Question & Answer

Hai,

Selamat datang di Question and Answer (Pertanyaan dan Jawaban) ~ 2016. Halaman ini sedianya khusus disediakan bagi anda yang memiliki pertanyaan / komentar seputar topik dari artikel-artikel yang telah saya publikasikan.

Setelah melewati selang waktu 4 tahun (2012 – 2016), saya menutup kolom komentar halaman ini karena terlampau banyak memiliki pertanyaan / komentar dan jawaban (705).

Agar aktivitas tanya-jawab halaman ini bisa tetap berlanjut, saya sediakan halaman Q & A baru. Anda bisa menuliskan pertanyaan / komentar seputar topik tentang penanganan listrik, air bersih dan sirkulasi udara di rumah di halaman Q & A baru tersebut.

Untuk halaman Q &  A  ini, saya biarkan terbuka agar aktivitas pertanyaan dan jawaban yang pernah terjadi bisa tetap dibaca saat dibutuhkan.

Salam…

690 thoughts on “Question & Answer”

  1. Salam kenal pak Omar,

    Sebelumnya maafkan keawaman saya.
    Apa yang terjadi ya pak jika alat elektronik di Indonesia dengan spesifikasi 220 V saya pakai di negara dengan tegangan 110 V?
    Dan juga sebaliknya jika alat elektronik dari luar negeri dengan spesifikasi 110 V saya pakai di Indonesia dengan tegangan 220 V?

    Mohon penverahannya, pak 🙂
    Salam, terima kasih banyak.

    1. Salam kenal juga, Tasha.

      Umumnya, perangkat 220 Volt tidak akan menyala dengan menggunakan input listrik 110 Volt. Kalaupun bisa menyala, biasanya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

      Sedangkan, perangkat 110 Volt pasti akan rusak (terbakar) jika menggunakan input listrik 220 Volt.

      Salam. ☺

  2. Salam
    Permisi pak numpang nanya, saya orang awam. Dirumah sy pakai listrik daya 900, saudara saya bikin rumah disebelah saya, awalnya pake listrik token. Lalu beliau buka jasa cuci mobil hidrolik. Nah setiap kompresor beliau nyala, lampu dirumah sy kedip2 semua, tapi tagihan listrik sy tidak ada kenaikan..
    Pertanyaan sy, apakah saudara sy ini listrik nya ‘nyalur’ atau memang krn sebelahan jd listriknya berhubungan.
    Terimakasih

    1. Hai Eka,

      Pertanyaan anda yang kedua adalah jawabannya. Kalau kemudian anda pisahkan jalur kabel kedua rumah, kemungkinan besar masih tetap berkedip. Karena letaknya yang persis bersebelahan. Namun, kedipannya tidak separah seperti sekarang.

      Salam. ☺

  3. dear pak,
    listrik dirmh 450va dgn kode CL2. sy dirmh pakai ac low watt 350watt. tp ketika ac dan sanyo sy hidupkan bersamaan listrik tidak balek pak. kira2 knp ya pak mengingat listrik cm 450va.
    sbg referensi sy sdh panggil org yg ngrti listrik utk cek apakah ada dicuri dan dikatakan tdk ada. sebab sy beli rmh bekas org pakai. mohon tanggapan bapak. terima kasih

      1. Mksd sy gini pak. Ac dan sanyo sy hidupkan secara bersamaan itu bisa pak. listrik gak balek. shrsnya kan balek pak. sy khawatir ada dicuri dan stlh di cek pakai alat sm mrka tdk ada pak. mnrt pengalaman bapak knp bs spt itu. apakah meteran sy sdh disetting sm org sblm rmh itu sy tempati. terima kasih

      2. Iya, saya rasa MCB di meteran di modifikasi oleh penghuni rumah sebelum anda. MCB seperti itu dikenal dengan sebutan “MCB siluman”. Terlihat 450VA diluar, tapi fisik jeroannya bisa dipakai lebih dari 450VA.

        Saat diperiksa, selama tidak ada pemakaian listrik lebih dari 450VA di dalam rumah, maka hasilnya nampak normal. Sayangnya, PLN akan selalu mengenakan denda cukup besar jika menemukan kasus seperti ini pada pemilik rumah yang sah.

        Kalau anda berniat memperbaiki keadaan kembali sesuai aturan yang benar tanpa didenda, lebih baik anda langsung mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1300VA. Jika anda beruntung, PLN tidak akan memeriksa ulang seluruh bagian meteran lama saat setelah penggantian meteran baru dipasang. Kalau sedang “apes”, besar kemungkinan anda dikenakan denda dengan tuduhan telah memodifikasi meteran lama.

        Salam. ☺

      1. Itulah keahlian mereka yang bergerak di bidang pencurian listrik rumah tinggal.

        Saran saya, sebaiknya cepat diganti dengan meteran resmi. Dengan begitu, anda menutup kesempatan niat buruk dari orang-orang yang mengetahui dan bisa memanfaatkan situasi tersebut melalui kerjasama dengan oknum petugas PLN.

  4. Daya dirumah saya itu 1300 pak. Apakah bisa atau gak balik sekringnya jika pakai mesin gergaji potong saya dengan daya 1200Watt? Dirumah saya juga ada kulkas 1 pintu.

    1. Maksud anda sikring listrik PLN nya nge-jepret atau nge-trip? Kalau itu maksudnya, sudah pasti akan nge-jepret. Jika mesin gergaji potong yang anda maksud adalah “circle saw” atau “table saw“, tanpa kulkas 1 pintu menyala juga pasti akan nge-jepret. Perlu listrik 2200VA buat supaya nggak nge-jepret.

      Salam. ☺

      1. Bagaimana nge-jepret atau nge-trip itu pak? Jadi tidak sanggup dengan listrik 1300VA dirumah saya buat dipakai untuk circle saw yg daya nya 1200Watt itu ya pak? Apakah ada perbedaan dari segi biaya antara listrik 1300VA dg 2200VA itu pak?

      2. Iya, maksudnya kalo pake listrik 1300VA nggak bakal kuat. Musti pake listrik 2200VA. Harga tarif listrik per kWh 2200VA sama ama yang 1300VA.

        Salam. ☺

      3. Oh ya pak, Tadi saya ada lihat circle saw yang dayanya 1100Watt, bisa gak itu untuk dirumah saya pak?

  5. selamat siang.

    saya mau menanyakan mengenai vacuum cleaner mobil. Karena saya wanita, saat itu kami langsung beli saja vacuum cleaner tsb yang seharusnya saya pakai dirumah. Namun ternyata ada teman yg bilang tidak bisa digunakan, harus disambungkan ke adaptor dulu. Bagaimana solusi dari Bapak agar bisa digunakan?
    spec. vacuum cleaner sendiri adalah:
    Kenmaster KM-004 Vacuum Cleaner 12V/100W – Orange

    DC 12V
    Power 100 Watt
    Panjang Kabel 2.8 Meter
    Menggunakan Soket Pemantik Api Mobil
    Ukuran Yang Kecil Untuk Memudahkan Penyimpanan

    Demikian terima kasih

    1. Benar seperti yang dikatakan oleh teman anda, harus menggunakan socket pemantik api yang disambung ke adaptor supaya bisa dipakai di dalam rumah. Hanya itu satu-satunya cara yang saya ketahui.

      Salam. ☺

  6. Selamat pagi,
    Mau menanyakan untuk listrik di rumah karena saya sangat awam untuk listrik2an.
    Di rumah saya pakai listrik 1300 watt. tapi pembayarannya bisa sampai Rp. 800.000-900.000 sebulan.
    Jika dibandingkan dengan beberapa teman, selisih pembayaran listrik per bulannya cukup besar.
    Untuk dirumah, saya pakai AC 1 PK, mesin cuci, TV, jet pam ,lampu 8..
    Apa yang perlu saya check ya untuk kondisi lisrik saya?
    Terima kasih

    1. Selamat siang,

      Buat daftar perangkat-perangkat yang saat ini digunakan.

      Kemudian, anda tinggal mencari nilai input listrik (lihat spesifikasi di buku / lembar manual pemakaian perangkat) dan rata-rata lama waktu pemakaian dari setiap perangkat yang digunakan setiap harinya. Jika totalnya mendekati dengan biaya listrik yang harus anda bayar setiap bulannya, maka tidak ada yang salah dengan perangkat elektronik / listrik yang saat ini dipakai.

      Anda bisa membaca uraian lebih detail di artikel Cara menghitung Biaya Listrik Perangkat Elektronik. Tarif listrik golongan 1300VA saat ini adalah Rp. 1.470,- per kWh.

      Tak perlu terburu-buru mempelajari dan mengerjakannya, santai saja. Karena, biaya pemakaian listrik per bulan itu tidak akan pernah berubah selama anda tidak memahami dasar cara menghitungnya. Begitu dipahami, anda akan memperoleh gambaran tindakan selanjutnya untuk menyikapi biaya pemakaian listrik di rumah secara lebih terarah dan lebih mendekati penyelesaian yang benar.

      Salam. ☺

  7. Selamat siang. Saya mau nanya seputar AC, toko saya mempunyai daya listrik 6600VA. Saya menggunakan AC panasonic 2PK 2 buah tapi masing2 dinyalakan cuma 1per hari. Yg jadi masalah kenapa setiap menyalakan AC tersebut MCB saya selalu turun, harus dicoba beberapa kali baru bisa nyala, kadang2 dalam satu hari tidak bs sama sekali, padahal pemakaian listrik yg lain tidak banyak,lampu yg saya gunakan jg sudah LED dengan watt yg kecil, apakah ada masalah dengan AC tersebut.mohon masukannya..terima kasih

    1. Selamat siang,

      Kalau baru belakangan ini terjadinya, besar kemungkinan AC-nya yang bermasalah. Sebaiknya hubungi service center / penjual AC.

      Kalau sejak awal sudah seperti itu, susunan pemasangan kabel untuk pembagian listrik di toko anda yang bermasalah. Sebaiknya anda menggunakan jasa teknisi instalasi listrik untuk memperbaikinya.

      Salam. ☺

  8. salam pk
    saya mau tanya apakah spidometer dengan Daya 3500 VA mampu mengoprasikan alat listrik yg bertegangan standart 3600 Watt dan tertulis lg untuk optional 4600 watt
    terimakasih

  9. selamat siang maaf nanya lg
    kalau tambah daya dari 3500 VA ke 6600VA itu apa ngrubah intalasi listrik.terus apa aja yang dirubah makasih…..

    1. Dari pihak PLN, hanya akan mengganti kWh meter di rumah anda dari 3500VA ke 6600VA.

      Sedangkan yang di dalam rumah, harus dikerjakan sendiri atau bisa juga dengan menggunakan jasa teknisi listrik.

      Perangkat listrik yang perlu diganti adalah kapasitas MCB dalam rumah yang lebih besar nilainya. Sedangkan kabel listrik, guna kepentingan pemakaian perangkat elektronik secara umum, pastikan menggunakan spesifikasi 3 x 2,5 mm untuk stop kontak dan 2 x 1,5 mm untuk lampu.

      Untuk pemakaian kabel listrik perangkat berdaya 4600 Watt yang anda tanyakan sebelumnya, lebih baik dikonsultasikan terlebih dulu dengan penjualnya.

      Salam. ☺

  10. Selamat siang Pak…salam sukses selalu. Saya ingin menanyakan tentang cara perhitungan tagihan listrik di tempat kami, kami ada penyewa lahan dan mereka memakai fasilitas jasa listrik di Pelabuhan. Tarif listrik kita kenakan 1.220,- / KWh. Pemakaian listrik bulan Januari 2017 adalah sebesar 113 KWh. Mereka kita kenakan tarif Administrasi sebesar 33 % dari pemakaian listrik tsb. KWh Meter yang dipakai 3 phase dengan MCB terpasang sebesar 25, 25, 50 (3 kopel)…saya kurang paham bahasa “kopel” tersebut. Ada perhitungan Bea Beban sebesar 593.408, Bea Trafo sebesar Rp. 38.720. BIsakah saya diberikan penjelasan cara perhitungan pemakaian listrik 3 phase? Atas jawaban yang diberikan, saya sampaikan banyak terima kasih.

  11. Pak mau nanya

    Saya mau memasangkan stabilizer merk lexos 1500 VA atau 2000 VA untuk AC 1 PK saya ( jenis inverter dengan watt maximal 850 watt). tukang ac yang masang tes make volt meter klo voltase rumah ane di angka 196 padahal saat itu siang.
    2 kali setelah itu diukur kembali oleh teknisi ac dan orang PLN pada saat siang hari ternyata Voltase normal.
    Setelah saya request ke PLN untuk datang dan cek pada saat waktu2 beban puncak, didapatkan voltase di angkat 190-an. Setelah diotak atik PLN bisa naik jadi 208 V

    Tapi orang PLN itu gak bisa menjamin bisa stabil trus apalagi pada saat waktu2 beban puncak. Akhirnya dia menyarankan usahakan jangan nyalain AC pada saat beban puncak.

    pertanyaannya :
    1. Merk lexos bisa diandalkan kah sepengetahuan bapak.
    2. Apakah dengan memasang stabilizer akan mengakibatkan tagihan listrik saya membengkak, karena saya lihat di salah satu sumber, bahwa dengan memakai stabilizer maka akan ada daya yag mubazir. Misal stabilizer digunakan pada saat voltase sedang turun di 180, maka perhitungan amperenya tetap 850 watt / 180 = 4.72. dimana ada selisih dengan pemakaian pada saat voltase normal (850 / 220 = 3.9) sebesar 0.82 Kwh.
    dengan pemakaian ac rata2 8 jam sehari dimana dari 8 jam itu kemungkinan 3 jam diantaranya saya gunakan pada saat beban puncak dimana voltase sedang turun (asumsi 180 V) maka saya berpotensi merugi 0.82 * 3 * 30 = 73.8 * 1.467.2 = 108286 ribu rupiah belum termasuk PPJ.
    Apakah memang benar seperti itu pak ?

    terimakasih sebelumnya

  12. Pak mau nanya

    Saya mau memasangkan stabilizer 1500 VA atau 2000 VA untuk AC 1 PK saya ( jenis inverter dengan watt maximal 850 watt). tukang ac yang masang tes make volt meter klo voltase rumah ane di angka 196 padahal saat itu siang.
    2 kali setelah itu diukur kembali oleh teknisi ac dan orang PLN pada saat siang hari ternyata Voltase normal.
    Setelah saya request ke PLN untuk datang dan cek pada saat waktu2 beban puncak, didapatkan voltase di angkat 190-an. Setelah diotak atik PLN bisa naik jadi 208 V

    Tapi orang PLN itu gak bisa menjamin bisa stabil trus apalagi pada saat waktu2 beban puncak. Akhirnya dia menyarankan usahakan jangan nyalain AC pada saat beban puncak.

    pertanyaannya :
    1. cukup kah stabilizer 1500 VA ? atau harus 2000 VA ?
    2. Apakah dengan memasang stabilizer akan mengakibatkan tagihan listrik saya membengkak, karena saya lihat di salah satu sumber, bahwa dengan memakai stabilizer maka akan ada daya yag mubazir. Misal stabilizer digunakan pada saat voltase sedang turun di 180, maka perhitungan amperenya tetap 850 watt / 180 = 4.72. dimana ada selisih dengan pemakaian pada saat voltase normal (850 / 220 = 3.9) sebesar 0.82 Kwh.
    dengan pemakaian ac rata2 8 jam sehari dimana dari 8 jam itu kemungkinan 3 jam diantaranya saya gunakan pada saat beban puncak dimana voltase sedang turun (asumsi 180 V) maka saya berpotensi merugi 0.82 * 3 * 30 = 73.8 * 1.467.2 = 108286 ribu rupiah belum termasuk PPJ.
    Apakah memang benar seperti itu pak ?

    terimakasih sebelumnya

    1. 1. Kapasitas stabilizer 1500VA sudah cukup. Mengenai merk stabilizer yang anda tanyakan, saya belum pernah mendapatkan informasi kualitas maupun kinerjanya.

      2. Hitungan tentang kerugian pemakaian listrik yang mubazir akibat dari menggunakan stabilizer seperti anda sampaikan, memang benar dalam ruang lingkup teori.

      Pertanyaannya, apakah AC bisa bekerja maksimal dalam kondisi tegangan listrik tidak stabil atau di bawah 220 Volt?

      Di bawah ini adalah cuplikan dari artikel Voltase, Watt dan Perangkat Elektronik yang saya tulis sebelumnya :


      Misalnya, saat voltase dalam keadaan stabil, waktu yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan hanya selama 10 menit. Ketika terjadi penurunan voltase, AC pasti akan bekerja lebih lama. Hal ini dikarenakan berkurangnya jumlah daya (akibat voltase turun) yang dibutuhkan kompresor saat proses mendinginkan ruangan. Berkurangnya pasokan daya tersebut, akan memperlambat kinerja kompresor. Semakin kecil jumlah daya (Watt) yang diterima (dikonsumsi), semakin lambat kinerjanya. Dan kompresor akan tetap bekerja (mengkonsumsi listrik) selama suhu ruangan belum mencapai nilai derajat (suhu ruangan) yang ditentukan.

      Jadi, menurut saya, ada beberapa faktor yang turut andil dalam menentukan hasil akhir akibat pemakaian AC dalam kondisi voltase turun menjadi suatu hal yang merugikan atau menguntungkan. Disini, saya menganggap kondisi seperti itu akan berdampak merugikan karena memiliki kecenderungan mengurangi umur / daya tahan komponen fisik AC akibat dipaksa bekerja dengan jumlah daya (Watt) yang lebih kecil dari yang sebenarnya dibutuhkan.

      Salam. ☺

      1. Terimakasih pencerahannya pak

        artinya teori yang ada di link dibawah ini mengenai kekurangan memakai stabilizer benar adanya yah pak

        https://www.facebook.com/permalink.php?id=542780429079090&story_fbid=545690922121374

        “Permasalahannya yg merugikan :
        Pada trafo stabil Daya Oufut = Daya Infut meskipun voltase dan arusnya berbeda, maka setelah melalui trafo stabil daya oufutnya yang menjadi 440 Watt, dengan demikian daya infut pun menjadi 440 Watt pula. (bukan lagi = 1,54×170 = 262,72).
        Jika daya infut sudah menjadi 440 Watt, maka pada pukul 18.00 – 21.00 WIB dengan Voltase PLN hanya 170, secara otomatis aruspun berubah menjadi, I = P / V = 440 Watt : 170 Volt = 2,58 Amper.
        Sehubungan KWH meter bekerja atas dasar besarnya ARUS listrik yang melaluinya,
        Pada Siang Hari Arus yang melalui KWH meter = 440 Watt : 220 Volt = 2 Amper.
        Namun pada pukul 18.00 – 21.00 WIB dengan Voltase PLN hanya 170 justru merugikan pelanggan, karena setelah melalui trafo stabil Arus yang melalui KWH meter = 440 Watt : 170 = 2,58 Amper (Pelanggan merugi pembesaran Arus sebesar = 2,58 – 2 = 0.58 Ampere).
        Kerugian selama sebulan (30 hari ) = 30 x jam yang merugikan = 30 x (21.00-18.00) = 30×3=90 Jam.
        Maka Jumlah KWH yang dirugian akibat voltase rendah = 440 watt x 90 jam = 39600 Watt Jam (WH) selama sebulan atau 39,6 KWH selama sebulan sekitar senilai = 39,6 KWH x Rp. 415 = Rp. 16.434 setiap bulannya (belum pertambah PPJ-nya).”

      2. Kesan yang saya dapatkan, tidak mengarah pada kekurangan atas pemakaian stabilizer. Link yang anda berikan sudah kadaluarsa. Saya tidak bisa menangkap maksud keseluruhan dari yang hendak disampaikan si penulis.

      3. OK, saya sudah dapat mengakses link yang anda berikan.

        Dalam pemahaman saya, si penulis hendak menyampaikan kerugian yang didapat ketika voltase listrik turun di saat WBP. Dengan menggunakan stabilizer, maka kerugian itu tidak akan terjadi meskipun kondisi voltase yang diterima masih tidak stabil.

        Di bagian akhir tulisan, si penulis menyampaikan nilai kerugian dalam bentuk rupiah. Nilai tersebut merupakan nilai ganti rugi secara konkrit yang sebenarnya harus dibayar oleh PLN kepada pelanggan akibat voltase turun.

        Jadi, tanpa memasang stabilizer, pelanggan akan menderita lebih banyak kerugian akibat turunnya voltase di saat WBP. Selain kondisi perangkat elektronik (kulkas) yang bekerja tidak normal, tidak ada konpensasi apapun dari PLN atas kondisi turunnya voltase di saat WBP.

        Salam. ☺

      4. Terimakasih banyak Pak Pencerahannya. Jadi lebih mengerti sedikit tentang listrik rumahan dan stabilizer semenjak baca2 blog pak ramlee

  13. Selamat malam pak,
    Saya mau tanya pak, saya barusan beli stabilizer Visalux 3000 Va yang rencananya saran saya gunakan untuk keperluan mesin fotokopy saya. Yang ingin saya tanyakan pak, kenapa stabilizer baru saya hidupkan tanpa beban apa2 kok listrik dirumah nge-trip ya? Apa karna saya salah memasang kabel atau gmn pak? (listrik dirumah memakai 900 watt)

  14. Halo pak.
    Mau tanya apakah bapak pernah menghitung mana biaya yg lebih besar.

    Antara pemanas air listrik instan (yg ga pake tabung gede) dengan menggunakan kompor gas?

    Thanks pak

  15. pak ramlee,

    tadi malam di cek oleh orang PLN dan voltase pada saat jam 9 malam di angka 199 – 200.

    Perlukah saya memakai stabilizer ? disarankan PLN memasang stabilizer terpusat untuk satu rumah
    Lalu apakah stabilizer 3000 VA cukup untuk rumah saya yang 2200 ?
    mengingat voltase dirumah saya cenderung rendah ( belum pernah mendapati pada saat check voltase voltasenya diatas 220 V)

    1. Ada sedikit ketinggalan.

      Listrik di rumah anda sudah dipasang grounding? Jika belum, coba upayakan juga untuk memasang grounding. Keberadaan grounding membantu mempertahankan nilai voltase agar tidak terlalu turun. Kerja stabilizer juga menjadi lebih ringan.

      Salam. ☺

      1. kemarin di cek PLN katanya belum ada grounding sih pak.
        apakah membutuhkan biaya yang besar untuk memasang grounding ?

      2. Beli kabel 2 x 2,5 mm sepanjang 0,5 – 1 meter, kupas kulitnya dan ambil satu bagian kawat saja. Kelupaskan pembungkus di masing-masing ujung kawat (sekitar 5 cm), kemudian sematkan salah satu ujungnya pada panel Arde boks MCB dalam rumah. Tancapkan paku besi 7 – 10 cm ke dalam tembok di dekat boks MCB hingga sisa 0,25 bagian di permukaan dinding. Lilitkan ujung kawat tembaga sisanya pada paku.

        Cara ini telah saya terapkan disertai pemasangan stabilizer 3000VA untuk kapasitas listrik 900VA hingga sekarang. Tegangan listrik bisa bertahan stabil di level 220 Volt meski berada di sekitar lingkungan industri konveksi rumahan.

        Anda bisa melihat contoh skema nya pada akhir artikel Memasang unit MCB.

  16. Selamat pagi pak Ramli, sebelumnya terima kasih banyak ada orang seperti anda yg sangat pintar dan mampu menjawab berbagai pertanyaan sekitar listrik.

    Saya mau tanya. Saya ada rumah yg sudah beberapa tahun tidak digunakan. Listriknya menggunakan token PLN. Yang jadi masalah pulsa listrik kenapa bisa turun2 sendiri padahal sekeringnya saya matikan ya. Misal awal tertera 12,77 kwh baru ditinggal beberapa menit sudah jadi 12,75 kwh padahal sekering mati. Kira2 kenapa dan apa yg harus saya lakukan?
    Terima kasih

    1. Selamat pagi Mas Bagus,

      Terima kasih atas apresiasinya, silahkan klik like jika anda menyukai tulisan-tulisan saya.

      Mengenai pulsa meteran token di rumah anda… dalam kondisi sikring dimatikan, coba cek kedua lubang stopkontak di dalam rumah dengan menggunakan tespen. (lihat : Tespen, Kawat Hitam dan MCB)

      Kalau tespen menyala berarti susunan kabel yang terhubung ke sikring harus diperbaiki.

      Jika tespen mati, coba matikan MCB di meteran. Seandainya pulsa listrik masih berkurang juga, anda perlu menghubungi pihak PLN untuk memeriksa meteran rumah anda.

      Salam. ☺

  17. Selamat pagi Pak,

    Sy mau tnya.Td mlm tiba2 listrik jeglek krn TV, lalu kabel TV kami cabut. Lalu stlh dihidupkan meteran pusat, jeglek lagi, ternyata kabel box ada yg konslet bau terbakar.Stlh kabel box dicabut, tidak ada mslh.Td pagi sy buka kulkas ternyata tidak dingin.Lalu anak sy mandi menggunakan air dr water heater ternyata water heater tidak nyala.Utk listrik yg lain2 tidak ada mslh.Tlg penjelasannya bagaimana cara mengatasinya ya Pak.Terima ksh

    1. Selamat siang,

      Saya belum pernah mendapatkan kasus seperti yang anda alami.

      Terlalu banyak kemungkinan untuk menyimpulkan penyebab korsleting yang menjadikan kabel terbakar dalam box MCB. Anda memerlukan jasa montir listrik untuk menelusuri penyebab dari korsleting tersebut.

      Salam. ☺

  18. slamat malam.
    listrik d rumah saya terpasang 1300watt.
    sedangkan saya membeli alat elektronik keterangannya sbg berikut:
    100V~50-60Hz
    1400watt.
    apakah aman untuk pemakain alat elektronik d rumah saya?
    terima kasih

    1. Selamat malam,

      Anda membutuhkan step down untuk bisa menjalankan alat tersebut supaya tidak terbakar.

      Tapi, dengan input dayanya yang 1400 Watt, saya agak meragukan alat itu bisa menyala dan berfungsi dengan benar di bawah kapasitas listrik yang hanya 1300VA.

      Salam. ☺

  19. Selamat siang Pak Omar,
    Saya mohon pencerahannya, terkait dengan instalasi dan jalur distribusi air dan pompa di rumah saya. Rencananya rumah 2 lantai dengan shower dan air panas di dua kamar mandi atas dan bawah. Mesin water heater gas di pasang di lt.2 dan tabung gas ada di lt.1. Saya akan ipasang pompa air dari air tanah serta booster di toren atas. Air dari PAM juga akan kami pasang untuk keperluan memasak dan sebagai back up apabila listrik mati. Mohon nasehatnya berapa pompa yang harus saya sediakan, apakah 2 pompa utk pam dan air tanah dan 1 booster serta berapa tangki, apakah 2 tangki untuk toren atas dan tangki tanam untk PAM? Bagaimana jalur pipa air dan pipa gas yang ideal untuk keperluan tersebut. Terima kasih banyak Pak Omar sebelumnya.

    BRGDS.

    1. Yang anda butuhkan :

      1 unit pompa untuk mengisi tangki tanam dengan air tanah
      1 tangki tanam
      1 unit pompa untuk mengisi toren atas dari tangki tanam
      1 unit toren atas
      1 unit pompa dorong

      Proses mengisi air ke tangki tanam :
      Untuk mengisi tangki tanam dengan air tanah, gunakan radar (di setel sebagai radar pengisi) untuk menghentikan pompa secara otomatis. Setel ketinggian pemberat radar hanya untuk mengisi 1/2 bagian tangki tanam saja.
      Alirkan air PDAM juga masuk ke tangki tanam. Pasang pelampung-analog (ball tap) untuk menghentikan aliran saat tangki tanam telah penuh. Saya sarankan tidak menggunakan pompa untuk mengisap air PDAM. Air yang dihasilkan bisa jauh lebih buruk dibanding air tanah.

      Proses mengisi air ke toren atas :
      Anda bisa membaca ulasan penerapan teknik pemipaannya pada artikel Memasang Dua Tangki Air di Rumah di bagian Teknik Pemipaan Dua Tangki Air berbeda ketinggian.

      Proses mendistribusikan air toren ke jaringan pipa dalam rumah :
      Anda bisa membaca ulasan penerapan teknik pemipaannya pada artikel Memasang Tangki Air di Rumah. Jika hendak menggunakan dua toren atas, gunakan Teknik Pemipaan Dua Tangki Air yang berdampingan yang diulas pada artikel Memasang Dua Tangki Air di Rumah.

      Menurut saya, jalur pipa air dan gas untuk water heater tidak banyak perbedaan dalam penerapannya. Selama pompa dorong yang digunakan bisa menghasilkan kekuatan tekanan air untuk menyalakan water heater secara normal, sudah bisa dibilang ideal.

      Salam. ☺

  20. Saya mau bertanya, bulan lalu rumah kami pasang baru listrik prabayar Karena rumah dibagi dua (untuk kakak dan adik) . Biasanya sebelum dipisah tagihan dr kedua rumah (normal) 200rb an. Tapi setelah dipisah (bulan ini) tagihan pascabayar 160rb daN untuk prabayar perlu 100rb. Kalau di bagi seharusnya masing” sekitar 100rb an. Mengapa bisa begitu? Mohon pencerahannya.

    1. Tinggal dibandingkan saja jumlah pemakaian listrik bulan lalu (jumlah pemakaian listrik dari satu meteran) dengan jumlah pemakaian listrik bulan ini (jumlah pemakaian listrik dari dua meteran).

      Kalau nilainya sama, berarti ada yang salah dengan meteran prabayar tersebut.

      Salam. ☺

      1. Ada yang bilang kalau misal pemisahan meteran berefek ke penurunan tagihan bulanan terjadi bertahap (secara perlahan) tidak bisa langsung turun jadi setengah. apakah benar begitu?

      2. Saya cenderung melihat dari sisi perilaku dan cara yang kita terapkan dalam menggunakan listrik. ☺

        Misalnya : si adik lebih suka tidur dengan kondisi lampu dimatikan, sedangkan si kakak ingin lampu tetap menyala.

        Perilaku pemakaian listrik yang berbeda seperti itu, menurut saya, sangat erat dengan rasa nyaman pribadi seseorang. Oleh sebab itu, dua orang berbeda yang menggunakan satu perangkat elektronik yang sama, belum tentu akan menjadikan pemakaian listriknya juga pasti sama.

        Jadi, baik yang digunakan meteran baru atau bukan, adalah perilaku kita sendiri yang menentukan besar-kecilnya pemakaian listrik.

        Salam. ☺

  21. selamat pagi pak Omar,

    Mohon bantuan pencerahan atas rumah kos yamg sedang saya bangun. Rencana ada 15 kamar dengan masing2 1 KWH meter @1300va yang terpasang terpusat pada satu lokasi.
    1. Bagaimana cara saya membackup semuanya dengan 1 genset? Berapa kapasitas minimal yang dibutuhkan? Sistem atau material apa yang dibutuhkan?
    2. Lebih baik mana jika kwh meter ditarik ke masing2 kamar atau terpusat seperti uraian saya di atas. Mohon saran + / – nya?

    Demikian disampaikan, atas perhatian dan supportnya diucapkan terimakasih.

    Salam,
    kris semarang

    1. Selamat pagi juga, Kris.

      Mohon maaf, hal yang anda tanyakan berada jauh di luar kapasitas yang saya miliki tentang listrik.

      Coba tanyakan pada sumber yang memahami konsep tentang listrik 3 fase.

      Salam.☺

  22. Selamat sore Pak.
    Daya di rumah saya 1300VA, jadi saya ingin menaikan menjadi 2200VA. Selain biaya beban, ada biaya lain yang bertambah pak? Dengan alat-alat elektronik yang sama.

    1. Selamat sore juga,

      Maksudnya biaya yang harus di bayar ke PLN setiap bulannya? Tidak ada. Semuanya sama dengan 1300VA, kecuali biaya beban yang tadi anda sebutkan.

      Salam. ☺

  23. Selamat pagi pak Omar,

    Saya baru saja isi pulsa listrik 200K dan mendapat kira² 126kwh, sisa pulsa di meteran sblm saya tambah kira² 63kwh, tetapi setelah saya masukan kenapa jumlahnya hanya 163kwh ya? Sebagai informasi saya menggunakan daya listrik 1300 (R1). Mohon infonya. Terima kasih.

    Salam,
    Ricky

    1. Terima kasih telah bertanya,

      Maaf, saya tidak bisa membantu anda. Kapasitas saya hanya sebatas seorang praktisi (non formal) saja, bukan seorang ahli.

      Salam. ☺

  24. Assalamualaikum pa,
    Saya mau tanya apakah listrik dengan daya 900volt itu bisa cukup digunakan untuk pompa air otomatis, mesin cuci, kulkas?

  25. Assalamualaikum Pak
    Pak daya listrik di rumah saya 1300VA. Di rumah saya tegangan listriknya naek turun. Saya berencana mau pakai stabilizer. Nah perlatan elektronik di rumah saya adalah.
    1. Ac 1/2 pk daya 496 watt
    2. Tv 2 unit daya 48 watt x 2 = 96 watt
    3. Kipas angin daya 50 watt
    4. Kulkas daya 100 watt
    5. Magic Jar Daya 350
    6. Dispenser daya 385
    Saya berencana mau pakai 1 buah stabilizer
    Pertanyaan saya stabilizernya harus yang berapa Volt ampere ya Pak

    1. Pakai yang bisa meng-cover kapasitas listrik terpasang rumah anda yang 1300VA saja. Lebih mudah untuk kita menghitungnya dan pasti meng-cover seluruh perangkat elektronik yang ada di rumah. Hitungan kapasitas stabilizer yang dibutuhkan menjadi :

      = 1300 / 0,8 / 0,75
      = 2.166,67

      Jadi, nilai minimal kapasitas stabilizer yang dibutuhkan adalah 2.166,67 VA. Boleh lebih besar, tapi jangan kurang.

      Salam. ☺

      1. Idealnya seperti itu. Tetapi, jika anda mau sedikit repot di awalnya, buatlah panjangan kabel sendiri dengan menggunakan steker (colokan) ber-saklar.

        Nantinya, steker tv ditancapkan ke panjangan kabel tersebut. Jadi untuk selanjutnya, anda tinggal menyala-matikan saklar yang ada di steker panjangan kabel saja. Tidak perlu mencabut-pasang steker tv ke stopkontak.

        Salam. ☺

  26. Kenapa yaa dinding drumah saya panas, memang lokasinya pas berlawanan dengan dinding meteran listrik tetangga saya. Apakah ini karena listrik? Berbahayakah bila didiamkan?

    Terimakasih sebelumnya web ini membantu sekali

    1. Terima kasih atas apresiasinya.

      Maaf, saya belum pernah mendapatkan informasi mengenai kasus sebagaimana yang anda alami saat ini. Anda bisa meminta pihak PLN untuk memeriksanya. Tetangga sebelah pasti akan mengerti. Biarkan PLN yang memutuskan ada-tidaknya masalah dalam kasus seperti ini.

      Salam. ☺

  27. Ass mas omer maaf mau nanya, saya buka rental Ps 3 slim dg jumlah PS sebanyak 5unit + tv 5unit polytron+ AC panasonic 1pk 1 unit + LG 1/2 pk 1 unit dan sisanya lampu 3… kok sering jegleg ya? Malah pernah cuma ps n tv msing” 3unit n ac 1 udah jeglek. Padahal sebelumnya dg 1300 (beban sama kecualu AC krna baru pasang) ga pernah jeglek. Ini nambah 2 ac (dan kadag ga kduanya pun ga sllu dipakai bersamaan) ko jeglek”.apa harus pkai stabilizer atau tambah daya 3200 🙁 mohon banget pencerahannya…

    1. AC 1 pk + AC 1/2 pk saja, butuh listrik minimal 1300VA.

      Ditambah nyala 3 unit ps + tv, kapasitas listrik minimal yang dibutuhkan sekitar 2200VA.

      Kalau kedua unit AC dinyalakan berbarengan dengan semua unit ps + tv yang ada, maka kapasitas listrik minimal yang harus terpasang adalah 3500VA.

      Sebaiknya anda tambah daya menjadi 3500VA. Tarif listriknya sama dengan yang 1300VA.

      Salam. ☺

Comments are closed.

%d bloggers like this: