Navigasi Artikel listrikdirumah[dot]com

Di setiap artikel di blog ini, hampir selalu ditemukan gambar ikon lampu gantung ber-topi. Kalau ukurannya diperbesar, seperti gambar yang terlihat di samping kiri. Letaknya di sisi kanan layar, di antara setiap akhir dan awal sub-topik. Terlihat seolah-olah menjadi pembatas antar sub-topik dalam satu artikel.

Awalnya, memang hanya ditujukan sebagai pembatas antar sub-topik. Kemudian, saya kembangkan supaya memiliki fungsi tambahan. Yaitu, sebagai “alamat” dari sub-topik artikel tempat ikon itu berada. Dengan demikian, meski gambar ikon nampak sama, alamat sub-topik artikel yang menempel menyertai setiap ikon, pasti berbeda antara satu dengan lainnya.

Tujuan saya membuat seperti itu adalah agar lebih mudah menemukan bagian sub-topik artikel yang terakhir dibaca.

Dengan demikian, jika saya hendak berhenti membaca dan berniat melanjutkannya di lain waktu, tap / klik ikon lampu gantung yang terlihat disisi kanan layar, kemudian simpan ke dalam daftar bookmark pada browser. Berikut ilustrasi langkah-langkahnya dengan menggunakan browser Firefox :

Navigasi Artikel

Navigasi Artikel

Umumnya, tidak ada perbedaan tanda / gambar yang mewakili menyimpan bookmark, yaitu dengan menggunakan gambar bintang. Tap / Klik gambar bintang tersebut, maka alamat artikel dan sub-topik yang terakhir dibaca, otomatis tersimpan dalam daftar.

Navigasi Artikel

Navigasi Artikel

Ketika kemudian di lain waktu saya hendak meneruskan membaca, cukup men-tap / klik browser Menu – Bookmarks. Lalu, tap / klik bookmark yang sebelumnya telah disimpan. Maka, di layar akan ditampilkan paragraf pertama dari sub-topik bacaan saat terakhir ditinggalkan. Kira-kira seperti yang diilustrasikan dalam gambar tersaji di bawah ini :

Navigasi Artikel

Navigasi Artikel

Navigasi Artikel

Navigasi Artikel

Kalau dianalogikan pada buku konvensional (mis. buku novel), alamat sub-topik (ikon lampu gantung ber-topi) me-representasi-kan “bab” (chapter). Sedangkan, bookmark-browser me-representasi-kan sepotong karton kertas kecil untuk disisipkan di awal bab yang terakhir kali dibaca.

Bagi saya sendiri, keberadaan alamat sub-topik tersebut sangat membantu mempermudah selama melakukan membaca saat memeriksa ulang (review) keseluruhan dari sebuah artikel. Terutama, untuk artikel-artikel yang ditulis panjang-lebar. Jika saat sedang me-review lalu bacaan harus diputus sementara di tengah jalan, cukup dengan mem-bookmark alamat sub-topik agar nantinya saya mudah untuk kembali ke posisi yang sama.

Selain itu, bookmark bisa digunakan untuk menandakan bagian dalam artikel yang kita anggap perlu untuk kemudian hari diingat. Begitu kemudian hari kita membutuhkannya, cukup tinggal men-tap / klik alamat yang telah tersimpan. Setelah tidak dibutuhkan, bisa dihapus dari daftar bookmark.

icon.top.par

Top Document

Selain ikon lampu gantung ber-topi yang terpasang di setiap sub-topik artikel, saya buat juga ikon lampu gantung ber-topi “ganda”. Ikon ini hanya ada di penghujung artikel saja. Gunanya untuk mempercepat kembali ke bagian paling atas / awal artikel (top document). Sederhana, namun penting untuk turut disertakan. Ketika aktivitas membaca dilakukan menggunakan smartphone dan kita berada di ujung bagian akhir artikel yang ditulis dengan panjang-lebar, akan terasa manfaat dari pemakaian ikon ber-topi “ganda” itu.

Kedua fitur tersebut sudah lama dibuat. Namun tidak langsung saya sosialisasikan, karena saat keduanya dibuat jumlah artikel yang saya tulis masih sedikit. Dalam situasi demikian, tidaklah sulit menemukan judul artikel yang terakhir kali di baca, ditinggalkan dan kembali di baca.

Setelah jumlah artikel bertambah semakin banyak disertai kian bertambahnya pengunjung listrikdirumah[dot]com yang menggunakan smartphone, saya melihat, tidak ada salahnya untuk men-sosialisasi-kan keberadaan dan cara pemakaian navigasi yang sudah terpasang di setiap artikel di blog ini.

Itulah garis besar tujuan keberadaan ikon lampu gantung ber-topi dan ber-topi ganda yang disisipkan di setiap artikel di blog ini. Perlu atau tidaknya fungsi navigasi di setiap artikel tersebut, hanya anda sendiri yang mengetahuinya.

Terlepas dari perilaku aktivitas membaca yang masing-masing kita miliki, saya melihat itu bisa membantu saat dibutuhkan. Dan, bisa juga diabaikan jika memang tidak diperlukan. Minimal, bisa menjadi acuan sementara bagi siapa pun di awal pertama kali mengunjungi dan menyusuri artikel-artikel di blog ini.

Semoga bermanfaat! ☺

icon.top.document

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s