halaman 3 dari 4

Skema jalur kabel dalam box MCB

Di bawah ini adalah gambar skema jalur kabel keluaran meteran PLN masuk melalui 3 unit MCB yang terpasang dalam box MCB :

Pada gambar skema di atas, di asumsi-kan kondisi kabel keluaran PLN terdiri dari 3 kawat (arde, positif dan negatif). Arus aktif (kawat hitam), dimasukkan ke dalam unit MCB #1, kemudian dihubungkan secara pararel ke dua unit MCB lain-nya dengan menggunakan potongan kawat tembaga berukuran sama.

Seandainya kabel keluaran meteran PLN hanya terdiri dari 2 kawat (satu phase dua kawat) saja, maka harus dibuat grounding terpisah / tersendiri untuk mengakomodir kelebihan aliran listrik yang terdapat dalam kawat arde. Ilustrasi-nya seperti gambar skema di bawah ini :

Kawat arde pada gambar skema di atas, terhubung (di-lilit-kan) pada “paku” yang sengaja harus kita tancapkan sendiri pada dinding / tembok rumah. Kondisi tersebut perlu dikerjakan dengan tujuan menyalurkan kelebihan arus listrik yang beredar di permukaan casing perangkat elektronik seperti CPU atau lemari es / kulkas.

Kelupas-kan bagian pembungkus kawat yang hendak dililitkan pada paku. Media paku tersebut dapat diganti dengan potongan plat besi atau tembaga. Namun tetap harus dalam kondisi tertanam di dinding / tembok rumah.

MCB induk dan MCB anak

Gambar berikut ini adalah skema jalur pemasangan kawat dalam box MCB dengan 1 (satu) unit MCB (MCB #0) sebagai pengendali (MCB induk) dari MCB #1, #2 dan #3 (MCB anak).

Cara ini, bisa digunakan seandainya dilakukan pemasangan stabilizer pada jalur kabel antara meteran PLN dengan box MCB. Besaran kapasitas unit MCB #0 ini, harus sama dengan kapasitas unit MCB di meteran PLN. Sedangkan tiga unit MCB lainnya, boleh berkapasitas sama atau lebih kecil dari MCB #0.

Dengan demikian, berapa pun total pemakaian daya dari ketiga unit MCB anak, akan selalu terbatasi oleh kapasitas MCB induk. Jadi, seandainya terjadi pemakaian daya di atas kapasitas listrik terpasang oleh salah satu MCB anak, maka MCB induk akan “trip” terlebih dulu sebelum berefek ke stabilizer.

Selanjutnya : Skema jalur kabel berdasarkan Line-In & Line-Out ⇒