Manfaat Tang Kupas Kabel dalam Memasang Stopkontak (48 foto)

Cara Memasang Sendiri Instalasi Stop Kontak menggunakan Tang Kupas KabelTeman-teman listrikdirumah.com, di artikel ini saya mencoba melengkapi cerita pembahasan dari artikel Manfaat Tang Kupas Kabel dalam Memasang Saklar yang sebelumnya telah dipublikasikan.

Memasangkan kawat kabel pada saklar atau stopkontak, tidak melulu terfokus pada keseragaman posisi jenis arus listrik di masing-masing kawat yang harus disematkan ke perangkat listrik terkait. Melainkan juga pada kerapihan kawat yang disematkan agar perangkat listrik dapat berfungsi menyalurkan arus listrik yang melaluinya dengan benar. Tang Kupas Kabel, memberikan sebuah alternatif cara untuk kita bisa melakukannya dengan lebih singkat dan mudah.


Nah, kali ini ada 48 total foto yang di muat ke dalam artikel ini. Banyak yaaa …. Dari banyaknya jumlah foto, saya terkesan agak “ngotot” dalam melanjutkan pembahasan mengenai manfaat pemakaian peralatan listrik Tang Kupas Kabel. Benarkah seperti itu keadaannya?

Saya beranggapan, bahwa setiap pekerjaan yang berhubungan dengan kabel listrik, pasti akan melibatkan tindakan untuk mengupas pembungkus kawat di dalamnya. Memang benar…, tidak selamanya mengupas pembungkus kawat kabel harus selalu menggunakan Tang Kupas Kabel. Namun, pekerjaan yang terlihat “sepele” itu, menjadi benar dan lebih mudah serta menyenangkan jika melibatkan Tang Kupas Kabel untuk mengerjakannya. Sehingga, dalam hal ini, saya tidak melihat satu tindakan yang merugikan untuk mendokumentasikan dan (kemudian) mempublikasikan panduan pemakaian Tang Kupas Kabel sebagaimana apa yang telah saya pernah rasakan saat mengerjakannya.

Apa yang membuat hingga saya berpendapat Tang Kupas Kabel demikian istimewa?

tutorial.perkakas.02Pada gambar Tang Kupas Kabel, ditunjukkan bagian “Pengukur dan Pembatas Pembungkus Kawat“.

Bagian dari Tang Kupas Kabel itulah yang (menurut saya) memegang peran penting untuk menentukan ketepatan ukuran dan batas maksimum dari kulit kawat kabel yang harus dikelupaskan. Bagian tersebut membuat pekerjaan penyambungan antar kabel dan memasang kabel pada perangkat listrik menjadi lebih mudah dalam waktu relatif lebih singkat. Agak sulit untuk mendeskripsikan bagaimana dan seperti apa keistimewaan yang dimaksudkan hanya dengan kata-kata. Oleh sebab itu, dalam artikel ini, kembali saya sertakan berikut foto-foto agar bisa mendeskripsikan gambaran yang lebih baik.

Objek perangkat listrik yang kali ini dijadikan model adalah stop kontak tunggal dan stop kontak ganda. Foto-foto yang tersaji, merupakan cerita rangkaian mengenai cara memasang kawat kabel pada kedua stop kontak dari awal hingga selesai. Anda dapat menelusuri, saat kapan dan seberapa jauh fungsi alat pengukur di Tang Kupas Kabel berperan dalam mengefektifkan pekerjaan memasang kawat kabel pada stop kontak.

Kedua stop kontak yang dijadikan model, merupakan versi in bow seperti yang pernah saya sajikan gambarnya di artikel Memasang Stop kontak dan Saklar ~ In Bow.

Untuk lebih mempermudah fokus penelusuran alur cerita gambar, saya membagi menjadi dua galeri foto, yaitu : galeri stop kontak TUNGGAL dan galeri stop kontak GANDA. Kedua galeri disajikan di dua halaman berbeda agar waktu untuk menampilkan (loading) masing-masing galeri secara keseluruhan menjadi relatif lebih singkat.

Anda bisa mengaksesnya melalui dua tautan di bawah ini :

Dari sekian banyak foto yang dimuat, inti pemahaman yang sebenarnya saya hendak sampaikan adalah sangat sederhana. Yaitu, panjang pembungkus kawat yang harus disisihkan untuk setiap pekerjaan menyambung kawat ke perangkat listrik pada umumnya, tidak akan pernah melebihi panjang jarak maksimum Pengukur dan Pembatas Pembungkus Kawat pada Tang Kupas Kabel.

Itulah yang membedakan pekerjaan mengupas pembungkus kawat dengan dan tanpa menggunakan Tang Kupas Kabel.

Kondisi peralatan Tang Kupas Kabel yang demikian, membuat siapa pun dapat melakukan standar pekerjaan menyambung kabel dengan benar. Semakin akurat hasil pekerjaan mengupas pembungkus kawat yang dilakukan, semakin besar kemungkinan terhindar dari kawat “telanjang” bermuatan listrik berbeda saling bersentuhan di dalam perangkat listrik. Atau, dengan kata lain, kecil kemungkinan untuk bisa terjadi korsleting setelah perangkat listrik terpasang di dinding / tembok. Itulah salah satu bagian yang (menurut saya) terpenting dari hasil pekerjaan menyambung kabel.

Bagi para praktisi listrik profesional, mungkin cerita perihal Tang Kupas Kabel yang saya sampaikan ini agak berlebihan, karena (mungkin…) ada peralatan listrik lain yang memiliki fungsi sama (atau bahkan lebih baik?) dalam perihal mengupas kulit kawat kabel. Namun, untuk saat ini, peralatan listrik yang saya ketahui dan pahami “manjur” dalam urusan mengupas kulit pembungkus kawat kabel adalah “hanya” Tang Kupas Kabel. Saya masih belum menemukan peralatan listrik lain yang memiliki harga “cukup bersahabat” dengan keistimewaan sama layaknya Tang Kupas Kabel.

Harapan saya, kedua galeri foto tersebut dapat memberikan “sedikit” gambar pemahaman yang lebih baik (terutama) bagi teman-teman sekalian dan juga praktisi listrik amatir seperti saya dalam mengerjakan penyambungan kawat kabel pada stop kontak di rumah.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

Manfaat Tang Kupas Kabel dalam Memasang Stopkontak (48 foto)

Iklan