Mengerjakan Sendiri Instalasi Kabel Baru?

halaman 2 dari 2

Mengaktifkan instalasi baru pertama kali

Setelah semua persiapan telah dikerjakan, matikan MCB pada meteran dan anda tinggal melakukan “switch” (penggantian) kabel lama ke kabel baru, mulai dari titik lampu, saklar lampu dan stop kontak yang telah menjadi target. Setelah semua selesai, tindakan terakhir adalah mengerjakan switch kabel lama dengan yang baru pada setiap unit MCB di box MCB. Setelah penggantian kabel di bagian box MCB selesai dikerjakan, kembali nyalakan MCB pada meteran. Jika semua itu dikerjakan mengikuti susunan warna pembungkus kawat dari kabel lama, saya rasa tidak akan ada masalah.

Selanjutnya, tinggal mengerjakan penggantian sisa jalur stop kontak dan saklar lampu yang belum tergantikan (masih tersambung dengan jalur kabel lama).

Menggunakan cara seperti ini, yang terpenting adalah pada saat men-“switch” instalasi kabel lama ke kabel baru. Usahakan sebelum pekerjaan “melepas kabel lama lalu menggantikannya dengan kabel baru” di setiap titik stop kontak, saklar dan titik lampu; semua yang dibutuhkan dipersiapkan dengan matang. Baik cara pemasangan, peralatan dan apa pun yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut agar bisa berjalan semudah dan sesingkat mungkin serta tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari penghuni rumah lainnya. Tidak perlu terburu-buru atau memaksakan seluruh titik stop kontak / saklar lampu baru harus tersambung pada hari yang sama. Utamakan setiap ruangan / area ada satu saklar + titik lampu dan stop kontak yang bisa digunakan seandainya dibutuhkan.

Setelah semua sisa pekerjaan diselesaikan, anda dapat melucuti kabel lama setahap demi setahap atau langsung sekaligus semua. Berhati-hati saat melucuti kabel lama, jangan sampai tertukar dengan kabel baru.

Berapa lama?

Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mempersiapkan dan mengerjakan instalasi kabel baru di rumah saya? Hampir 6 bulan! Selain baru pertama kali mengerjakan, saya tidak memiliki pengetahuan yang memadai mengenai listrik. Semua persiapan cenderung didasarkan pada sisi logika daripada teknik. Setiap (saat) mendapat keraguan atas satu sambungan kabel, saya mengambil foto kondisi yang ada menggunakan handphone. Lalu meninggalkan pekerjaan dan mempelajari kondisi yang tergambar di foto hingga mengerti situasi seperti apa yang sedang dan akan saya hadapi. Instalasi kabel yang diterangkan di atas, ditujukan untuk tipe rumah satu lantai beratapkan genteng (450VA s/d 2200VA). Diluar kondisi itu, saya tidak pernah mengerjakan maupun mengetahuinya.

Membenahi instalasi kabel dengan cara mencicil seperti di atas, sudah pasti memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Tapi, kita dapat bernegosiasi dengan anggaran keuangan yang kita miliki. Anda pun dapat mengerjakan ruang demi ruang, tidak perlu sekaligus seluruh rumah. Tidak perlu ragu untuk mematikan MCB pada meteran listrik jika anda merasa was-was dan khawatir saat hendak mengerjakan instalasi kabel. Tindakan ini membawa efek psikologis pada diri untuk merasa nyaman selama bekerja dan cenderung membawa hasil yang lebih baik.

Selamat mencoba !

Artikel terkait

 

%d bloggers like this: