Apa itu RADAR?

Kata RADAR yang digunakan dalam beberapa artikel tentang tangki air di blog ini, mengacu pada sebuah perangkat listrik yang di pasang di tangki air.

Pemahaman singkat fungsi RADAR

Cara pasang RADAR tangki air / Toren Sejatinya, kata RADAR merupakan nama merk / brand sebuah perangkat elektronik yang dijual dalam kemasan berisi sepasang pemberat, sebuah saklar dilengkapi tali dan sebuah penyangga (bracket) saklar tersebut.

Fungsi RADAR itu sendiri sama dengan saklar lampu. Bedanya, kalau pada saklar lampu, kita sendiri yang harus menyala-matikan switch.  Sedangkan pada saklar RADAR, menyala-matikan switch dikerjakan oleh kedua pemberatnya. Saklar RADAR bereaksi berdasarkan berat dari tali yang diikatkan ke kedua pemberat tersebut.
Pemahaman singkat fungsi RADAR

Konsep kerja dan kegunaan RADAR

Cara pasang RADAR tangki air / Toren Kalau ditaruh ke air tanpa terikat tali, 90% bagian dari kedua pemberat akan tenggelam. Sehingga, jika kondisi air dalam tangki penuh, keduanya seharusnya berada di permukaan air. Sedangkan, saat kondisi air dalam tangki surut, keduanya harus dalam posisi tergantung. Perbedaan berat yang dihasilkan dari kedua pemberat dari kedua kondisi permukaan tinggi air dalam tangki itulah, yang digunakan sebagai pemicu menyala-matikan saklar RADAR.

Cara pasang RADAR tangki air / Toren Secara default, ketika kedua pemberat mengambang di permukaan air, akan memicu saklar RADAR menjadi OFF. Sedangkan ketika kedua pemberat menggantung di atas permukaan air, akan memicu saklar RADAR menjadi ON. Seandainya saklar RADAR di sambungkan dengan kabel listrik pompa pengisi air ke tangki, maka pompa akan mati saat kedua pemberat mengambang dan kembali menyala ketika kedua pemberat menggantung.

Sederhana, bukan?

Default kondisi saklar RADAR yang demikian, saya namakan dengan istilah RADAR Pengisi (air). Dimana pemasangan kabel pada saklarnya sesuai posisi yang ditunjukkan panah berwarna biru (bagian yang ditandai dengan kode A1 dan A2) seperti gambar di bawah.

Cara pasang RADAR tangki air / Toren Namun begitu, kondisi default tersebut bisa diubah, yang sebelumnya bertindak mengisi air menjadi menguras air. Saya menamakannya RADAR Penguras (air).

Untuk membuatnya berfungsi sebagai RADAR Penguras, cukup dengan memindahkan letak pemasangan kabel yang semula di tempat panah berwarna biru ke tempat panah berwarna merah (bagian yang ditandai dengan kode B1 dan B2) seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Pada kondisi sebagai penguras air, saklar RADAR akan menyalakan pompa ketika kedua pemberatnya mengambang di permukaan air dan akan mati saat kedua pemberat menggantung di atas permukaan air.

Kedua fitur saklar RADAR tersebut bisa digunakan pada pompa untuk memindahkan air dari satu tangki ke tangki lainnya. Terutama pada kondisi dimana masing-masing tangki diletakkan di tempat dengan ketinggian berbeda.

Cara pasang RADAR tangki air / Toren Jadi, definisi kata RADAR disini bisa disebut sebagai sebuah merk dari produk saklar untuk menyala-matikan pompa secara otomatis berdasarkan posisi ketinggian tertentu dari permukaan air dalam sebuah wadah / tempat.

Mungkin, ada produk saklar seperti itu yang bukan ber-merk RADAR, saya belum mendapatkan informasi lebih jauh tentang itu. Hanya saja untuk saat ini, RADAR lebih mendominasi pasar dibanding merk lain. Entah apa alasannya, saya tidak tahu.
Konsep kerja dan kegunaan RADAR

Perbedaan dalam Penerapan

Pada manual pemasangan yang disertakan dalam boks kemasan produk RADAR, dikatakan bahwa saklar akan bereaksi saat posisi ketinggian air berada di bagian tengah pemberat. Baik ketika RADAR difungsikan sebagai pengisi maupun penguras. Tetapi, dari yang saya pernah coba, posisi permukaan air harus lebih di atas atau lebih di bawah batas standar posisi tengah yang disebutkan di manual pemasangan perangkat.

Saya tidak mengetahui pasti apakah kondisi ini hanya berlaku pada produk yang saya beli saja atau semua produk RADAR. Oleh sebab itu gambar ilustrasi yang di buat di atas mengikuti apa yang pernah saya alami. Bukan sebagaimana yang tertera pada manual pemasangan.

Dua pemilik rumah berbeda yang menggunakan RADAR, menyampaikan kepada saya bahwa saklar RADAR tidak berfungsi untuk menyalakan pompa di rumah mereka sebagaimana semestinya. Kadang menyala, kadang tidak. Saya tidak melihat kondisi pemasangan secara langsung. Dugaan saya, ada tiga kemungkinan yang menjadi penyebabnya, yaitu :

  • ketidaksesuaian posisi pemberat.
  • kandungan mineral garam dalam air yang cukup tinggi.
  • kedua kemungkinan di atas berada dalam satu kondisi.

Namun, sekali lagi, itu hanyalah dugaan. Ketika saya berkunjung ke TKP, mereka sudah menggantinya dengan pelampung analog. Sehingga sulit untuk memastikan kebenaran dari ketiga dugaan tersebut.
Perbedaan dalam Penerapan

Teknik pemasangan Kabel

Teknik cara pemasangan kabel dari RADAR ke pompa air adalah sama dengan teknik pemasangan kabel untuk saklar tunggal. Anda dapat melihatnya di artikel Memasang “Dua” Tangki Air di Rumah .
Teknik pemasangan Kabel
Semoga bermanfaat!

Iklan