halaman 2 dari 5

Cahaya dan rumah lampu downlight

Rumah lampu downlight, atau biasa disebut downlight saja, adalah sebuah perangkat yang dibuat menggunakan konsep memanfaatkan karakteristik dari cermin. Teknik pencahayaan yang dimiliki oleh downlight dapat dikatakan sangat sederhana, yaitu hanya membelokkan sebaran cahaya disekeliling lampu yang sebelumnya mengarah ke samping menjadi ke bagian bawah ruangan. Teknik ini akan menjadikan area bagian bawah ruangan terasa lebih terang meskipun menggunakan lampu yang sama.

Dalam hal ini, downlight bisa dikatakan sebagai perangkat yang memodifikasi output cahaya lampu. Jadi, output cahaya lampu dijadikan sebagai input, dimodifikasi perilaku sebaran cahayanya, maka terbentuklah output cahaya baru dengan intensitas lebih tinggi. Sebuah konsep memaksimalkan cahaya lampu yang sederhana dan murah, dan sangat efektif dalam mengefisiensikan pemakaian daya.

Menurut saya, downlight merupakan kategori perangkat listrik “cukup” ideal untuk digunakan sebagai dasar dalam membentuk kondisi efektifitas pemakaian energi listrik pada lampu penerangan.

Kebutuhan cahaya dalam sebuah ruangan, pada dasarnya, hanya untuk menerangi area bagian tengah hingga bagian bawah (lantai) ruangan. Kebutuhan cahaya untuk menerangi area langit-langit ruangan, relatif tidak diperlukan. Karena, kita tidak hilir-mudik dan beraktivitas di area tersebut. Jika anda sependapat dengan saya tentang hal itu, saya sarankan untuk menggunakan downlight di rumah anda.

Fitur downlight

Downlight merupakan satu unit perangkat yang terdiri dari beberapa bagian. Tiga bagian utama yang harus ada di dalamnya adalah fitting lampu, rangka penampang (bracket) dan mangkuk cermin. Entah apa istilah resmi dari ketiga unit itu, saya belum mengetahui dengan pasti. Mangkuk cermin ini memegang peran terpenting dari keseluruhan unit untuk meningkatkan intensitas cahaya di bagian bawah ruangan. Fungsi mangkuk ini adalah memantulkan cahaya yang dihasilkan lampu. Semakin bening permukaan mangkuk tersebut, pantulan cahaya yang dihasilkan semakin mendekati tingkat intensitas lampu sebenarnya.

Fitur (mangkuk cermin) ini menjadikan pemakaian downlight sangat efektif untuk mengefisiensikan pemakaian listrik untuk penerangan dalam ruangan, karena tidak diperlukan tambahan apapun untuk meningkatkan intensitas cahaya lampu hingga area bagian bawah ruangan. Cukup hanya dengan satu unit rumah lampu saja.

Kerumitan memakai downlight adalah saat pemasangannya. Anda harus membuat lubang di langit-langit rumah sesuai ukuran diameter lingkaran downlight. Pekerjaan tersebut harus direncanakan dengan matang sebelum dikerjakan. Karena jika terjadi kesalahan (baik posisi maupun ukuran lubang), maka tidak dapat ditutup lagi.

Secara perawatan, downlight tidak memerlukan biaya yang besar. Kita hanya perlu membersihkan mangkuk cermin secara berkala agar permukaan mangkuk tetap terjaga kejernihannya untuk memantulkan cahaya lampu.

Jenis lampu yang dibutuhkan

Cukup banyak model Downlight yang beredar saat ini. Ada model dimana lampu sudah terintegrasi dengan rumah lampunya (cangkang), ada juga model yang terpisah. Saya cenderung menggunakan downlight model lama, yaitu lampu dengan cangkang terpisah sebagaimana model yang terlihat pada foto di artikel ini.

Menggunakan downlight dengan cangkang terpisah dari lampu, tidak mengharuskan untuk kita menggunakan jenis lampu tertentu. Jenis lampu apa pun (selama memiliki ulir fitting bohlam/tipe E27) akan berdampak sama tanpa terkecuali. Pemilihan jenis lampu yang hendak diisikan dapat disesuaikan dengan selera dan “budget” kita sebagai pemilik rumah.

Untuk pemilihan warna cahaya lampu, saya menyukai lampu LED 5 Watt berwarna kuning (white warm). Selain memberikan suasana “hangat”, intensitas cahaya per lampu tidaklah terlalu terang. Suasana ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi saya saat menjelang tengah malam. Keleluasaan bergerak untuk melakukan aktivitas ringan (seperti membuat kopi) di malam hari masih dapat dikerjakan secara normal hanya dengan menggunakan nyala satu lampu saja.

Selanjutnya : Ukuran suasana terang…⇒