SEO dan Blogger

Judul Artikel asli : SEO and Your Blog
Nara-sumber : Elizabeth ~ April 11, 2013

*******

Artikel terjemahan di bawah ini adalah lanjutan dari artikel terjemahan “Semua tentang SEO di WordPress.com” dan ditulis oleh nara-sumber resmi WordPress.com yang sama dengan judul : SEO and Your Blog.

Walau pun memiliki isi agak mirip dengan artikel sebelumnya, pembahasan SEO kali ini lebih terinci namun tetap mudah untuk dipahami. Semoga bisa memberi manfaat secara umum bagi anda (khususnya para blogger WordPress.com Indonesia).

*******
Terjemahan selengkapnya :

Beberapa minggu yang lalu, saya membuat sebuah tulisan mengenai bagaimana cara kerja SEO di WordPress.com, dan sekarang saya hendak membahasnya kembali di The Daily Post. SEO adalah Search Engine Optimization (Mengoptimasikan Mesin Pencari), dan itu merujuk pada hal-hal yang dapat anda kerjakan untuk mempertinggi peringkat situs anda di halaman hasil pencarian mesin pencari milik Google dan mesin pencari lainnya.

Anda pasti telah mendengar bahwa SEO adalah topik panas di lingkungan para blogger. Sudah banyak juga dinyatakan bahwa saran dari SEO tidaklah dapat dibuktikan kebenarannya, bahkan beberapa diantaranya menyesatkan.

Kabar baiknya adalah jika situs anda berada dalam naungan WordPress.com, kami akan menangani untuk anda sebagian besar sisi tehnik yang berhubungan dengan SEO. Satu-satunya yang anda perlu lakukan untuk menjadikannya sempurna hanyalah membuat tulisan!

Kabar buruknya adalah pekerjaan membuat tulisan merupakan pekerjaan sangat sulit, yang mana menjadikan banyak orang lebih memilih terobsesi mengurusi kepentingan mereka bersama SEO,

Namun demikian, ada beberapa cara yang cukup mudah untuk anda kerjakan, guna memastikan konten situs anda dapat terindeks di Google.

Buat teks tajuk yang secara tepat menjelaskan isi blog.

Teks tajuk adalah satu kalimat keterangan mengenai blog yang muncul tepat dibawah judul situs anda. Walaupun tema yang digunakan tidak memperlihatkan langsung keberadaan teks tajuk anda, para mesin pencari akan tetap memakainya guna memperoleh gambaran awal mengenai blog anda. Sebuah contoh teks tajuk yang baik diantaranya “Mary L. Smith, puisi Vermont” atau “Perjalanan menyusuri Asia Tenggara”.

Manfaatkan kata kunci.

Kata kunci adalah istilah yang bisa dijadikan sarana guna menyasar pengunjung untuk menemukan situs anda. Untuk mendapatkan model kata kunci yang bisa digunakan bagi sebuah tulisan, berpikirlah layaknya anda hendak mencari informasi di Google. Contohnya, jika anda membuat tulisan tentang permainan untuk anak-anak, mungkin bisa menjadi ide bagus menggunakan istilah “permainan anak-anak” dalam tulisan anda. Walaupun begitu, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan menggunakannya. Pengulangan kesamaan istilah terlalu banyak, menjadikan tulisan terasa tidak wajar. Google memperhatikan pemakaian kata kunci yang demikian. Melakukan tindakan seperti itu dapat membuat peringkat situs anda terpuruk.

Gunakan “post-slugs” (permalink) yang informatif.

Permalink adalah bagian akhir dari tautan tulisan anda. Permalink di WordPress.com, dapat di ubah sebagaimana anda inginkan –  tidak perlu sama dengan judul tulisan anda, namun sebaiknya mirip. Gunakan permalink singkat yang langsung mendeskripsikan isi inti tulisan anda. Contohnya, sebuah tulisan di Daily Post yang diberi judul “Quick Tip: Highlight Comment Conversation with a Widget”. Itu adalah judul yang panjang. Jika tulisan itu ditampilkan lewat browser, hanya akan ditemukan permalink singkat berupa tulisan “comments-widget” pada kolom alamat browser anda. Walau begitu, tetap menjelaskan apa yang menjadi isi inti dari tulisan. Google menyukai tipe permalink seperti itu.

Tambahkan tag yang secara tepat menjelaskan isi tulisan.

Banyak users berpendapat sangat penting untuk SEO dengan menyertakan sebanyak mungkin kategori dan tags dalam sebuah tulisan. Kenyataan sebenarnya adalah berkebalikan. Google tidak berpedoman pada kategori dan tag untuk mengindeks konten anda, seperti dijelaskan oleh Google Matt Cutts disini. Begitu juga di WordPress.com, jika anda menambahkan terlalu banyak kategori dan tag – tulisan anda akan disingkirkan dari halaman Reader Topic, yang merupakan cara untuk menarik pembaca / pengunjung baru dan membangun traffic blog anda dengan fantastis. Lebih baik gunakan sedikit kategori dan tag – yang menjelaskan secara tepat isi dari tulisan. Sama halnya dengan penggunaan kata kunci, anda bisa bertanya pada diri sendiri saat hendak mencari sebuah informasi, model tag seperti apa yang paling sering anda klik?

Gunakan cara pintar dalam membangun traffic situs anda.

SEO dan traffic adalah dua hal saling bahu membahu. Semakin banyak orang mengunjungi blog anda, semakin tinggi peringkat situs anda di halaman hasil pencarian. Untungnya, WordPress.com adalah sebuah komunitas gabungan dari beberapa blogging-platform (nara-sumber), sehingga kami memiliki banyak cara untuk anda dalam memperluas jaringan pembaca. Kami telah banyak berkomunikasi dengan mereka di The Daily Post. Jika anda turut berpartisipasi dalam membuat tulisan dan tantangan nge-blog, maka anda telah melakukan tindakan yang benar. Alternatif terbaik lainnya dalam membangun traffic adalah membaca blog lain sejenis dengan milik anda dan tinggalkan komentar yang menarik disana. Anda dapat juga menggunakan fitur seperti Publicize untuk memberitahukan tulisan terbaru anda pada beberapa “social-media” berbeda. Jika anda membutuhkan ide lebih banyak untuk membangun traffic, kunjungi bagian Get Connected dari revisi terbaru dari Learn WordPress.com.

Hindari tipuan-tipuan SEO, seperti memainkan penggunaan kata kunci atau membeli tautan dari situs berbeda.

Terdapat banyak sekali saran SEO yang buruk di luar sana. Walaupun bisa memberikan lonjakan pergerakan traffic di blog anda, sifatnya hanya sesaat. Kebanyakan tidak dapat digunakan untuk jangka panjang. Google sangat tidak menghargai tipuan SEO. Google menginginkan sebanyak mungkin orang menggunakan mesin pencarinya sama sebagaimana anda menginginkan sebanyak mungkin orang mengunjungi situs anda. Karena tujuan utamanya adalah menyajikan hasil terbaik di setiap permintaan pencarian. Semakin banyak taktik digunakan para blogger menipu Google guna meningkatkan peringkat situs yang sebenarnya tidak pantas mereka dapatkan, semakin rapat Google membuat saringan untuk menangkapnya.

Dan terakhir…. membuat tulisan!

Satu-satunya cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan SEO blog anda adalah membuat tulisan secara teratur. Jika tipe situs anda terdiri dari lebih banyak halaman (static-content / pages), sertakan / tambahkan juga bagian “Blog” atau “News” (berita) didalamnya supaya anda dapat secara teratur melakukan update. Dengan demikian, Google akan melihat adanya aktivitas di situs anda. Semua strategi SEO di muka bumi ini tak ada yang dapat menolong jika anda tidak pernah menambahkan konten di blog, jadi segera-lah membuat tulisan!

Semoga, pembahasan ini bisa memuaskan rasa penasaran yang ada pada anda mengenai SEO. Semua itu hanyalah hal biasa dan umum. Jika anda hendak mengetahui lebih banyak sisi tehnik dari SEO, kunjungilah Google SEO guideGoogle juga memiliki blog resmi yang dapat anda browse guna mendapatkan semua informasi tentang SEO untuk anda ketahui. Terakhir, anda bisa menggunakan webmaster tools pada situs WordPress.com anda untuk mendapatkan informasi tambahan tentang bagaimana gambaran sebenarnya situs anda masuk dalam indeks mesin pencari.

Iklan