Bagaimana cara menggambar huruf untuk Font agar rangkaian huruf nampak saling memantaskan?

Berapa default ukuran yang sepantasnya agar setiap karakter huruf nampak alami/natural?

Berapa default ketebalan agar porsi huruf kapital dengan huruf kecil nampak serasi?

Bagi orang tidak memiliki bakat keahlian alami di bidang menggambar seperti saya, tindakan awal untuk mulai mengerjakan satu gambar merupakan perkara rumit. Demikian hal yang terjadi ketika pertama kali membuat rangkaian gambar karakter huruf untuk dijadikan file font.

Ada 26 karakter huruf kapital, 26 karakter huruf kecil, 10 karakter angka/bilangan dan beberapa karakter tanda baca. Jika tanda baca diabaikan, minimal terdapat 52 karakter gambar huruf ditambah 10 karakter gambar angka yang harus dikerjakan pembuatannya secara unik untuk menuntaskan satu file font dalam kategori minimum layak pakai.

Kemudian, saya coba menggunakan cara pikir sebagai seorang programmer, yaitu mengidentifikasi aktivitas berulang yang menjadi dasar untuk setiap kali membuat satu set rangkaian gambar karakter huruf. 

Jika pemikiran itu bisa dibuat menjadi baku, maka setiap set rangkaian huruf yang dihasilkan akan memiliki standard yang sama satu dengan lainnya. Tentu saja hal itu akan berdampak pada model karakter yang nyaris sama dan “itu-itu” saja. Namun di sisi lain, tingkat kualitas kerapihan hasil dan waktu pembuatan yang dibutuhkan relatif lebih singkat.

Setelah mengerjakan beberapa file font, saya mendapatkan gambaran sederhana mengenai garis besar prosedur cara pengerjaan membuat gambar karakter huruf. Seperti gambar di bawah ini hasilnya :

Cukup menarik yaa… hahaha…

Saya berhasil membuat 10 file font dalam kurun waktu 4 minggu. Meskipun semua karakter huruf memiliki kemiripan dalam model dasar, tetap terlihat perbedaan jika disandingkan bersamaan seperti gambar di atas. Menurut saya, model huruf dari ke-sepuluh font tersebut sudah bisa mewakili kebutuhan standarisasi font di blog ini.

Lalu, bagaimana dan seperti apa metode cara pembuatan gambar huruf yang saya gunakan?

Di bawah, saya buatkan gambar + deskripsi tentang langkah membuat template untuk dijadikan dasar dalam membuat karakter huruf. Juga tiga contoh membuat huruf menggunakan template tersebut sebagai acuannya. 

Disini, saya menceritakan metode cara membuat gambar karakter huruf, bukan menjelaskan bagaimana teknik mengerjakannya dengan menggunakan Inkscape atau software pengolah gambar lainnya.

Jadi, Anda sudah harus memilki dasar keterampilan menggunakan salah satu software pengolah gambar untuk bisa mengerjakannya.

Membuat Template

Pertama-tama, kita terlebih dulu perlu membuat template. Template ini hanya sekali dibuat dan nantinya akan menjadi dasar dari 26 gambar karakter huruf kecil yang bakal kita buat : 

Langkah 1, buat kotak bujur sangkar

Langkah 2, duplikasi bujur sangkar dan letakkan di bagian bawah. Kurangi tingkat kepadatan warnanya (opacity) hingga 30%.

Langkah 3, buat bujur sangkar awal (atas) menjadi model huruf O

Langkah 4, bagi huruf O menjadi 10 potongan.

Langkah 5, nampak seperti ini jika semua potongan dipisahkan.

Langkah 6, satukan semua potongan dan beri warna berbeda pada setiap potongan.

Sudah selesai sampai disitu tahap pembuatan template. Pemberian warna unik pada setiap potongan, akan mempermudah dalam mengidentifikasi bagian potongan mana saja yang perlu dibuang, dimodifikasi atau dimanfaatkan untuk menyelesaikan satu gambar karakter huruf. 

Pada saat tahap pembuatan gambar karakter huruf, duplikasikan template pada kotak bujur sangkar di bagian bawah sebagai kanvas-nya. Kemudian, kita bisa mengedit duplikasi template mengikuti bentuk huruf yang hendak dibuat. 

Membuat Gambar Karakter Huruf c…

Langkah 1, duplikasi template dan letakkan hasilnya pada kotak kanvas

Langkah 2, tarik potongan template warna hijau keluar area kanvas

Langkah 3, gabungkan semua potongan template di dalam area kanvas dan ubah menjadi berwarna merah

Langkah 4, tarik keluar area kanvas karakter huruf c yang telah selesai

Selanjutnya, pindahkan huruf karakter c ke tempat rangkaian alphabet yang sedang/telah dikerjakan. 

Membuat Gambar Karakter Huruf d…

Pada langkah ke-2, potongan segi empat warna hijau di duplikasi dan diletakkan untuk menjadi batas tiang atas dari karakter huruf d. Kemudian ditarik ke bawah menyatu dengan potongan paling bawah tiang ~ langkah 3.

Langkah 4 ~ dua potongan di ketiak kiri atas dan kiri bawah tiang di duplikasi dan digunakan sebagai media untuk membentuk lengkungan di bagian luar potongan asli di ketiak kiri atas dan kiri bawah tiang ~ langkah 5.  

Membuat Gambar Karakter Huruf a…

Pada langkah 2, potongan segi empat warna pink ditarik keluar area kanvas. Kemudian, tiga potongan dari sisi kiri atas kanvas di duplikasi untuk dipasang dan menjadi bagian tengah karakter huruf a ~ langkah 3.

Langkah 4, potongan segi empat warna pink dikembalikan ke area kanvas untuk menjadi bagian ekor kanan bawah karakter huruf.

Langkah 5, potongan warna hijau di sebelah kiri ekor di duplikasi dan digunakan sebagai media untuk membentuk lengkungan di bagian luar dari potongan aslinya ~ langkah 6.

Gampang, bukan?

Dengan memberi warna unik pada setiap potongan, kita bisa langsung mengenali bentuk dan bisa memanfaatkannya untuk menambal/memotong/menambah potongan pada template. Dari ketiga contoh membuat gambar karakter huruf tersebut, kita bisa mendapatkan gambaran kalau beberapa tindakan yang mirip dikerjakan pada gambar karakter huruf yang berbeda. Dengan demikian, kita bisa menerapkan tindakan serupa selama dalam pembuatan gambar karakter huruf lainnya.

Untuk membuat huruf kapital, kita bisa menggunakan metode yang sama dengan ukuran kotak kanvas yang lebih besar. Membuat huruf kapital jauh lebih mudah dibanding huruf kecil, karena kita tidak perlu membuat bagian tiang lebih tinggi atau tiang lebih rendah pada beberapa huruf tertentu, yaitu : p, q, b, d, f, h, j, k, l dan t.

Tertarik untuk mencoba? 

Semoga bermanfaat! 🙂

 

One thought on “Cara Mudah membuat Gambar Huruf untuk File Font

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *