Berapa Besar Kapasitas Cadangan Air yang Dibutuhkan?

Ada peristiwa menarik saya alami sebelum memutuskan untuk memulai menggambar ilustrasi-ilustrasi skema pemipaan tangki air berjumlah banyak seperti yang tersaji di bawah ini :

image

image

image

image

Saya sempat mengurungkan niat untuk membuat ilustrasi gambar-gambar tersebut setelah seorang profesional berlatar pendidikan akademis kedokteran, berkata sbb. :

“Untuk apa satu rumah memiliki beberapa tangki air? Dua tangki air saja sudah kebanyakan. Cukup satu tangki air saja, karena hanya untuk memenuhi kebutuhan pemakaian air sebuah rumah, bukan salon (tempat perawatan rambut) …”.

Sebuah pernyataan yang sangat masuk akal, karena memang seperti itu kenyataan yang kita temukan. Kebutuhan pemakaian air di sebuah rumah dalam sehari, tidak akan menyamai kebutuhan pemakaian air sebuah tempat usaha seperti salon dalam sehari.

Di lain kesempatan berikutnya, seorang pengusaha sukses yang sudah paruh baya berlatar pendidikan sederajat SMP (Sekolah Menengah Pertama / kelas VII), menyatakan pendapat berbeda :

“Air adalah kebutuhan pokok terpenting setelah udara. Kita bisa bertahan untuk tidak makan, namun tidak sama halnya dengan minum. Seberapa pun banyaknya air yang bisa kita cadangkan di rumah, bukan satu kesia-siaan. Karena hidup tidak pernah berada jauh dengan air.”

Dua pernyataan dan pandangan menarik dari dua latar pendidikan dan pengalaman hidup yang berbeda mengenai keberadaan air di rumah mereka. Tidak ada yang salah dari kedua pandangan tersebut. Setiap manusia berhak memutuskan hal terbaik untuk kebutuhan hidupnya.

Namun kebajikan mengenai kehidupan yang dimiliki seseorang merupakan sebuah hal yang bersifat eksklusif. Hanya kita sendiri yang bisa memutuskan untuk mau atau tidak menerima kebajikan yang telah ditawarkan. Inilah yang menjadi dasar penentu haluan pilihan dalam hidup yang kita jalani…¬†dan tidak selalu sebuah pilihan bisa berlaku baik bagi semua orang.

Saya pun akhirnya memutuskan untuk memulai membuat gambar-gambar ilustrasi instalasi dengan menggunakan banyak tangki air sebagaimana yang telah tersaji di atas. Tidak setiap orang membutuhkan konsep instalasi tangki air seperti itu, namun bukan berarti sama sekali tidak ada yang membutuhkannya.

Anda dapat membaca uraiannya di artikel Pengembangan Skema Pemipaan Dua Tangki Air.

Salam…icon.top.document

Iklan