Android : Meredam Device Overheating di Galaxy Note 8.0

Benar… Meredam Device Overheating, bukan meniadakannya. Karena perangkat Galaxy Note 8.0 memang sudah memiliki fitur bawaan yang bisa dan mudah menciptakan kondisi “overheating” jika tidak dipahami dengan benar cara kerjanya.

Setelah memutuskan untuk menjadikan perangkat Galaxy Note 8.0 sebagai bahan eksperimen dan melalui 8 kali proses Factory Data Reset, saya mendapatkan gambaran bahwa pemicu sebenarnya yang membuat pesan Device Overheating menampakkan diri adalah akibat pemakaian daya baterai secara berlebihan oleh processor.

Kondisi processor mengkonsumsi daya baterai secara berlebihan tersebut dihasilkan dari program pihak ketiga (third-party) yang kita / user sebagai pemilik perangkat tanamkan (install). Baik yang berasal dari dalam maupun luar Google Playstore.

Hal ini perlu benar-benar dipahami oleh kita sebagai pemilik Note 8.0 untuk menyadari bahwa tidak semua program pihak ketiga yang terdapat dalam Google Playstore aman ditanamkan ke dalam Note 8.0. Pembuat program pihak ketiga yang program buatannya bermasalah dengan Note 8.0, sebenarnya, telah membuat program dengan benar dan tidak berniat untuk membuat kekacauan. Permasalahannya, program yang dibuat tidak dapat bekerja sempurna “hanya” di Note 8.0 dan produk satu generasi dengannya. Di sisi lain, program tetap aman dan berfungsi secara normal jika digunakan di perangkat Android berbeda pabrikan dan juga produk perangkat Samsung Galaxy diluar generasi tersebut. Itu sebabnya, mengapa kasus Device Overheating ini menjadi rumit untuk ditemukan solusinya.

Agak sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh program pihak ketiga sehingga menjadikan processor bekerja dan mengkonsumsi daya berlebihan. Meskipun berlangsung secara back-ground, pemakaian daya baterai secara berlebihan tersebut bisa di deteksi dengan menggunakan program untuk memantau perubahan nilai voltase baterai pada perangkat. Nilai voltase baterai berubah (turun / naik) secara cepat dan drastis ketika background-process pemicu Device Overheating mulai atau sedang di-eksekusi. Saya belum mendapat kepastian gambaran proses macam apa yang dijalankan sehingga membutuhkan konsumsi daya cukup besar.

Perubahan voltase baterai juga terjadi dalam kondisi dasar (tanpa program pihak ketiga yang terinstall di perangkat). Tetapi, pergerakan nilai yang terjadi sangat perlahan dan tidak drastis. Perubahan nilai voltase bergerak turun-naik dalam rentang sangat kecil. Saya telah mencoba selama beberapa hari perangkat berada dalam kondisi dasar dan tidak pernah satu hari pun Device Overheating menampakkan diri selama perangkat digunakan. Namun, begitu program pihak ketiga yang memicu Device Overheating di install dan diaktifkan, perangkat pun kembali bermasalah.

Program Notifikasi Nilai Voltase Baterai

Program voltase baterai ini, hanya berfungsi menampilkan pergerakan nilai voltase baterai perangkat saja. Tidak untuk memperbaiki kondisi Device Overheating yang terjadi pada perangkat. Device Overheating itu sendiri akan tetap muncul sebelum program pihak ketiga yang menjadi penyebabnya disingkirkan (uninstall).

Baterai.Status.Bar

Program itu akan menampilkan nilai voltase baterai yang sangat kecil di sisi kiri atas layar perangkat. Anda dapat melihat tampilan nilai yang lebih besar di area “status bar”.

Pada perangkat Galaxy Note 8.0 milik saya, pesan Device Overheating mulai dan terus aktif ketika voltase baterai menyentuh nilai di bawah 3,70. Seandainya charger ditancapkan ke perangkat, nilai voltase akan berubah menjadi 4,28 dan notifikasi Device Overheating pun lenyap. Dari beberapa kali kejadian yang sama, saya pun mendapat kepastian bahwa pesan Device Overheating tidak akan muncul pada rentang nilai voltase antara 3,70 s/d 4.28.

Program untuk memantau voltase baterai tersebut dapat anda dapatkan di Google Playstore atau klik disini.

Menggunakan informasi yang dihasilkan dari nilai besaran voltase baterai itu, kita dapat mencari “meraba” program pihak ketiga yang menjadi penyebab Device Overheating. Umumnya, tiga hari setelah program-program penyebab Device Overheating diaktifkan, notifikasi voltase baterai mulai menunjukkan pergerakan perubahan nilai secara cepat. Itulah kondisi awal yang bisa ditunjukkan oleh program notifikasi voltase baterai tersebut sebelum akhirnya Device Overheating muncul. Seandainya hal itu terjadi, silahkan anda “uninstall” program-program yang telah diinstall dalam seminggu terakhir dan bersihkan semua jejak yang pernah ditinggalkan.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk membersihkan jejak bekas Device Overheating, yaitu : “wipe cache partition”  dan “wipe data/factory reset“. Berikut penjelasan dan cara menggunakan kedua metode tersebut :

Selanjutnya : Mengerjakan “wipe cache partition”….

Iklan