Android : Meredam Device Overheating di Galaxy Note 8.0

Jadi…

Tidak ada masalah antara Galaxy Note 8.0 dengan Android Kit-Kat yang terpasang di dalamnya. Saya bisa pastikan hal itu karena sejak tanggal 22/4/2015, Device Overheating sama sekali tidak pernah tampil di area layar notifikasi. Perangkat dapat berfungsi dengan sempurna untuk memenuhi aktivitas multimedia streaming / offline, game online / offline dan aktivitas lainnya.

Semua berjalan dengan normal layaknya saat menggunakan (bahkan lebih baik dari) Jelly Bean.

Lalu, bagaimana  pernyataan saya sebelumnya di artikel berbeda yang hendak mengganti Note 8.0 dengan perangkat sejenis namun berbeda pabrikan?

Semua pernyataan itu saya tarik kembali. Demikian juga dengan prasangka negatif terhadap Samsung yang seolah-olah melakukan pembiaran  dalam menanggapi kasus Device Overheating ini. Tidak ada yang salah dengan Galaxy Note 8.0. Demikian juga halnya dengan Kit-Kat. Keduanya berfungsi dengan benar dan memiliki integrasi sempurna sebagai perangkat keras dengan perangkat lunak yang mengoperasikannya.

Kejadian yang sebenarnya adalah ada beberapa pembuat program pihak ketiga yang tidak sepenuhnya memahami integrasi antara perangkat keras Note 8.0 dengan Kit-Kat. Sehingga, ketika program-program tersebut kita install kemudian diaktifkan, akan memicu ketidaksesuaian (incompatible) pada fitur yang dimiliki perangkat keras Galaxy Note 8.0 dan mengubah default Kit-Kat dalam menangani respon perangkat keras.

Pihak Samsung sendiri telah mendistribusikan sebuah program kecil (Security Policy Updates) secara otomatis ke dalam perangkat untuk membuat penyesuaian dalam memaksimalkan kinerja perangkat keras dengan Kit-Kat.

Nah, sebagai penutup cerita Meredam Device Overheating ini, sekali lagi saya tekankan, tidak ada yang salah dengan Galaxy Note 8.0 dengan Kit-Kat sebagai OS-nya. Memang, meskipun sekarang masalah Device Overheating telah berhasil diredam, masih terbuka kemungkinan perangkat untuk kembali bermasalah di kemudian hari. Entah bagaimana bentuknya dan apa penyebabnya, kita tidak akan pernah mengetahuinya dan saya memilih untuk tidak mengkhawatirkan hal itu.

Untuk saat ini, saya hendak sepuasnya menikmati kondisi perangkat yang telah kembali normal. Bagi saya, Galaxy Note 8.0 + Kit-Kat, merupakan satu produk yang menyenangkan sebagai “rekan” sehari-hari dalam wujud dunia digital.

Selamat mencoba!

Kembali ke Awal….

Iklan