halaman 4 dari 5

Mengganti saklar lampu dengan timer

Saat ini, saklar-saklar lampu downlight yang saya gunakan telah digantikan dengan menggunakan “weekly digital timer” (timer digital mingguan). Jalur kabel listrik dari lampu-lampu dari beberapa ruangan, digabungkan sebagaimana masing-masing kategorinya. Untuk setiap gabungan jalur kabel tersebut, disambungkan pada satu timer terpisah. Tujuannya agar lampu dapat nyala-mati bersamaan secara otomatis, sebagaimana yang saya bahas pada artikel “Membagi penerangan dalam Rumah“. Tindakan ini membutuhkan waktu dan biaya yang relatif cukup besar. Namun, sepadan dengan hasil yang diperoleh.

Khusus pada area tempat melakukan aktivitas baca / tulis, saya melengkapinya dengan satu lampu meja yang memiliki tangkai leher cukup panjang. Perangkat ini sangat nyaman untuk digunakan (khususnya malam hari) dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.

Memecah fokus satu sumber cahaya

Ada cara lain yang lebih sederhana dan cukup efektif untuk mengefisiensi pemakaian daya lampu penerangan dalam rumah tanpa menggunakan rumah lampu downlight. Konsepnya sama yaitu memecah sumber penerangan pada beberapa tempat dalam satu ruangan. Namun, jarak antar lampu diletakkan pada posisi relatif lebih dekat, sehingga terasa seolah-olah terpusat pada satu area saja. Cara ini efektif untuk mengatasi penerangan pada ruangan yang tidak terlalu besar (mis. kamar tidur / ruang keluarga).

Berapa banyak jumlah lampu yang dibutuhkan dalam sebuah ruangan dengan menggunakan metode ini?

Asumsikan tinggi ruang dalam satu rumah pada umumnya adalah 2,8 meter hingga 3 meter. Kamar / ruangan berukuran maksimal 4 x 4 meter dapat diakomodasi dengan baik pencahayaannya menggunakan 2 unit lampu LED @10Watt. Tindakan yang saya akan lakukan untuk memodifikasi pencahayaan di area seperti ini adalah memindahkan satu unit rumah lampu ke tengah ruangan. Kemudian membuat tambahan unit rumah lampu di sekelilingnya sebanyak 4 unit. Posisi masing-masing rumah lampu mengarah ke sudut ruangan. Jarak antara ke 4 rumah lampu dengan rumah lampu di tengah maksimal 1 meter. Jadi total rumah lampu dalam ruangan tersebut menjadi 5 unit. Lalu, dengan menggunakan saklar lampu ganda, satu saklar terhubung dan berfungsi menyalakan hanya untuk rumah lampu di bagian tengah saja. Sedangkan saklar lainnya terhubung dan berfungsi untuk menyalakan ke empat rumah lampu yang mengelilinginya.

Berapa daya lampu yang dibutuhkan untuk di posisi tengah dan disekelilingnya? Menggunakan lampu LED @8Watt pada semua rumah lampu akan membuat suasana ruangan menjadi “terang” hingga ke sudut ruangan. Saat keempat lampu dimatikan, akan diperoleh pencahayaan “cukup terang” dari lampu di posisi tengah, yang menurut saya, sudah cukup untuk mengakomodasi aktivitas bersantai dalam ruangan tersebut. Menggunakan metode ini, penggantian lampu akan sering terjadi pada lampu yang terletak di tengah saja.

Pengembangan skema jalur kawat untuk lampu penerangan

Pemikiran awal untuk mengefisiensikan pemakaian listrik lampu penerangan adalah menggantikan keberadaan neon TL. Pada prakteknya, menurut saya, cahaya yang dihasilkan lampu neon TL adalah yang paling ideal dibandingkan tipe lampu lainnya. Baik unit berbentuk “batang” mau pun “bulat”, neon TL berdaya 36 Watt sangat baik untuk mengakomodasi kebutuhan aktivitas membaca dalam ruangan 3 x 3 m persegi.

Persoalannya, saat aktivitas membaca sudah tidak diperlukan lagi, konsumsi listrik neon akan tetap sebesar 36 Watt. Padahal, aktivitas yang berlangsung dalam sebuah ruangan tidak selalu harus di isi dengan membaca. Itulah salah satu alasan mengapa diperlukan sebuah metode yang bisa mengatur tinggi-rendah nya intensitas cahaya lampu dalam ruangan.

Di bawah ini, saya membuat sebuah gambar dasar skema pengganti neon TL menggunakan tiga buah lampu LED yang dilengkapi saklar ganda :

Skema ini dapat di modifikasi sedemikian rupa untuk menggantikan fungsi beberapa neon TL dengan lampu LED dalam sebuah ruangan. Saat kebutuhan suasana “terang” sudah tidak diperlukan lagi, beberapa unit lampu LED dapat dipadamkan untuk mendapatkan suasana ruangan “cukup terang” seperti dua gambar di bawah ini :

Gambar : Sambungan Antar Kabel versi gabungan Serial + Pararel untuk Pemasangan 6 unit Lampu Penerangan

Saya selalu membuat satu jalur kabel terpisah menjulur ke bagian tengah ruangan yang dilengkapi satu (bisa juga beberapa) unit lampu LED berdaya kecil guna mengakomodasi suasana “cukup terang”. Kemudian, pada jalur kabel lainnya dipasang beberapa lampu berdaya lebih besar dengan posisi mengelilingi satu lampu tadi. Tanpa downlight, umumnya, saya menggunakan lampu pada bagian tengah berdaya 8 Watt dan @10 Watt di bagian pinggir. Jarak antara lampu tengah ke masing-masing sisi maksimum 1,5 meter. Sedangkan jika menggunakan rumah lampu downlight, jarak antara masing-masing lampu dapat diperpanjang hingga maksimum 2,5 meter.

Anda dapat mengubah posisi-posisi tersebut sebagaimana kebutuhan penerangan yang anda inginkan. Parameternya, suasana “terang” dapat diatur sebagaimana fungsi ruangan atau disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Selanjutnya : Sejauh mana diperlukan? ⇒