Sekelumit Cerita Mengubah Tampilan listrikdirumah[dot]com

Sebenarnya, garis besar tujuan yang direncanakan adalah bagaimana saya bisa melakukan aktivitas me-review tulisan-tulisan di blog listrikdirumah[dot]com dengan nyaman menggunakan tablet berukuran 8″.

Tema tampilan layar blog yang selama ini dipakai (Twenty Twelve Theme), tidak memiliki fitur untuk bisa otomatis beradaptasi dengan ukuran layar monitor tablet. Akibatnya, selalu terjadi ketidaksesuaian tampilan layar dan menyebabkan rasa tidak nyaman di setiap kali saya hendak melakukan review artikel dengan menggunakan tablet. Penyesuaian ukuran huruf menjadi sangat kecil dan sulit dibaca.

Hal itu menjadi satu kebalikan dari tujuan pemakaian tablet itu sendiri, dimana saya mengharapkan bisa beraktivitas me-review artikel dengan lebih nyaman dibanding menggunakan smartphone atau laptop.

Kalau cuma sekadar faktor huruf atau gambar yang ukurannya terlalu kecil, sudah dicoba mengerjakan cara alternatif untuk mengatasinya. Tapi, hasilnya jauh dari harapan dan sangat mengecewakan. Karena, permasalahan yang sebenarnya terletak pada kesesuaian penyajian tampilan antara ukuran huruf, gambar dan lebar layar monitor tablet. Bukan sekadar ukuran huruf atau gambar yang kekecilan.

Aktivitas merencanakan dan menyusun perubahan tampilan blog itulah yang menjadi fokus aktivitas nge-blog saya selama sebulan terakhir.

Penggantian tema blog ini (Independent Publisher 2 Theme) juga berdampak pada merancang ulang banner baru dan ikon baru. Nuansa warna blog yang sebelumnya hijau kulit telur bebek, kini berubah menjadi kuning-krem.

Banner :

 

Ikon :

 

Membuat Filter Air bertekanan Rendah.

Perubahan yang cukup signifikan dan drastis, namun saya menikmati setiap kesempatan dalam mengerjakan semua itu.

Hasilnya, seperti yang anda lihat saat ini.

Semoga tema tampilan layar yang sekarang, juga bisa menyajikan tampilan susunan kata dan kalimat yang lebih baik di layar monitor perangkat / gadget anda. Serta menambah kenyamanan bagi anda dalam melakukan aktivitas membaca artikel-artikel di blog ini.

Salam. ☺
icon.top.document

Iklan

7 thoughts on “Sekelumit Cerita Mengubah Tampilan listrikdirumah[dot]com”

    1. Thanks yaaa… udah balik mampir. 😊😊😊 Blog ini juga pernah saya test untuk mengetahui tingkat performanya di SERP menggunakan tools speed analyzers sejenis. Hasilnya disarankan untuk melakukan beberapa modifikasi pada Theme (saat itu Twenty Twelve) blog ini. Sebuah saran yang tidak akan pernah bisa dikerjakan selama saya masih di wp dot com.

      Kemudian, saya pelajari tentang perilaku AMP (Accelerated Mobile Pages). Sebuah algoritma yang disisipkan si Mbah pada Search Engine nya. Garis besar fungsi AMP adalah menganalisa traffic artikel yang tampil di SERP dan mengubah tampilan artikel ke dalam versi mobile. Artikel yang disasar adalah post (bukan page) dengan frekuensi visitor cukup tinggi. Hasil ubahan-nya diberi link ke artikel asli dan disimpan di server-nya si Mbah agar bisa dengan cepat tampil di monitor perangkat mobile user. Beberapa selang waktu tertentu, ubahan di update secara otomatis. Jadi, si Mbah sudah menyediakan juga perangkat untuk meningkatkan aklerasi artikel-artikel di sebuah blog tanpa perlu kita repot.

      Kasus yang terjadi pada blog pursuingmydream, menurut saya, lebih dikarenakan efek perpindahan ke self-hosted. Semua history blog yang semula sudah terintegrasi dengan semua faktor di internet kembali nol.

      Traffic visitor drop juga terjadi ketika blog gratisan di wordpress berganti menjadi .com. Tapi, prosesnya tidak lama, karena blog lama dan semua history yang dimilikinya tetap ada digunakan berbarengan untuk mendukung blog .com yang baru. Disitulah, menurut saya, perbedaan yang membuat waktu traffic visitor drop berlangsung cukup lama setelah pindah ke self-hosted. Santai aja. Hanya butuh tambahan waktu dan tenaga saja untuk belajar mengembalikannya seperti semula.

      Salam. ☺

      Suka

      1. Seminggu belakangan ini saya lagi mau naikin blog speed dulu terutama versi mobile nya parah scorenya. Benar kata pak Omar untuk versi mobile ini trafiknya tinggi, saya sempat baca2 belakangan ini. Nanti klo blog speed sdh lumayan angka baru saya mau cari ilmu mengenai AMP hehe 😀 . Bbrp bulan lalu saya kira ada lagi yg kopas artikel2ku setelah pindahan ke self hosted, saat saya telusuri ternyata klo pembaca dari veris mobile link nya di akhiri cdn.ampproject.org makanya saya perlu utak atik lagi spy AMP blog bagus juga. Klo trafik anjlok krn saya ganti hiperlink blog pak, klo di wp.com pakai tgl, bln thn, lalu saya ganti jadi nama saja, jadi semua artikel di indeks ulang dari nol deh.

        Terima kasih ya sdh kasih penjelasan mendetail ke saya.

        Salam happy blogging 😉 .

        Suka

  1. Setiap ada perubahan, pasti akan ada efeknya. Demikian juga halnya merubah tampilan akan memengaruhi daya jelajah blog di SERPs. Bila teknik SEO yang digunakan selama ini baik, pasti akan normal kembali dalam beberapa waktu kemudian, jadi perubahan di SERPs akibat mengganti tampilan sifatnya temporer.

    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s