halaman 5 dari 5

Sejauh mana diperlukan?

Teknik pembagian pencahayaan seperti yang telah dijelaskan diatas bukan merupakan sesuatu yang mutlak. Anda dapat memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan sebagaimana yang diinginkan. Pada intinya, baik menggunakan downlight atau tidak, teknik memecah fokus pencahayaan merupakan alternatif yang cukup mudah direalisasikan secara awam untuk mengefisiensikan pemakaian energi listrik lampu dalam sebuah ruangan.

Jika Anda hendak menerapkan salah satu dari kedua metode memecah fokus pencahayaan di atas dalam rumah yang sebelumnya sudah memiliki instalasi pencahayaan, ada hal tambahan yang perlu diperhitungkan, yaitu posisi peletakkan saklar lampu. Perangkat “timer” otomatis yang terpasang untuk pangaturan nyala-padam instalasi lampu downlight di rumah saya, selain berfungsi menambah efisiensi pemakaian daya, merupakan cara alternatif menghindari kekacauan pemasangan saklar lampu manual di dinding.

Memang dibutuhkan satu perencanaan yang benar-benar matang untuk mewujudkan kondisi efisiensi pemakaian daya sehari-hari pada lampu penerangan. Hasil yang saya peroleh dari semua perencanaan dan usaha untuk mengefisiensikan pemakaian listrik lampu penerangan di rumah, benar-benar terasa dampaknya pada efisiensi biaya penggantian unit lampu. Dari 13 lampu dipakai setiap hari di rumah, hanya 3 lampu yang mengalami peremajaan setiap 3 tahun sekali.

Sedangkan pada biaya pemakaian listrik bulanan, tindakan mengefisiensikan pemakaian listrik lampu penerangan di rumah ini, tidaklah berdampak signifikan. Terlalu kecil untuk dibandingkan dengan jumlah biaya membuat realisasi teknik memecah fokus pencahayaan yang telah saya jabarkan diatas. Efeknya baru terlihat dan terasa setelah beberapa waktu ke depan, yaitu setelah masa penyesuaian telah dapat diterima dengan wajar.

Begitu masa penyesuaian terlewati, anda tidak akan terlalu mengkhawatirkan perubahan kenaikan tarif listrik. Karena, besar pemakaian listrik hanya akan terfokus pada pemakaian daya yang berhubungan dengan hiburan saja (mis. televisi atau multimedia entertainment).

Semoga bermanfaat…! 🙂