Android : Meredam Device Overheating di Galaxy Note 8.0

Mencari program pihak ketiga penyebab Device Overheating

Selama perangkat dalam kondisi Device Overheating, dinamika pergerakan nilai voltase baterai sering terlihat jelas saat terjadi komunikasi antara perangkat dengan internet. Komunikasi ini timbul atas permintaan program yang tertanam dalam perangkat. Baik itu program yang berasal dari Google, Samsung dan pihak ketiga.

Setelah mendapat kepastian bahwa tidak ada masalah dengan Kit-Kat dan program bawaan lainnya dari Samsung, berarti, tersangka utama selanjutnya adalah program pihak ketiga yang memiliki fitur kewenangan untuk melakukan komunikasi data via internet secara otomatis. Program pihak ketiga yang memiliki fitur seperti itu, biasanya, banyak dimiliki oleh program yang berkaitan erat dengan ranah sosial-media (facebook, twitter, BBM dsb) dan berita / news (Yahoo, Detik, Opera dsb).

*** Update 05 Oktober 2015 ***
Beberapa program penghemat baterai yang memiliki otoritas untuk menghentikan / mengaktifkan komunikasi data / wifi secara otomatis, merupakan salah satu penyebab Device Overheating.
*** End Update ***

Untuk memulai penelusuran, saya membatasi hanya dengan menginstall dua program pihak ketiga yaitu : Firefox dan UCBrowser. Kedua browser tersebut saya gunakan untuk mengakses semua situs sos-med, news dan situs lainnya yang biasa saya kunjungi. Dengan cara ini, tidak akan pernah ada komunikasi via internet secara otomatis yang berasal dari perangkat ke situs-situs sos-med dan news. Komunikasi data baru terjadi ketika saya menggunakan FireFox untuk mengunjungi mereka.

Bisa juga dengan menggunakan Google Chrome, tetapi saya mendapatkan konsumsi memory yang jauh lebih besar oleh Chrome dibandingkan Firefox dalam mengerjakan tugas yang sama.

Setelah urusan sos-med dan news dengan menggunakan browser telah beres, lalu satu demi satu program game saya install ke dalam perangkat. Setiap satu game ter-install, saya berikan jeda waktu 48 jam sebelum game berikutnya diinstall. Setelah meyakini tidak ada masalah dengan game-game yang terpasang di perangkat, saya melanjutkan dengan meng-install program sos-med dan news yang berdiri sendiri.

Setelah beberapa hari kemudian, saya memutuskan untuk menyingkirkan semua program sos-med dan news yang berdiri sendiri. Beberapa diantaranya merupakan pemicu Device Overheating setelah mulai diaktifkan (digunakan). Itu bisa saya pastikan karena setelah program-program tersebut di uninstall, lalu mengerjakan langkah “wipe cache partition” seperti sebagaimana yang sebelumnya dideskripsikan, notifikasi Device Overheating pun benar-benar lenyap.

Saya tidak tahu, salah satu mana dari program-program tersebut yang sebenarnya menjadi pemicu Device Overheating. Saya belum mau mencari tahu lebih jauh tentang itu karena fungsi program-program tersebut (saat ini) masih bisa digantikan dengan UCBrowser dan FireFox.

Untuk menggantikan keberadaan icon-icon program sos-med dan news, ternyata, FireFox memiliki fitur untuk membuat “icon” sebagai “shortcut” agar situs yang hendak dikunjungi bisa langsung di akses via Firefox. Jadi, saya tidak perlu membuka FireFox secara manual. Cukup dengan men-tap icon yang telah dibuatkan, lalu secara otomatis Firefox akan menyajikan situs yang akan di kunjungi dilayar perangkat.

Saat ini, semua komunikasi data dalam bentuk apapun yang bisa membuat perangkat Note 8.0 saya melakukan back-ground process secara otomatis, hanya terjadi dan dilakukan via Google, Samsung dan semua game yang diinstall ke dalam perangkat. Kondisi seperti ini membuat saya lebih mudah memantau perkembangan perangkat terhadap pengaruh setiap program pihak ketiga berikutnya yang hendak dan telah diinstall.

Cara yang saya gunakan tersebut, mungkin, tidak sesuai bagi anda yang memiliki kepentingan dan aktivitas di ranah sos-med dan / atau news. Saya belum menemukan alternatif yang bisa menjadi solusi untuk masalah itu. Untuk saat ini, cara di atas merupakan jalan terbaik yang saya ketahui untuk menghindari Device Overheating di Galaxy Note 8.0.

*** Update : 21 September 2015 ***
Jangan menggunakan perangkat selama proses charging berlangsung. Baik saat perangkat dalam kondisi normal, maupun saat sedang mengalami Device Overheating. Seandainya memang hendak digunakan sebelum proses charging selesai, lebih baik lepaskan “jack charger” dari perangkat. Anda bisa kembali melanjutkan charging setelah perangkat selesai digunakan.
*** End Update ***

Selanjutnya : Jadi….