Terkadang, kita membutuhkan panjangan-stop kontak (panjangan-kabel) guna mengoperasikan perangkat listrik / elektronik tertentu. Beberapa kondisi yang menjadi alasannya antara lain adalah kabel perangkat listrik / elektronik tidak cukup panjang untuk mencapai ke posisi stop kontak. Atau, memang tidak tersedia titik stop kontak pada tempat perangkat listrik / elektronik hendak dioperasikan. Kita mudah mendapatkan panjangan kabel di toko-toko atau toserba. Panjangan kabel, biasanya tergulung dalam sebuah pembungkus (rumah kabel) berbentuk lingkaran berdiameter 20 s/d 30 cm. Rumah kabel yang berbentuk demikian menjadikan banyak orang menyebutnya dengan istilah “gulungan kabel”.

Biasanya terdapat tungkai pada sisi lingkaran rumah kabel untuk menarik uraian kabel kembali masuk kembali tergulung ke rumahnya. Sehingga kita tidak perlu repot untuk merapikan uraian kabel setelah selesai dipakai. Namun ada juga panjangan kabel dijual tanpa rumah kabel dan kita harus menggulungnya secara manual.

Fungsi keberadaan panjangan kabel di rumah

Panjangan kabel (cable extension), secara fungsinya cenderung digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemakaian daya / arus listrik di satu tempat dan bersifat sementara / tidak permanen. Setelah kondisi kebutuhan arus listrik dapat terpenuhi secara permanen, panjangan kabel dibenahi dan dirapikan kembali untuk pemakaian di lain waktu.

Dengan kata lain, panjangan kabel dapat disebut sebagai untaian kabel yang memang sengaja dicadangkan saat sewaktu-waktu arus listrik dibutuhkan secara mendadak di satu tempat.

Keberadaan panjangan kabel di sebuah rumah, menurut saya, memiliki peran cukup penting. Tidak semua ruangan di dalam rumah dapat memiliki akses arus listrik via stop kontak secara bebas, seperti kamar mandi atau gudang. Keberadaan stop kontak di ruangan seperti itu, memang sengaja dihindari untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Panjangan kabel akan terasa manfaatnya ketika hendak mengoperasikan perangkat listrik / elektronik yang membutuhkan sumber arus listrik dari stopkontak di ruangan-ruangan demikian untuk sementara waktu saja.

Ada juga kondisi-kondisi lain yang membutuhkan keberadaan panjangan kabel, namun inti fungsi panjangan kabel adalah sebagai sarana memindahkan arus listrik ke tempat dimana keberadaan stop kontak tidak ditemukan.

Selanjutnya : Standar spesifikasi kabel untuk panjangan kabel ⇒