Sebenarnya, garis besar tujuan yang direncanakan adalah bagaimana saya bisa melakukan aktivitas me-review tulisan-tulisan di blog listrikdirumah[dot]com dengan nyaman menggunakan tablet berukuran 8″.

Tema tampilan layar blog yang selama ini dipakai (Twenty Twelve Theme), tidak memiliki fitur untuk bisa otomatis beradaptasi dengan ukuran layar monitor tablet. Akibatnya, selalu terjadi ketidaksesuaian tampilan layar dan menyebabkan rasa tidak nyaman di setiap kali saya hendak melakukan review artikel dengan menggunakan tablet. Penyesuaian ukuran huruf menjadi sangat kecil dan sulit dibaca.

Hal itu menjadi satu kebalikan dari tujuan pemakaian tablet itu sendiri, dimana saya mengharapkan bisa beraktivitas me-review artikel dengan lebih nyaman dibanding menggunakan smartphone atau laptop.

Kalau cuma sekadar faktor huruf atau gambar yang ukurannya terlalu kecil, sudah dicoba mengerjakan cara alternatif untuk mengatasinya. Tapi, hasilnya jauh dari harapan dan sangat mengecewakan. Karena, permasalahan yang sebenarnya terletak pada kesesuaian penyajian tampilan antara ukuran huruf, gambar dan lebar layar monitor tablet. Bukan sekadar ukuran huruf atau gambar yang kekecilan.

Aktivitas merencanakan dan menyusun perubahan tampilan blog itulah yang menjadi fokus aktivitas nge-blog saya selama sebulan terakhir.

Penggantian tema blog ini (Independent Publisher 2 Theme) juga berdampak pada merancang ulang banner baru dan ikon baru. Nuansa warna blog yang sebelumnya hijau kulit telur bebek, kini berubah menjadi kuning-krem.

Banner :

 

 

Ikon :

 

 

Perubahan yang cukup signifikan dan drastis, namun saya menikmati setiap kesempatan dalam mengerjakan semua itu.

Hasilnya, seperti yang anda lihat saat ini.

Semoga tema tampilan layar yang sekarang, juga bisa menyajikan tampilan susunan kata dan kalimat yang lebih baik di layar monitor perangkat / gadget anda. Serta menambah kenyamanan bagi anda dalam melakukan aktivitas membaca artikel-artikel di blog ini.

Salam. ☺

5 tanggapan untuk “Sekelumit Cerita Mengubah Tampilan listrikdirumah[dot]com

  1. Seminggu belakangan ini saya lagi mau naikin blog speed dulu terutama versi mobile nya parah scorenya. Benar kata pak Omar untuk versi mobile ini trafiknya tinggi, saya sempat baca2 belakangan ini. Nanti klo blog speed sdh lumayan angka baru saya mau cari ilmu mengenai AMP hehe 😀 . Bbrp bulan lalu saya kira ada lagi yg kopas artikel2ku setelah pindahan ke self hosted, saat saya telusuri ternyata klo pembaca dari veris mobile link nya di akhiri cdn.ampproject.org makanya saya perlu utak atik lagi spy AMP blog bagus juga. Klo trafik anjlok krn saya ganti hiperlink blog pak, klo di wp.com pakai tgl, bln thn, lalu saya ganti jadi nama saja, jadi semua artikel di indeks ulang dari nol deh.

    Terima kasih ya sdh kasih penjelasan mendetail ke saya.

    Salam happy blogging 😉 .

  2. Setiap ada perubahan, pasti akan ada efeknya. Demikian juga halnya merubah tampilan akan memengaruhi daya jelajah blog di SERPs. Bila teknik SEO yang digunakan selama ini baik, pasti akan normal kembali dalam beberapa waktu kemudian, jadi perubahan di SERPs akibat mengganti tampilan sifatnya temporer.

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *