Perangkat Pemipaan : Foot Klep / Klep Tusen berbahan Plastik

Foot Klep atau Klep Tusen berfungsi untuk menahan air dalam jalur pipa hisap agar tidak kembali meluncur jatuh ke sumur atau bak tanam. Dengan begitu, tindakan memancing mesin pompa agar air bisa dihisap dan dipompa keluar dari dalam sumur atau bak tanam, hanya perlu dikerjakan satu dan pertama kali saja. Selanjutnya, air akan langsung keluar setiap kali mesin pompa dinyalakan.

Letak posisi pemasangan klep tusen ini harus berada di bagian pipa yang terendam di bawah permukaan air sumur / bak penampungan. Tidak mutlak harus di ujung pipa, yang penting harus di bawah permukaan air. Perhitungkan juga tinggi permukaan air sumur di kala sedang surut. Usahakan posisi klep tusen tetap berada di bawah permukaan air. 

Foot klep atau klep tusen dapat kita temukan di pasaran terbuat dari dua bahan dasar, yaitu : Kuningan dan Plastik Keras. Beberapa waktu lalu, saya mampir ke toko material (bahan bangunan) hendak membeli cat minyak. Kebetulan, ada dijual juga klep tusen berbahan plastik keras. Harganya cukup bersahabat, yaitu Rp. 12.500,- (Juni 2017).

Begini penampakannya :


Kalau dilihat dari fisiknya, bahan dasar plastik keras yang dipakai mirip dengan fiber / resin. Jika benar bahan seperti itu yang dipakai, maka klep tusen ini memiliki batas umur pemakaian lebih pendek dibanding umur pipa PVC / paralon. Entah berapa lama tepatnya, saya belum pernah mencoba menggunakannya.

Model klep tusen ini mirip dengan klep tusen berbahan Kuningan yang dulu saya beli. Sehingga, bisa langsung dipakai untuk menggantikan klep tusen Kuningan yang saat ini terpasang. Tapi, saya belum mau melakukan / menggantinya. Biar untuk dijadikan sebagai cadangan saja.

Karena model kedua klep tusen sangat mirip, saya rasa, performa keduanya juga sama. Jadi, satu-satunya ukuran yang bisa digunakan untuk membedakan bagus-tidaknya kualitas kedua klep tusen tersebut, hanya berdasarkan umur daya tahan bahan dasarnya saja. Dalam kasus ini, sudah tentu yang jadi pemenang adalah klep tusen berbahan Kuningan.

Berikut saya sajikan beberapa foto-foto tentang detail jeroannya :




Untuk penerapan pemakaiannya, mirip dengan yang berbahan kuningan juga. Uraian lebih lengkap bisa anda lihat di artikel : Perangkat Pemipaan : Memaksimalkan Tusen Klep

Semoga bermanfaat ! ☺

icon.top.document

One thought on “Perangkat Pemipaan : Foot Klep / Klep Tusen berbahan Plastik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s