Android : Meredam Device Overheating di Galaxy Note 8.0

Mengerjakan “wipe cache partition”

Apabila kita telah mengetahui dan meng-uninstall program pihak ketiga penyebab Device Overheating, tidak serta-merta secara otomatis selalu menjadikan perangkat kembali normal. Umumnya, voltase baterai tetap akan bergerak naik-turun dengan “liar” tanpa sebab selama jejak program pihak ketiga masih ada / tersisa dalam perangkat.

Untuk menghilangkan efek tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Tetapi, ada baiknya jika anda meng-install program pemantau voltase baterai terlebih dulu sebelum melakukannya. Dengan begitu, anda bisa benar-benar memastikan bahwa perangkat benar-benar telah kembali normal setelah proses “wipe cache partition” selesai dikerjakan.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu dikerjakan untuk menghilangkan efek Device Overheating :Android.Recovery.Menu

  1. Dalam kondisi re-charge, matikan (Power Off) perangkat.
  2. Tekan tombol Home + Volume Atas + Power
  3. Jangan dilepaskan sebelum logo Galaxy Note 8.0 muncul di layar.
  4. Begitu logo tampil di layar perangkat, lepaskan tombol Power (saya telah mencoba dengan melepaskan semua tombol, efeknya sama saja)
  5. Anda akan melihat menu Android Device Recovery muncul di layar perangkat.
  6. Tekan tombol Volume-Bawah beberapa untuk memilih menu “wipe cache partition” (perhatikan : bukan menu “wipe data/factory reset”)
  7. Tekan tombol Power untuk meng-eksekusi menu “wipe cache partition”..
  8. Pilih menu no. 1 (menu “reboot system now”) dan tekan tombol Power untuk me-reboot perangkat.
  9. Biarkan perangkat (jangan digunakan sama sekali) dalam kondisi re-charge hingga selesai dan dilayar muncul pesan “Charged”.
  10. Jangan mencabut charger sebelum proses re-charged benar-benar telah mencapai nilai 100% atau melampauinya.
  11. Setelah proses re-charged selesai, lepaskan charger. Nilai voltase yang tertera harus di atas 3,70.

Seandainya penyebab Device Overheating telah berhasil ditemukan dan di-uninstall, begitu metode ini selesai dikerjakan, nilai voltase yang tertera begitu setelah charger di cabut, selalu berada di atas 4,10.

Di point no. 10, saya menekankan agar proses re-charged dikerjakan hingga sempurna. Saya pernah mengabaikan langkah ini beberapa kali, dan untuk beberapa kali itu juga efek Device Overheating masih tetap ada bersarang dalam perangkat.

Jika semua langkah sudah dikerjakan namun nilai votase kembali berubah ke nilai di bawah 3,70, berarti masih ada program pihak ketiga lain yang tertanam dan tetap aktif menciptakan Device Overheating. Anda harus menemukan dan meng-uninstall-nya. Kemudian, mengulang kembali langkah-langkah di atas dari awal.

Selanjutnya : Mengerjakan Factory Data Reset….

Iklan