Hi,

Selamat datang di Question and Answer (Pertanyaan dan Jawaban). Halaman ini khusus disediakan bagi anda yang memiliki pertanyaan / komentar seputar topik dari artikel-artikel yang telah saya publikasikan.

Tujuan di-ada-kannya halaman Q & A ini, selain memudahkan saya dalam mengatur jawaban dari komentar / pertanyaan yang masuk, juga untuk menghindari duplikasi komentar / pertanyaan dan jawaban. Sehingga, setiap komentar yang dipublikasikan menjadi unik dan tidak membosankan untuk ditelusuri satu per satu.

Komentar yang diperkenankan dan tidak.

Sebagaimana selama ini perlakuan yang diterapkan terhadap setiap komentar yang masuk, saya akan menampilkan semua pertanyaan / komentar yang tidak bersifat mem-promosi-kan apa pun.

Pertanyaan / komentar atas sebuah perangkat elektronik / listrik yang memang bermanfaat, memiliki hubungan erat dengan efektifitas kehidupan sehari-hari dengan efisiensi pemakaian daya yang tinggi, akan saya publikasikan tanpa menyertai brand / merek dari perangkat tersebut.

Penerapan perlakuan komentar seperti ini bertujuan untuk menjaga fokus pembahasan tetap pada porsinya.

Saya berharap, dengan keberadaan halaman Q & A ini, dapat mempermudah anda dalam menemukan jawaban / solusi berdasarkan pertanyaan / komentar para pengunjung lain blog / situs ini.

* Untuk melihat dan membaca kembali Q & A periode tahun 2014 s/d awal 2017, silahkan klik disini.

Salam… ☺

143 thoughts on “Question & Answer ~ 2017

  1. Assalamu’alaikum warahmatullah Pak Omar, terima kasih atas website ini. Saya baru nemu di Hari Minggu, Tanggal 13 Desember 2020. Terkait saya coba ingin tahu berapa besar voltase yang ada pada kwh meter di rumah dengan kapasitas 1300 va. Saat saya cek dengan kode 41 untuk mengetahui besar voltase. Saya temukan besaran di 209-210 volt Pak. Sedangkan saya awam tentang pengetahuan listrik. Dan yang saya tahu standart pemakaian peralatan elektronik adalah 220 volt. Apakah pengukuran yang saya dapatkan pada kwh meter dirumah itu masih aman untuk peralatan elektronik dirumah Pak. Ditunggu jawabannya, dan terima kasih.

    1. Selamat sore mas Herry,

      Tegangan listrik 209 – 210 Volt, bisa dikatakan bagus untuk keperluan pemakaian listrik perangkat elektronik di rumah tinggal. Kalau bicara nilai tegangan listrik yang ideal di sebuah rumah tinggal, memang seharusnya berada di angka 220 Volt. Namun, hampir semua perangkat elektronik untuk keperluan rumah tinggal yang ada saat ini, bisa berfungsi secara baik dan normal dengan tegangan 209-210 Volt saja.

      Kalau hendak mendapatkan nilai tegangan listrik sebesar 220 Volt secara konsisten selama 24 jam setiap harinya, anda bisa menggunakan stabilizer. Minimum kapasitas stabilizer yang dibutuhkan untuk satu rumah dengan listrik terpasang sebesar 1300VA adalah sebesar 1733,33 VA.

      Saya, dengan listrik 1300VA di rumah, menggunakan stabilizer berkapasitas 3000 VA. Tidak ada kepentingan atau alasan tertentu yang mengharuskan saya membeli stabilizer berkapasitas 3000 VA tersebut selain mudah mendapatkannya di pasaran.

      Anda bisa membaca uraian cara pemasangan stabilizer di artikel : Mengerjakan Sendiri Pemasangan Stabilizer di Rumah

      Salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *