Android : Meredam Device Overheating di Galaxy Note 8.0

Mengerjakan Factory Data Reset.

Pada tampilan Android Device Recovery, satu menu sebelum “wipe cache partition”, terdapat menu “wipe data/factory reset”. Menu tersebut berfungsi menghapus semua file dan setting yang terdapat pada perangkat dan mengembalikan perangkat dalam kondisi dasar. Jika anda berniat meng-eksekusi menu ini, pastikan untuk mem-backup account + password dan semua file yang pernah anda buat / download. Selain itu, dibutuhkan kuota internet sebesar kira-kira 1 Gigabyte hingga proses “reset” yang dikerjakan selesai dengan tuntas. Jika anda hanya mengandalkan koneksi internet dari perangkat (tidak menggunakan router / mifi), proses ini akan sangat menyengsarakan.

Diawal paragraph artikel ini, disebutkan bahwa penyebab Device Overheating baru diketahui setelah melalui 8 kali proses Factory Data Reset. Mengapa dibutuhkan proses hingga sebanyak itu?

Factory Data Reset bisa disamakan dengan proses mengembalikan konfigurasi perangkat menjadi standar. Pengaturan (setting) perangkat yang sebelumnya pernah diubah serta program pihak ketiga yang pernah di download dari Google Play store, akan dihapus. Dengan demikian, perangkat dikondisikan sama seperti belum pernah digunakan.

Dalam kasus Device Overheating ini, saya membutuhkan gambaran tentang perilaku perangkat yang dikondisikan pada beberapa konfigurasi pengaturan tertentu. Dengan begitu, bisa diperoleh hasil untuk dijadikan bahan perbandingan untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang pengaturan konfigurasi perangkat seperti apa yang bisa menjadi pemicu timbulnya pesan Device Overheating. Setiap setelah satu konfigurasi dipelajari selesai dipelajari, maka perangkat harus dikembalikan ke posisi awal.

Cara ini perlu ditempuh agar ruang lingkup permasalahan bisa dipersempit dan tersangka yang menjadi penyebab Device Overheating bisa dikenali keberadaannya. Factory Data Reset terbanyak dikerjakan adalah ketika saya berada pada tahap untuk memastikan ada-tidaknya ketidaksesuaian antara Android Kit-Kat dengan fitur komunikasi (SIM-Card) atau ruang tambahan menyimpan file (SD-Card) yang terpasang pada Galaxy Note 8.0.

Dan ternyata, memang tidak ada masalah dengan semua itu.

Pertanyaannya : apakah setiap user Note 8.0 yang mengalami Device Overheating juga harus mengerjakan tahap Factory Data Reset?

Parameternya adalah seandainya kinerja perangkat sudah dalam kondisi tidak sesuai lagi dengan yang diharapkan dan kita sudah tidak mengerti bagaimana mengatasi apa yang sebenarnya sedang terjadi, Factory Data Reset akan sangat membantu untuk mengatasinya dan mengembalikan perangkat ke posisi seperti semula.

Seandainya cukup banyak program pihak ketiga yang anda tanamkan ke dalam perangkat, saya sarankan untuk menjalankan Factory Data Reset. Dengan demikian, tidak banyak waktu yang terbuang untuk mencari salah satu mana dari program pihak ketiga yang menjadi penyebab Device Overheating pada perangkat anda. Selanjutnya, setelah Factory Data Reset selesai dikerjakan, anda bisa mengikuti cara yang saya kerjakan untuk menemukan penyebab Device Overheating di bagian Mencari program pihak ketiga penyebab Device Overheating….

Garis besar cara pengerjaan Factory Data Reset sama dengan “wipe cache partition”, namun membutuhkan waktu lebih lama dalam penyelesaiannya. Pastikan charger telah tertancap ke perangkat dan dalam kondisi menyala sebelum anda meng-eksekusi menu ini. Karena, besar kemungkinan Device Overheating akan muncul dan meng-interupsi saat proses update tengah berlangsung. Tidak ada kerusakan yang ditimbulkan dari interupsi tersebut, hanya saja proses update dan komunikasi data akan langsung terhenti. Anda harus melanjutkannya secara manual melalui Google Playstore.

Sama halnya dengan mengerjakan “wipe cache partition”, biarkan charger tetap tertancap mengisi baterai hingga tertera tulisan “Charged” pada layar perangkat.

Pastikan juga opsi Backup My Data dan Automatic Restore dalam kondisi “tidak ter-centang” sebelum proses dilanjutkan. Dengan begitu, setelah proses Factory Data Reset selesai, seluruh pengaturan perangkat akan dikembalikan sesuai standar yang ditentukan oleh Google dan Samsung.

Menjalankan proses Factory Data Reset melalui pilihan “wipe data/factory reset” yang terdapat pada menu Android Device Recovery memiliki kesamaan hasil akhir dengan yang terdapat pada Settings – Personal – Backup & Restore – Personal data – Factory Data Reset.

Factory.Data.Reset

Setelah proses Factory Data Reset dan online-update dari Google dan Samsung selesai dikerjakan, biarkan semua pengaturan dalam kondisi default. Jangan diubah dulu sebelum anda memastikan dan telah menemukan penyebab Device Overheating.

Memang, pengaturan perangkat dalam kondisi default, belum tentu sesuai sebagaimana dengan yang kita inginkan. Namun perlu kita pahami, bahwa dalam kondisi pengaturan seperti itulah perangkat bisa berfungsi dengan benar secara umum. Maksudnya, dalam kondisi dasar seperti itu, perangkat akan ber-perilaku sama bagi user mana pun yang menggunakannya.

Jadi biarkan saja dulu pengaturan perangkat untuk sementara tetap berada pada default-nya. Anda bisa mengubahnya sesuai selera setelah penyebab Device Overheating berhasil ditemukan dan disingkirkan.

Saya pun (akhirnya) memutuskan untuk membiarkan pengaturan perangkat dalam kondisi sebagaimana yang telah menjadi default – nya. Dengan demikian, saya bisa mempelajari hal seperti apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan perangkat sebenarnya secara umum dibanding produk sejenis namun berbeda pabrikan. Berangkat dari pemahaman inilah saya bisa mengetahui cara memperlakukan perangkat sesuai batas kemampuan yang dimilikinya.

Selanjutnya : Mencari program pihak ketiga penyebab Device Overheating….

Iklan