Mini Ceiling Fan : Membuat Pola Bilah Baling-baling

Langkah-langkah apa yang harus di kerjakan untuk membuat pola BBT?

Saya menggunakan karton duplex sebagai media / bahan yang cukup kuat untuk dijadikan pola. Karton ini biasa digunakan sebagai bahan kotak kue (cake). Salah satu muka karton diberi lapisan berwarna putih seperti kertas polos, sedangkan bagian muka lainnya berwarna abu-abu tanpa lapisan apa-pun.

Perlengkapan membuat hingga memotong bentuk bilah untuk dijadikan pola adalah cutter, gunting, penggaris (stainless-steel jika tersedia), meteran (opsi), pensil isi ulang 2B dan potongan kardus bekas sebagai alas saat melakukan pemotongan menggunakan cutter.

Tindakan awal adalah mengukur bagian hulu bilah yang menjadi “kedudukan” saat dipasang pada unit kipas. Anda dapat mengukurnya dari potongan bilah standar (bawaan pabrik). Ukuran panjang x lebar kedudukan, biasanya, berada pada kisaran 2.5 cm x 4 cm. Sebaiknya ukuran panjang di lebihkan sebanyak 1,5 cm hingga total menjadi 4 cm, karena akan ada dua penekukan di bagian tersebut.

Kemudian, potong karton duplex dengan bentuk empat persegi panjang sesuai ukuran bentuk bilah yang hendak anda buat dengan menggunakan cutter. Misalnya, anda hendak membuat bilah berukuran p x l = 30 cm x 10 cm. Buat bentuk persegi empat berukuran (30 cm + 4 cm) x 10 cm = 34 cm x 10 cm. Tambahan 4 cm terdiri dari : 3 cm digunakan untuk bagian kedudukan bilah dan 1 cm tinggi kemiringan bidang bilah mengayuh udara.

Tempatkan ukuran 4 cm x 4 cm di bagian tengah bawah pola bilah. Kemudian anda tinggal menggambar bentuk bilah di bagian sisa atas posisi kedudukan sesuka anda.

membuat.pola.bilah.baling-baling.1

Gambar di atas adalah urutan menggambar pola mulai dari posisi dudukan bilah baling-baling hingga menjadi bentuk pola bilah standar. Untuk membuat garis lengkungan pada sudut pola, anda dapat menggunakan uang logam / koin. Sedangkan untuk garis lengkungan di bagian bawah pola bisa dengan menggunakan bilah standar.

Kemudian, anda dapat menentukan posisi “tekukan” untuk kedudukan bilah seperti di gambar di sebelah kiri di bawah ini, dimana tinggi kemiringan mengarah ke atas (ditandai dengan garis merah) :

Gambar : posisi tekukan dengan tinggi kemiringan mengarah ke atas dengan modifikasi bentuk akhir.

Realisasi pemasangan bilah pada unit kipas akan terlihat seperti :

bilah.bertekukan.3

Sedangkan gambar pola bilah sebelah kanan adalah modifikasi bilah dari bentuk awal (standar).

Seandainya anda hendak membuat tekukan “dudukan” bilah dengan tinggi kemiringan menghadap ke bawah, maka posisi-nya menjadi sbb :

Gambar : posisi tekukan dengan tinggi kemiringan mengarah ke bawah dengan modifikasi bentuk akhir.

Realisasi pemasangan bilah pada unit kipas adalah sebagai berikut :

kipas.BBT.9

Setelah gambar pola telah lengkap dan sesuai dengan bentuk baling-baling yang nantinya anda harapkan, potong bagian pola yang tidak diperlukan.

Selamat mencoba!

Iklan