Question & Answer

icon-bohlam-2016-q-and-aHi,

Selamat datang di Question and Answer (Pertanyaan dan Jawaban). Halaman ini khusus disediakan bagi anda yang memiliki pertanyaan / komentar seputar topik dari artikel-artikel yang telah saya publikasikan.

Tujuan di-ada-kannya halaman Q & A ini, selain memudahkan saya dalam mengatur jawaban dari komentar / pertanyaan yang masuk, juga untuk menghindari duplikasi komentar / pertanyaan dan jawaban. Sehingga, setiap komentar yang dipublikasikan menjadi unik dan tidak membosankan untuk ditelusuri satu per satu.

Komentar yang diperkenankan dan tidak.

Sebagaimana selama ini perlakuan yang diterapkan terhadap setiap komentar yang masuk, saya akan menampilkan semua pertanyaan / komentar yang tidak bersifat mem-promosi-kan apa pun.

Pertanyaan / komentar atas sebuah perangkat elektronik / listrik yang memang bermanfaat, memiliki hubungan erat dengan efektifitas kehidupan sehari-hari dengan efisiensi pemakaian daya yang tinggi, akan saya publikasikan tanpa menyertai brand / merek dari perangkat tersebut.

Penerapan perlakuan komentar seperti ini bertujuan untuk menjaga fokus pembahasan tetap pada porsinya.

Saya berharap, dengan keberadaan halaman Q & A ini, dapat mempermudah anda dalam menemukan jawaban / solusi berdasarkan pertanyaan / komentar para pengunjung lain blog / situs ini.

Salam…

Iklan

705 thoughts on “Question & Answer”

  1. Assalamualaikum pa,
    Saya mau tanya apakah listrik dengan daya 900volt itu bisa cukup digunakan untuk pompa air otomatis, mesin cuci, kulkas?

    Suka

  2. Assalamualaikum Pak
    Pak daya listrik di rumah saya 1300VA. Di rumah saya tegangan listriknya naek turun. Saya berencana mau pakai stabilizer. Nah perlatan elektronik di rumah saya adalah.
    1. Ac 1/2 pk daya 496 watt
    2. Tv 2 unit daya 48 watt x 2 = 96 watt
    3. Kipas angin daya 50 watt
    4. Kulkas daya 100 watt
    5. Magic Jar Daya 350
    6. Dispenser daya 385
    Saya berencana mau pakai 1 buah stabilizer
    Pertanyaan saya stabilizernya harus yang berapa Volt ampere ya Pak

    Suka

    1. Pakai yang bisa meng-cover kapasitas listrik terpasang rumah anda yang 1300VA saja. Lebih mudah untuk kita menghitungnya dan pasti meng-cover seluruh perangkat elektronik yang ada di rumah. Hitungan kapasitas stabilizer yang dibutuhkan menjadi :

      = 1300 / 0,8 / 0,75
      = 2.166,67

      Jadi, nilai minimal kapasitas stabilizer yang dibutuhkan adalah 2.166,67 VA. Boleh lebih besar, tapi jangan kurang.

      Salam. ☺

      Suka

      1. Idealnya seperti itu. Tetapi, jika anda mau sedikit repot di awalnya, buatlah panjangan kabel sendiri dengan menggunakan steker (colokan) ber-saklar.

        Nantinya, steker tv ditancapkan ke panjangan kabel tersebut. Jadi untuk selanjutnya, anda tinggal menyala-matikan saklar yang ada di steker panjangan kabel saja. Tidak perlu mencabut-pasang steker tv ke stopkontak.

        Salam. ☺

        Suka

  3. Kenapa yaa dinding drumah saya panas, memang lokasinya pas berlawanan dengan dinding meteran listrik tetangga saya. Apakah ini karena listrik? Berbahayakah bila didiamkan?

    Terimakasih sebelumnya web ini membantu sekali

    Suka

    1. Terima kasih atas apresiasinya.

      Maaf, saya belum pernah mendapatkan informasi mengenai kasus sebagaimana yang anda alami saat ini. Anda bisa meminta pihak PLN untuk memeriksanya. Tetangga sebelah pasti akan mengerti. Biarkan PLN yang memutuskan ada-tidaknya masalah dalam kasus seperti ini.

      Salam. ☺

      Suka

  4. Ass mas omer maaf mau nanya, saya buka rental Ps 3 slim dg jumlah PS sebanyak 5unit + tv 5unit polytron+ AC panasonic 1pk 1 unit + LG 1/2 pk 1 unit dan sisanya lampu 3… kok sering jegleg ya? Malah pernah cuma ps n tv msing” 3unit n ac 1 udah jeglek. Padahal sebelumnya dg 1300 (beban sama kecualu AC krna baru pasang) ga pernah jeglek. Ini nambah 2 ac (dan kadag ga kduanya pun ga sllu dipakai bersamaan) ko jeglek”.apa harus pkai stabilizer atau tambah daya 3200 😦 mohon banget pencerahannya…

    Suka

    1. AC 1 pk + AC 1/2 pk saja, butuh listrik minimal 1300VA.

      Ditambah nyala 3 unit ps + tv, kapasitas listrik minimal yang dibutuhkan sekitar 2200VA.

      Kalau kedua unit AC dinyalakan berbarengan dengan semua unit ps + tv yang ada, maka kapasitas listrik minimal yang harus terpasang adalah 3500VA.

      Sebaiknya anda tambah daya menjadi 3500VA. Tarif listriknya sama dengan yang 1300VA.

      Salam. ☺

      Suka

  5. Pa Omar saya mau tanya. Dirumah saya terpasang 2 unit meteran listrik, untuk keperluan pemasangan stopkontak, bisakah mempergunakan / mengambil kabel positif dari meteran 1 dan kabel negatifnya dari meteran 2 ?

    Suka

    1. Belum pernah saya coba. Menurut saya hal tersebut bisa dikerjakan. Namun, efeknya terhadap meteran yang tidak saya ketahui.

      Besar kemungkinan cara tersebut tidak diperkenankan oleh PLN.

      Salam. 😊

      Suka

  6. Salam kenal pak Omar
    saya ingin bertanya, listrik di rumah orang tua saya 450 watt. Awalnya listrik dirumah tidak ada masalah walaupun lampu, kulkas dan tv tabung 21 inch dalam keadaan on, tapi suatu saat ketika listrik pln padam dan on kembali, listrik di rumah saya tidak bisa on. Akhirnya saya menghubungi pln.
    Pada saat petugas pln datang dan diperiksa rupanya ada tombol angka meteran yang tidak berfungsi dan akan di ganti.
    Selang 4 hari kemudian datang petugas pln mengganti meteran yang lama dengan yang baru, disinilah dimulai masalahnya.
    Setelah petugas pln pulang 3 jam kemudian listrik di rumah ngejeglek padahal hanya kulkas dan 2 lampu led 5watt yang dipakai, tapi yang anehnya mcb yang di dalam rumah tidak ngejegle tapi mcb yang di meteran yang ngejeglek, akhirnya saya on kan kembali mcb di meteran.
    Selang 2 jam kemudian listrik ngejeglek kembali seperti kejadian sebelumnya mcb di dalam rumah on tapi di meteran ngejeglek. Saya on kan kembali selang 3 jam ngejeglek lagi begitu terus berulang-ulang dengan interval 2 sampai 3 jam. Sangat menyusahkan apalagi pada malam hari.
    Besoknya saya hubungi pln. Petugas pln yang datang mengatakan instalasi listriknya bermasalah jadi beban listriknya bertambah. Ketika saya tanya kenapa mcb didalam rumah tidak ngejeglek tapi yang di meteran ngejeglek padahal sama-sama 2 ampere, mereka bilang mcb yang di dalam lebih kuat.
    Saya minta tolong ke orang dekat rumah saya yang yang biasa pasang instalasi listrik dan dia bilang tidak ada masalah, dan dia mengatakan mungkin mcb nya bermaslah.. Keesolan harinya saya hubungi kembali pln dan meminta mcb nya di ganti. Petugas pln datang dan mengganti mcb dimeteran dengan sebelumnya membawa alat pengukur ampere yang menujukan 1,2 ampere dengan keadaan seluruh lampu rumah dan kulkas dihidupkan. Sepulang petugas pln pulang, kejadianya tetap sama tiap 2 atau 3 jam listik mcb dimeteran ngejeglek lagi dan mcb didalam rumah tetap on. Kembali saya minta tolong orang yang yang berbeda dan lebih mengerti listrik karena udah terbiasa menginstalasi listrik rumah ataupun gedung perkantoran dan mall. Setelah kabel-kabel listrik diganti dan dirapikan, tetap saja masalahnya tidak berubah.
    Pertanyaan saya :
    1. Kenapa setelah meteran diganti listrik jadi masalah.
    2. Kenapa mcb di dalam rumah tetap on dan yang di meteran ngejeglek, tetapi di meteran tidak ada tulisan daya berlebih, padahal di meteran yang lama kedua mcb ngejeglek dan di meteran ada tulisan dimeteran daya berlebih.
    3. Kenapa banyak yang bilang termasuk yang ngerapiin kabel di rumah kalau ini cuma akal-akalan pln aja biar daya ditambah jadi 900watt dengan mengakalin mcb nya.
    4. Apa mungkin kalau kalau ada induksi di instalasi listrik dalam rumah, daya akan bertambah, sehingga apabila hanya kulkas yang on, watt yang di hasilkan kulkas bertambah besar yang bisa membuat mcb ngejeglek.
    5 . Kenapa setiap 2 atau 3 jam sekali mcb di meteran bisa ngejeglek, kenapa tidak langsung ngejeglek kalau daya berlebih atau ada masalah di installasi listrik.

    Terima kasih

    Suka

    1. Salam kenal juga, terima kasih anda telah mau berbagi pengalaman dan menceritakannya dengan terstruktur.

      Ada satu kemungkinan yang membuat MCB di meteran berperilaku demikian, yaitu disebabkan kondisi sambungan kawat kabel listrik di balik meteran yang tidak benar atau kondisi kabel listriknya yang memang sudah kadaluarsa. Namun, itu termasuk kejadian yang sangat langka.

      Efek induksi yang terjadi pada jaringan kabel listrik di rumah, memang akan mengakibatkan MCB jeglek. Terutama MCB yang terhubung langsung dengan kabel yang mengalami induksi. Tapi, kecil kemungkinan MCB meteran jeglek akibat induksi tanpa MCB di dalam rumah yang jeglek terlebih dulu.

      Coba minta tolong kepada petugas PLN untuk memeriksa kembali instalasi meteran baru yang telah dikerjakan. Baik disambungan kawat antar kabel maupun kondisi fisik kabel yang terhubung langsung ke meteran. Kalau memang masalahnya ada pada kabel listrik yang letaknya terlindung di balik meteran, besar kemungkinan anda harus mengeluarkan “biaya jasa” penggantian kabel listrik baru.

      Jika semua itu sudah dikerjakan namun masih juga bermasalah, satu-satunya penyelesaian adalah dengan melakukan penambahan daya. Beranjak dari tahap inilah anda mulai bisa memastikan kebenaran dari penyebab permasalahan yang terjadi sekarang.

      Salam. ☺

      Suka

      1. Selamat malam pak
        Terima kasih atas penjelasan yang bapak berikan terhadap masalah yang saya alami.
        Menyambung terhadap masalah listrik yang saya alami, saya ingin menceritakan apa yang terjadi kemarin sore. Kemarin sore di rumah listrik di daerah saya mati termasuk yang di rumah orang tua saya. Selang 5 jam kemudian listrik di daerah saya nyala kembali, termasuk yang di rumah.
        Nah yang anehnya, seperti yang saya ceritakan dahulu bahwa setiap 2 atau 3 jam mcb yang dimeteran selalu ngejeglek tapi setelah listrik yang dari pln padam dan nyala kembali, listrik yang di rumah sekarang bisa bertahan 10 sampai 12 jam bahkan saat kulkas dan seluruh lampu di rumah di nyalakan. Sekarang saya lagi menunggu berapa lama listrik di rumah padam, apakah masih suka padam walaupun dalam jangka waktu yang lama atau akan terus menyala. Padahal kemarin saya belum menghubungi pln dan tidak ada seorang petugas pln yang datang ke rumah.
        Dengan masalah yang telah saya ceritakan di atas, mungkin ada penjelasan dari pak omar atas hal tersebut.
        Terima kasih

        Suka

      2. Syukurlah kalau begitu., keadaannya telah berangsur lebih baik.

        Sepertinya masalah yang anda telah alami, berasal dari gangguan pada gardu listrik PLN untuk area pemukiman tempat tinggal anda.

        Ada kemungkinan, beberapa waktu ke depan, akan ada lagi satu kali pemadaman singkat. Setelah itu, biasanya, semua menjadi normal seperti semula.

        Salam. ☺

        Suka

    2. daya listrik di kwh meteran anda harus di angkat atau ditambah dari 450va menjadi 900va sebelum di ganti kemaren mungkin mcb yg lama udah gk standar setellah di ganti menjadi standar maka perubahan mcb udah gk tahan,,,,,,,,

      Suka

  7. Hai pak Omar, saya mau bertanya seputar stabilizer untuk perangkat PC . Stavolt saya terus2an berbunyi “ngek ngok” saat saya running game atau aplikasi yang membutuhkan load cukup tinggi, padahal dalam kondisi idle atau sekedar browsing, suara tersebut jarang terjadi. mungkin ada penjelasannya?
    tambahan , saya menggunakan psu 650watt bronze 80+, stavolt kapasitas 1000va.
    trimakasih

    Suka

    1. Kalau dengan jeroan hardware di CPU menggunakan standar processor sekelas intel I5 ke atas, hal itu disebabkan bawaan dari OS-nya. Arsitektur manajemen lalu-lintas data yang di anut sama si OS, kurang mumpuni dalam meng-cover load task yang tinggi.

      Tidak ada yang anda bisa kerjakan untuk memperbaiki kondisi seperti itu. Dan, tidak ada yang salah dengan PC maupun stabilizer yang anda gunakan saat ini.

      Salam. ☺

      Suka

      1. iya pak omar benar saya memakai i5. lalu apakah kondisi seperti itu tidak apa2 jika dibiarkan terus? . Jika stabilizer tersebut tidak saya pakai apakah psu saya akan baik2 saja? psu saya sudah terdapat active pwer factor correction, rentang input 100-240v. ataukah lebih baik memakai ups?. jika iya ups apa yang tepat untuk psu tipe apfc ini pak, mohn pencerahannya lagi, terimakasih 🙂

        Suka

      2. Bunyi stabilizer adalah respon terhadap tarikan listrik dalam jumlah besar secara mendadak dari PC anda. Dan, akan terus seperti itu selama anda menggunakan OS yang sama. Saya juga tidak tahu apa pengaruhnya terhadap PC anda di kemudian hari jika tetap dibiarkan seperti itu.

        Tidak masalah seandainya tanpa menggunakan stabilizer. Hanya berdampak pada kinerja psu yang sedikit lebih berat.

        UPS adalah perangkat untuk memberikan anda sedikit cadangan waktu agar bisa mematikan PC secara normal ketika listrik PLN mendadak padam. Bukan untuk mengatasi masalah tarikan listrik secara mendadak yang terjadi pada PC anda.

        Salam.☺

        Suka

  8. sore pak omar,

    saya mau tanya, apakah aman jika ups untuk pc/komputer digunakan untuk tv led? karena di rumah sering turun listriknya dan ada ups yang nganggur jadi saya pakai untuk tv.

    terimakasih,

    Suka

    1. Sore juga,

      Perangkat yang digunakan untuk kasus voltase turun adalah stabilizer. Ups tidak dirancang untuk kepentingan menstabilkan voltase.

      Ada juga ups yang dilengkapi fitur stabilizer sekaligus. Namun, walaupun ups milik anda saat ini tidak memiliki fitur stabilizer, tidak ada masalah digunakan untuk tv.

      Salam. ☺

      Suka

      1. terima kasih atas jawabannya pak, berarti aman saya gunakan untuk tv? soalnya di upsnya tertera tulisan for pc only. Untuk stabilizer, tv saya sudah ada bawaan stabilizernya. jika hanya mengandalkan stabilizer pada listrik rumah yang sering mati, apakah tidak berbahaya untuk barang elektronik?

        Suka

      2. Aman, tidak masalah meskipun tertera for pc only. ‘Kan PC juga pakai tv monitor. Sama saja, dong. Hanya saat ini anda menggunakan ups untuk tv tanpa CPU.

        Selama voltase turun, output listrik ups juga ikut turun. Stabilizer bawaan di tv otomatis mengatasinya. Dan ketika listrik padam, ups akan mem-backup agar tv bisa dimatikan secara normal. Itu lebih bagus.

        Voltase yang sering turun dan listrik yang mendadak padam, memang berefek buruk bagi perangkat elektronik .

        Salam. ☺

        Suka

  9. Salam kenal Pak Omar,

    Saya fajar, saya berkeinginan untuk membeli genset kapasitas 2000an watt untuk pemakaian rumah tangga (ada AC, kulkas, freezer, mesin cucu Dan lampu) . Kapasitas daya rumah 1300 watt. Pertanyaannya, tadi sudah sempat ke toko genset Dan teknis toko memberi penjelasan kalau mau dipakai buat memberdayakan kulkas, AC Dan freezer jangan pakai genset, Karena genset dengan putaran tinggi (3000 rpm) gak kuat & bisa merusak peralatan tsb. Apakah betul demikian?

    Sebelum Dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih
    Salam,
    Fajar

    Suka

    1. Salam kenal juga,

      Kalau hendak difungsikan sebagai pengganti saat listrik PLN padam, menurut saya tidak ada masalah. Selama output listriknya bisa menutupi kapasitas listrik hingga atau bahkan lebih dari 1300VA (1040 Watt), tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

      Tapi kalau dioperasikan sehari-hari sepenuhnya untuk menyalakan perangkat-perangkat yang anda sebutkan itu, sebaiknya jangan dilakukan.

      Salam. ☺

      Suka

  10. Salam kenal Pak Omar.

    Saya pernah lihat video tentang pemakaian daya listrik pada elektronik yg posisinya stand by atau tetap tercolok dalam keadaan mati. Di artikel tersebut mengatakan bahwa elektronik tersebut tetap mengkonsumsi listrik dengan jumlah yg lumayan. Sehingga tidak sadar tagihan listrik jadi bertambah mahal. Mohon penjelasan lengkapnya. Kalo bisa cara menghitungnya juga. Terima kasih.

    Suka

  11. Salam kenal Pak Omar.

    Saya pernah lihat video tentang pemakaian daya listrik pada elektronik yg posisinya stand by atau tetap tercolok dalam keadaan mati. Di video tersebut mengatakan bahwa elektronik tersebut tetap mengkonsumsi listrik dengan jumlah yg lumayan. Sehingga tidak sadar tagihan listrik jadi bertambah mahal. Mohon penjelasan lengkapnya. Kalo bisa cara menghitungnya juga. Terima kasih.

    Suka

  12. Selamat malam ,
    Saya mau tanya .. Ac di dalam kamar saya sering tidak saya matikan kalo saya tinggal pergi selama krg lebih 5jam .
    Yang mau saya tanyakan , lebih ngirit mana ? Apakah harus saya matikan kalo saya tinggal pergi selama itu , atau saya harus mematikan agar tagihan listriknya tdk banyak?
    Terima kasih

    Suka

    1. Lebih ngirit dimatikan.

      Mayoritas AC membutuhkan waktu maksimum 15 menit (saat pertama kali dinyalakan) untuk mengkondisikan suhu ruangan sesuai yang kita kehendaki.

      Anggap saja setiap 10 menit sekali, AC menyala mendinginkan ruangan selama 1 menit saat ruangan anda tinggalkan.

      Total nyala dalam 1 jam menjadi 6 menit dan 30 menit selama 5 jam.

      Ada waktu 15 menit pemakaian listrik yang dihemat. Kalaupun tidak sampai 5 jam, tetap masih ada selisih sedikit waktu pemakaian listrik yang bisa dihemat.

      Salam. ☺

      Suka

  13. salam…
    Mohon penjelasannya pak, Saya punya genset 2200, tegangan d volt meter genset terlihat normal 220v, memakai stabilizer juga yang 5000 dan hanya digunakan untuk 1unit lemari es (kulkas) + 5 lampu jari rata-rata 23w, tapi kenapa nyala lampu terlihat seperti berkedip-kedip seakan tegangan tidak stabil. Dan itu sangan tidak nyaman dimata.
    nb.listrik rumah 1300 (pln)
    terimakasih

    Suka

  14. Selamat malam..
    Sya mau tnya ? Listrik rmh sya 450va.mau tambh daya jd 1300va..apakh benar gratis untk listrk rumhan..trms

    Suka

  15. mau nanya pak .saya kan baru pasang listrik dg daya 2200 tapi pemakaian saya 1800 meteran nya kok jeplak nya.kan masih sisa 400 gimana ya caranya agar tidak jeplak meteranya.trs masalah nya apa ya

    Suka

  16. Assalamualaikum pak

    pak saya mau tanya … ini saya baru saja selesai merakit pc saya , saya memasang PSU dengan kapasitas 500 watt … padahal pc saya tidak memerlukan sebanyak itu mungkin 350 watt saja sudah cukup tapi saya melihat untuk kedepannya ketika saya akan upgrade pc saya … masalahnya satu pak , misal : saya pakai 500 watt = 5 jam dan 350 watt = 5 jam kemungkinannya pembayarannya mahal mana pak ? atau sama saya ?

    sekian dari saya terimakasih pak

    Suka

    1. Saya belum mempelajari perhitungan hingga kemungkinan sebagaimana kasus yang anda tanyakan.

      Kalau kapasitas PSU sebelum upgrade adalah sebesar 350 Watt, besar kemungkinan biaya listriknya menjadi lebih mahal setelah PSU – nya diganti 500 Watt.

      Coba perhatikan apakah ada “perbedaan rasa” pemakaian PC saat sebelum dan setelah upgrade. Jika tidak ada, untuk sementara lebih baik dikembalikan ke asalnya.

      Salam. ☺

      Suka

Komentar ditutup.

Iklan

Memahami Perilaku Listrik sehari-hari di Rumah

Iklan
%d blogger menyukai ini: