Penyetelan dan perilaku bilah baling-baling

Tahap untuk mendapatkan kondisi putaran poros seimbang dari ketiga bilah dalam suasana relatif hening, harus dilakukan penyetelan terlebih dulu pada bagian hulu dari setiap bilah. Jangan memaksakan diri selama mengerjakan tahapan ini, karena proses penyetelan cukup memakan waktu dan konsentrasi. Termasuk keadaan sekitar yang tidak terlalu bising.

Semakin tinggi derajat kemiringan bidang bilah ketika sudah terpasang, semakin besar beban angin yang harus di-“kayuh” oleh mesin. Hal yang sama berlaku untuk luas bidang bilah baling-baling. Namun, kondisi paling menentukan adalah tingkat derajat kemiringan yang tinggi. Berapa pun luasnya bidang bilah baling-baling yang dibuat, tingginya derajat kemiringan bilah akan membuat beban udara yang harus di-kayuh oleh motor / mesin kipas semakin berat.

Kondisi ini dapat ber-efek terjadinya hentakan pada mesin kipas, baik saat awal kipas dinyalakan maupun seterusnya. Berapa besar dan lama terjadinya hentakan, tergantung sejauh mana kesempurnaan keseimbangan yang bisa dihasilkan dari baling-baling. Satu-satunya cara memperbaiki kondisi seperti ini adalah mengurangi derajat kemiringan bilah. Walau pun bisa, cara ini sulit dan membutuhkan waktu lama untuk dikerjakan.

Selama mengerjakan tindakan “penyetelan”, posisi terbaik dari bilah baling-baling yang pernah saya dapatkan, tetap menghasilkan dua-tiga kali hentakan mesin kipas saat pertama kali dinyalakan. Mungkin disebabkan berat beban awal mesin kipas menggerakkan ketiga bilah baling-baling secara bersamaan. Namun setelah proses hentakan di awal terlewati, kipas akan berputar sempurna sebagaimana mestinya.

Bilah dengan tingkat kemiringan yang tinggi, memiliki resiko suara dengungan yang lebih besar. Tidak peduli berapa besar luas bidang dari bilah baling-baling, tingkat kemiringan akan berefek pada tingkat kepekaan “kesenyapan” dalam menghasilkan suara dengungan. Demikian juga lekukan yang diakibatkan hasil pemotongan gunting seng. Lekukan tersebut akan mempersulit anda saat me-nyetel keseimbangan dan kesenyapan baling-baling.

Penyetelan bilah dengan bentuk / format bidang pendek dan lebar, jauh lebih sulit diatur tingkat keseimbangan dan kesenyapan-nya. Sangat berbeda dengan penyetelan bilah ber-bidang panjang dan ramping. Selain itu, format / bentuk tersebut memiliki bisa dibuat untuk memiliki fitur hembusan angin lebih bervariasi. Karena lebih banyak area bilah yang dapat dengan mudah di-tekuk / di-modifikasi untuk menghasilkan hembusan angin yang berbeda. Saya pernah melakukan penyetelan hingga mendapatkan format / bentuk bilah dengan hembusan secara merata di seluruh bagian ruangan (termasuk pergerakan udara saat berada tepat di bawah kipas).

Jika hendak melakukan tindakan (penekukan badan / ujung bilah) tersebut, hendaknya dikerjakan setelah penyetelan bilah baling-baling berhasil pada kondisi putaran poros seimbang dan cukup hening. Karena, menurut saya, harus diperoleh terlebih dulu posisi penyetelan dengan konfigurasi terbaik antara unit kipas dengan ketiga bilah baling-balingnya. Setelah kita mendapatkan gambaran dari kondisi tersebut, akan lebih mudah untuk menentukan model tekukan seperti apa yang tetap bisa menjaga keseimbangan poros kipas dengan kesenyapan terbaik ketika ketiga bilah baling-baling berputar.

Pengertian arti kata “tingkat kesenyapan” disini bukan berarti kipas berputar dalam kondisi “sama-sekali” tidak bersuara. Selain posisi kemiringan bilah untuk mengayuh udara, tinggi-rendahnya posisi ujung bilah terhadap poros kipas juga akan berefek pada keseimbangan dan keheningan kipas selama dioperasikan. Penyetelan bilah pada posisi tertentu (secara kemiringan dan tinggi-rendahnya ujung bilah terhadap poros kipas), dapat menghasilkan suasana (nyaris) hening walau baling-baling sedang berputar.

Konfigurasi terbaik dari penyetelan posisi bilah yang bisa saya dapatkan adalah suara dengungan dan desisan bilah baling-baling menebas udara masih bisa terdengar hingga jarak 3 meter dari kipas. Dan kondisi itu tidak selalu berlaku untuk semua model baling-baling yang ada.

Salam…

Next article : Memposisikan kipas angin dalam rumah.