Battery Compartment : alternatif pengganti baterai D-Size dengan AA-Size

Battery Compartment, sering diartikan secara umum sebagai tempat baterai diletakkan dalam senter atau camp-lamp. Sekitar satu tahun lalu (2012), seorang sahabat membawakan dua buah unit yang juga disebut sebagai “battery compartment” untuk saya. Pertama melihatnya, tidak terbayang bahwa barang tersebut adalah battery compartment. Ketika diperagakan cara pemakaiannya, saya baru mengerti fungsi dari perangkat tersebut.

Gambar 1 : Dua model Baterai Compartment
Gambar 1 : Dua model Battery Compartment

Seperti terlihat pada gambar, perangkat diatas memiliki fungsi sebagai alternatif pengganti baterai berukuran besar (D-Size) dengan baterai berukuran AA (AA-Size). Menurut saya, perangkat tersebut layak dimiliki sebagaimana fungsi dan manfaatnya.

Misalnya, kita membeli baterai AA-Size untuk keperluan pengoperasian jam dinding. Tidak banyak jumlah baterai yang digunakan untuk kebutuhan itu, hanya satu saja. Sedangkan, metode penjualan baterai AA-Size di pasaran sudah dalam bentuk kemasan. Paling sedikit (umumnya) ada 2 buah baterai dalam sebuah kemasan. Saya pernah menemukan juga 6 buah baterai dalam satu kemasan.

Jika dihitung harga per unit baterai, harga beli kemasan berisi dua baterai lebih mahal daripada kemasan berisi enam baterai. Secara pemakaian, membeli kemasan berisi enam baterai akan lebih merugikan karena baterai tersisa cukup banyak daripada kemasan berisi dua baterai. Mana yang harus kita pilih?

Battery compartment seperti gambar di atas dapat menjadi solusi alternatif dari pembelian baterai yang tersisa. Kita dapat menggunakannya untuk kebutuhan sumber daya senter atau camp-lamp yang memiliki standar baterai D-Size.

Gambar 2 : Battery Compartment untuk Camp-Lamp.
Gambar 2 : Battery Compartment untuk Camp-Lamp.

Lama waktu dari nyala lampu / senter yang menggunakan baterai D-Size, sudah pasti lebih panjang daripada baterai AA-Size. Namun, foto gambar di atas diambil dari baterai AA-Size yang telah melewati akumulasi masa pemakaian lebih dari 12 jam. Masih cukup terang untuk difungsikan dalam kondisi listrik padam di malam hari.

Harga per unit-nya, berada pada kisaran Rp. 7.500,-  s/d Rp. 10.000,-  di kompleks pertokoan Glodok – Jakarta. Cukup murah jika dibandingkan dengan fungsi dan manfaat pemakaiannya.

Semoga bermanfaat…!
icon.top.document

Iklan