada porsinya.

Saya berharap, dengan keberadaan halaman Q & A ini, dapat mempermudah anda dalam menemukan jawaban / solusi berdasarkan pertanyaan / komentar para pengunjung lain blog / situs ini.

* Untuk melihat dan membaca kembali Q & A periode tahun 2014 s/d awal 2017, silahkan klik disini.

Salam… ☺

118 tanggapan untuk “Question & Answer ~ 2017”

  1. Permisi pak, rumah saya ini voltasenya naik turun hampir tidak pernah stop walaupun tidak ada beban, maksudnya naik turun ini bukan turun drastis, tapi naik turun kira2 10-20 volt, dari 220-240/242, untuk lebih jelasnya lagi saya rekam bisa dilihat di link youtube, di video naik turunnya tidak terlalu drastis, tp cepat sekali, yg naik turun drastis itu malah apabila tidak ada beban sama sekali.

    Saya khawatir melihat durasi naik turunnya, apakah kekhawatiran saya ini wajar? atau fluktuasi seperti ini biasa saja?

    Terima Kasih.

    Suka

    1. Parameternya pada umur lampu-lampu yang saat ini dipakai di rumah anda. Kalau untuk pemakaian 8 jam sehari penggantiànnya di atas 2 tahun sekali, maka kondisi voltase turun-naik seperti itu masih dikategorikan wajar. Tapi kalau kurang dari 2 tahun, sebaiknya anda pasang stabilizer sesuai kapasitas listrik terpasang di rumah anda.

      Salam. 🙂

      Suka

  2. Halo lagi, stavolt saya sudah tiba, tapi saya tidak bisa gunakan, saya pasang langsung seperti di skema 1 pada tutorial anda tapi MCB meteran dan dalam selalu turun, saya bingung apa penyebabnya, kl anda bisa menggunakan stavolt 3000va dengan daya 900va, kok saya 5000va dengan daya 2200va tidak bisa…

    Suka

      1. Sudah dipastikan kl live di warna merah, saya blm ada beban, hanya colok kabel input, kl mcb stabilizernya off tidak masalah, tp kl di onkan langsung turun, saya jg sdh tanya sellernya kl live itu di merah, netralnya di hitam.

        Suka

      2. Kalau pemasangan kawat arus inputnya sudah benar, maka besaran tegangan listrik input dari PLN yang menjadi penyebabnya. Hanya kesalahan di dua faktor itu saja yang sebenarnya menjadi penyebab kemungkinan MCB stabilizer turun. Ada baiknya anda menggunakan bantuan jasa petugas PLN jika hendak menyelesaikan masalah ini.

        Salam. 🙂

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Memahami Perilaku Listrik sehari-hari Rumah

%d blogger menyukai ini: