Semua tentang SEO di WordPress.com

****
Artikel ini adalah terjemahan dari artikel All About SEO on WordPress.com. Sangat banyak hal yang diceritakan dan sekiranya perlu diperhatikan bagi para blogger pemula dalam membangun blognya di WordPress.com. Artikel ini sangat berguna untuk dapat memahami perilaku Search Engine (Google, Bing, Yahoo dll.) dan bagaimana mengoptimalkannya (SEO). Ada beberapa bagian dari artikel asli (seperti gambar) tidak saya ikut sertakan disini. Namun anda dapat mengunjungi link di atas untuk melihatnya sendiri.

Thanks a lot to Elizabeth for this awesome writing…
****

Di WordPress.com, kami mendapatkan banyak pertanyaan tentang SEO, dan hal itu tidaklah mengherankan – anda tentu menginkan kerja keras yang telah dilakukan selama ini pada situs anda dapat terlihat / tampil ke permukaan! SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Beberapa rekomendasi tentang SEO bertujuan untuk membantu meningkatkan peringkat situs anda ke tingkat dan posisi lebih tinggi dan nyata di mesin pencari, seperti Google. Misalnya, anda menulis blog tentang perahu layar. Ketika seseorang meng-google tentang “perahu layar”, berapa banyak halaman yang harus di-gulir (scrolling) sebelum akhirnya mereka melihat tautan (link) blog milik anda? Tujuan dibalik untuk bergabung dengan SEO yang baik adalah guna meningkatkan peringkat SERP (Search Engine Results Page) situs anda .

Idealnya, anda pasti menginginkan tautan milik anda berada di halaman pertama hasil pencarian. Cara terbaik untuk mendapatkan hal tersebut adalah:

konsisten mempublikasikan posting yang bermanfaat dan asli (original) tentang perahu layar, juga
mempromosikan blog anda dengan cara cerdas bagi pihak yang mencari informasi tentang topik anda .

Semakin banyak lalu lintas blog anda menerima permintaan pencarian yang berhubungan perahu layar, semakin tinggi posisi peringkat blog anda pada hasil pencarian di Google. Hal yang mudah dipahami, bukan? Namun, seandainya mencari di internet, anda akan menemukan saran yang sulit dipahami tentang bagaimana cara meningkatkan peringkat SERP blog anda. Beberapa saran diantaranya, hanya akan tambah merepotkan saja, bahkan beberapa lainnya benar-benar dapat membuat anda berakhir dengan kekecewaan terhadap Google.

Mitos umum tentang SEO

Mitos : Saya membutuhkan plugin untuk SEO.

Fakta : WordPress.com memiliki SEO berkualitas di luar sana – dan anda tidak perlu melakukan tindakan apapun untuk itu. Bahkan, WordPress membereskan 80-90 persen pekerjaan memaksimalkan mekanisme SEO untuk anda (para blogger), itulah yang disampaikan oleh Matt Cutts, kepala tim spam-web Google. Semua tema yang ada, kami optimalkan untuk search engine. Berarti, semua itu dirancang untuk memudahkan Googlebot (dan mesin pencari lainnya) agar dapat menjelajah masuk kedalamnya dan menemukan semua konten yang ada.

Mitos : Saya harus secara teratur mengirimkan Peta Situs (Sitemap) ke Google supaya Google tahu bahwa saya memiliki kebiasaan teratur dalam nge-blog..

Fakta : Setiap blog WordPress.com memiliki Sitemap XML. Untuk melihat peta situs anda, cukup dengan mengetik namabloganda.wordpress.com/sitemap.xml di address bar browser anda. Apa yang anda lihat hanyalah berupa kode (bahasa mesin), dan tidak mudah untuk kita membacanya. Namun untuk Googlebot, kode tersebut adalah panduan terbaik yang menyampaikan “berita hangat terbaru” di situs anda. WordPress.com juga secara otomatis mengirimkan pemberitahuan ke Google setiap kali anda mempublikasikan atau memperbarui posting atau halaman. Hal ini mirip dengan bagaimana pelanggan (subscribers) anda mendapatkan update melalui email. Setiap kali memposting, anda berteriak ke Google , “Hei! Perhatikan ini.”.

Mitos : Semakin banyak tag dan kategori saya gunakan untuk posting, semakin baik efeknya terhadap Google .

Fakta : Menggunakan sederetan tag dan kategori yang tidak ada hubungannya dengan posting anda, tidak akan menjadikan situs anda semakin mudah ditemukan. Sebenarnya, Google tidak bergantung pada tag atau kategori – hal itu dapat dilihat dari isi posting anda (dan memang sudah seharusnya), seperti apa yang dijelaskan oleh Matt Cutts di sini. Ditambah lagi, setiap posting apa pun di WordPress.com yang mengandung terlalu banyak kategori dan tag akan dikeluarkan dari halaman Topik Reader. Cara terbaik adalah cukup hanya menggunakan beberapa kategori dan tag saja yang dipilih dengan cermat untuk setiap posting – itulah hal paling relevan mengenai bentuk sebuah posting. Hindari juga tag dengan pengertian terlalu luas : “perahu bersayap (catamaran)” adalah tag berperingkat lebih baik daripada sekedar “perahu (sailboat)”.

Mitos : Membuat beberapa situs identik tentang perahu layar dan membuat sering menggunakan terminologi perahu layar yang terkait dalam posting saya akan membantu saya mendapatkan banyak lalu lintas mengenai perahu layar.

Fakta : Google akan mengerutkan duplikasi konten, dan jika anda memiliki beberapa situs identik akan mengakibatkan peringkat hasil pencarian blog anda menderita karenanya. Ide terbaik adalah menggunakan kata kunci yang akurat dalam sebuah posting dan judul-posting anda. Tindakan terlalu berlebihan dalam hal “pengisian kata kunci” akan merusak peringkat SERP. Upayakan untuk menulis sesuai dengan yang biasa terdengar di telinga manusia, bukan untuk mesin pencari.

SEO : DO and DON’T (lakukan dan hindari)

Lakukan :

  • Secara teratur mempublikasikan konten asli.
  • Gunakan kategori yang tepat dengan sedikit dan tag .
  • Menulis untuk telinga manusia .
  • Membangun lalu lintas blog dengan cara cerdas seperti umumnya
  • Pilih pengantar (slugs) yang sederhana dan bermakna
  • Buat penjelasan tagline yang baik .
  • Sertakan kata kunci yang selektif .

Hindari :

  • Memulai dengan situs contekan.
  • “Melengkapi” keberadaan situs anda dengan deretan kategori, tag, atau istilah-istilah yang tidak relevan.
  • Menulis dengan tujuan untuk dibaca mesin pencari.
  • Membeli atau menukar “backlink” yang tidak berguna
  • Membeli “traffic” ke SEO asal-asalan.
  • Kekhawatiran yang berlebihan tentang SEO sehingga mengorbankan isi konten yang baik!

Mitos : Salah satu cara efektif meningkatkan peringkat SERP blog saya adalah membeli atau bertukar link (kadang-kadang dikenal sebagai “backlink”) sebanyak mungkin dengan blogger lain, sehingga akan meningkatkan jumlah “traffic” ke blog saya .

Fakta : Jika blog anda bercerita tentang perahu layar, semakin banyak situs dengan fokus sama dan secara wajar membuat link blog anda sebagai sumber meyakinkan untuk memperoleh info tentang perahu layar, semakin baik hasilnya. Di sisi lain, Google tidak akan terkesan melihat banyaknya jumlah link ke blog perahu layar anda dari blog lain yang berbeda aliran, misalnya, pemasaran, keranjang, lipstik, elektronik, atau taktik SEO .

Cobalah untuk berpikir seperti ini : Google menginginkan sebanyak mungkin jumlah orang untuk menggunakan mesin pencarinya, sama juga dengan anda menginginkan sebanyak mungkin jumlah orang untuk mengunjungi website anda. Oleh sebab itu tujuan utama Google adalah memberikan hasil terbaik dari setiap tindakan pencarian yang telah dilakukan. Semakin banyak taktik para blogger menipu Google untuk memperoleh peringkat situs lebih tinggi dari yang mereka pantas dapatkan, semakin baik Google membuat algoritma mesin pencari-nya untuk menyaring perilaku buruk tersebut .

Mengambil contoh kasus backlink : pada April 2012, Google memperkenalkan sebuah algoritma kontroversial “Penguin” untuk meningkatkan penyaringan dari tindakan praktik buruk seperti itu, dan banyak blogger dengan backlink berlebihan mendapatkan peringkat SERP mereka turun secara drastis (anjlok). Makna dari cerita ini adalah keberadaan SEO abal-abal dapat meningkatkan peringkat situs anda untuk tujuan jangka pendek. Namun untuk tujuan jangka panjang, mereka tidak berguna.

Mitos : SEO memerlukan strategi dan mungkin ahli.

Fakta : SEO adalah sebagian besar akal sehat. Mungkin bagi organisasi besar perlu menggunakan tenaga ahli dibidang tersebut dalam membantu untuk mengarahkan SEO pada beberapa tujuan tertentu. Namun, bagi para blogger dan pemilik usaha kecil, segala sesuatunya dapat dikerjakan sendiri untuk memaksimalkan SEO. Google sangat transparan dalam membahas proses kerja SEO – mereka memiliki panduan terbaik untuk mempraktekan SEO, dan juga menceritakan dalam blog mereka setiap kali terjadi perubahan pada metode-metodenya.

Jadi, apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peringkat SERP anda? Ada beberapa langkah mudah yang dapat dikerjakan untuk memastikan konten anda benar telah terindeks .

Cara pintar untuk meningkatkan peringkat SERP

  • Pastikan posting kata pengantar (“slug”) bersifat singkat, mudah untuk dibaca dan secara akurat menggambarkan tentang apa yang anda ceritakan. Pada WordPress.com, “slug” adalah bagian terakhir dari judul posting, anda dapat mengeditnya menjadi apa pun sesuai yang diinginkan. Misalnya, slug “/membeli-perahu layar” lebih baik daripada “/bagaimana-cara-membeli-perahu layar-indah-murah-di-Craigslist” atau “/354”.
  • Buat sebuah tagline singkat di blog yang bisa menjelaskan tentang fokus isi situs anda. Sebagai contoh, sebuah tagline bermakna kuat untuk situs perahu layar kami bisa berupa “Di atas perahu layar, berlayar, dan para pelaut. Ahoy!”
  • Gunakan kata kunci spesifik yang dapat mengundang pembaca dengan kepentingan tersebut dapat menemukan situs anda. Jika anda sendiri sedang mencari informasi mengenai sesuatu hal, istilah pencarian apa yang mungkin anda coba? Pastikan untuk menggunakan istilah-istilah tersebut sekali atau dua kali dalam posting, sesuaikan dengan relevansinya. Jangan menggunakannya hingga lima puluh kali.
  • Pastikan untuk mempublikasikan posting baru atau memperbarui konten secara teratur, bahkan jika anda memiliki sebuah situs web pribadi. Di WordPress.com, sebagian besar situs dibuat dalam satu standar, tipe blog dengan format daftar kronologi post terbalik di halaman depan. Namun, banyak diantara anda menggunakan WordPress.com sebagai website dengan kecenderungan halaman statis. Tipe situs yang demikian tidak sering di-perbaharui sebagaimana layaknya tipe blog. Jadi jika anda memiliki sebuah situs, akan bermanfaat seandainya terdapat komponen blog di dalamnya agar dapat lebih sering diperbaharui. Letakkan tautan “halaman posting” di halaman terdepan situs, baik dengan menggunakan tab menu, atau pun menggunakan widget Recent Posts di bilah sisi halaman depan. Karena sebagian besar pengunjung baru, pertama kali cenderung meng-akses halaman depan. Memberikan link yang jelas ke posting terbaru akan membantu keberadaan dan aktivitas situs anda terlihat oleh Google..
  • Berfokus dengan cara cerdas untuk membangun “traffic”. Mencari blog lain bertopik sama (atau turut berbagi sudut pandang) dan tinggalkan komentar bersifat substantif. Gunakan fitur Publicize untuk mempromosikan blog anda ke lingkaran sosial media. Jika merasa lebih dari kebanyakan blogger pada umumnya, libatkan diri anda dalam komunitas WordPress.com dengan berpartisipasi dalam tantangan The Daily Post .

Terapkan tip-tip tersebut di atas, dan itu akan membuat blog anda berlayar tanpa halangan.

Jika anda sudah siap untuk menjadi sedikit lebih di depan, gunakanlah webmaster tools (yang disediakan oleh Google dan Bing) guna mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai cara pengunjung menemukan situs anda. Tindakan tersebut dapat membantu anda dalam memutuskan fokus topik untuk dipilih di masa waktu mendatang.

Pada akhirnya, harus diakui bahwa jauh lebih mudah dan tidak menyeramkan untuk bermain-main di lingkungan SEO daripada membuat diri sendiri duduk dan menulis, karena tidak ada satupun jalan pintas untuk mem-populer-kan sebuah situs. Cara paling nyata untuk meningkatkan peringkat situs anda adalah dengan teratur mempublikasikan artikel yang menarik, bersifat kreatif sehingga orang tertarik membacanya.

Iklan