Berapa besar kapasitas listrik yang kita butuhkan di rumah?

Ada perbedaan pengertian antara kapasitas listrik terpasang dengan jumlah pemakaian listrik. Jumlah pemakaian listrik di sebuah rumah, tidak harus mencerminkan besar kapasitas listrik terpasang di rumah. Demikian juga sebaliknya.

Karena keduanya berhubungan erat dengan besaran daya yang dibutuhkan perangkat elektronik, seringkali kita keliru mengartikan perbedaan antara keduanya. Pembahasan tersendiri mengenai pemakaian daya telah banyak saya ceritakan di blog ini. Anda dapat membaca ulasannya di artikel Cara menghitung daya listrik pada Perangkat Elektronik.

Lalu, dimana perbedaan Pemakaian Daya dengan Kapasitas Listrik Terpasang?

Kapasitas Listrik Terpasang vs Pemakaian Daya

Kapasitas Listrik Terpasang, bisa diumpamakan sebagai satu hotel. Sedangkan, Pemakaian Daya (listrik) merupakan rombongan tamu yang datang menginap selama jangka waktu tertentu.

Misalnya, satu hotel memiliki daya tampung 1300 tamu untuk menginap.

Pagi hari, kedatangan rombongan wisatawan pertama berjumlah 350 orang yang hendak menginap selama 8 hari. Siangnya, rombongan wisatawan kedua berjumlah 500 orang datang menginap selama 3 hari, dan sorenya rombongan wisatawan ketiga berjumlah 600 orang menginap selama 5 hari.

Jumlah orang dari rombongan pertama dan kedua adalah 850 orang. Dengan demikian, sisa tempat untuk tamu menginap tinggal 450 orang.

Karena rombongan ketiga memiliki jumlah anggota sebanyak 600 orang, sedangkan tempat yang tersisa untuk tamu menginap hanya 450 orang, maka rombongan ini tidak dapat diterima menginap di hotel.

Jadi, untuk selanjutnya, hotel hanya bisa menerima rombongan tamu untuk menginap berjumlah maksimum 450 orang saja.

Kira-kira, seperti itulah analogi hubungan kapasitas listrik terpasang dengan pemakaian daya.

Kapasitas listrik terpasang hanya berfungsi menampung besar daya (jumlah orang) dari perangkat elektronik (rombongan) untuk menyala selama jangka waktu tertentu (lama waktu menginap). Berapa pun besar daya dari perangkat-perangkat elektronik yang hendak dinyalakan, tidak akan menambah atau mengurangi nilai dari kapasitas listrik terpasang.

Sedangkan pemakaian daya adalah besar daya (jumlah orang) dari perangkat elektronik (rombongan) yang bisa dinyalakan (menginap di hotel). Nilainya akan terus bertambah mengikuti lama waktu kondisi perangkat menyala (lama waktu menginap). Seandainya nilai daya perangkat elektronik sebesar 350 Watt dan menyala selama waktu 8 jam, maka pemakaian daya yang telah terjadi adalah sebesar 8 x 350 = 2.800 Watt.

Pemahaman Kapasitas Listrik Terpasang pada Umumnya

Kita sering mendengar / membaca tentang istilah “listrik 450VA”, “listrik 1300VA”, “listrik 2200VA” dst. Istilah itu mengartikan nilai batas besaran listrik yang bisa dipakai di satu rumah. Seandainya listrik di rumah kita saat ini nilainya 1300VA, maka total input listrik dari semua perangkat elektronik yang ada dan menyala di rumah saat ini “tidak bisa” melebihi nilai 1300VA. Bukan berarti kita tidak boleh memiliki perangkat elektronik dalam jumlah lebih banyak. Selama input daya perangkat elektronik yang “menyala” masih dalam batas 1300VA, tidak ada masalah.

Ada beberapa cara untuk kita mengetahui besaran kapasitas listrik yang saat ini terpasang di rumah. Bisa dengan melihatnya pada kategori pelanggan yang tertera di resi pembelian / pembayaran biaya listrik bulanan. Bisa juga dengan mencari keberadaan tulisan berupa angka yang diakhiri dengan rangkaian huruf VA pada MCB di meteran.

Namun, apakah benar sejumlah itu listrik yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari di rumah? Apakah tidak kebesaran atau kekecilan nilainya? Mengapa bisa berbeda-beda antara kebutuhan satu rumah dengan lainnya?

Selanjutnya : Memperkirakan Kebenaran Nilai Kapasitas Listrik Terpasang ⇒

40 thoughts on “Cara Menghitung Kapasitas dan Pemakaian Daya Listrik di Rumah

  1. Halo saya mau tanya. Jika hair dryer saya memiliki 2000 watt, kapasitas watt rmh saya 2200 apakah saya bs mengunakan hair dryer tsb? Tq before

    1. Tambahan…, seingat saya, hampir semua produk hair dryer memiliki 3 level kekuatan (low, middle dan max). Jika 2000 Watt merupakan level kekuatan maksimum dari hair dryer, maka level kekuatan middle dan low pasti nilainya kurang dari 2000 Watt.

      Coba diperhatikan lagi manual petunjuk cara pemakaiannya. Jika kekuatan hair dryer di level middle dan low ada di bawah nilai 1760 Watt, anda masih bisa menggunakannya.

      Salam. ☺

  2. Listrik 2200 VA, Hair dryer 400Watt
    Total jam pakai 2 jam dalam 1 bulan.
    kira2 total daya yang di gunakan berapa yah? dan berapa rupiah dalam 1 bulan khusus hair dryernya saja??

    1. Coba lihat spesifikasi “input daya” pada manual pengoperasian microwave.

      Kalau nilai input daya yang tertera adalah 800 Watt, berarti microwave tersebut bisa dioperasikan pada rumah dengan kapasitas listrik sebesar terpasang 1300 VA (1040 Watt).

      Tapi, perlu diperhatikan juga perangkat listrik/elektronik lainnya (kulkas, televisi, pompa air dll.) yang juga “sedang” menyala saat microwave hendak dinyalakan.

      Patokannya, total konsumsi listrik seluruh perangkat elektronik di rumah berkapasitas 1300VA, tidak bisa melebihi nilai 1.040 Watt.

      Salam.

    2. Bkn 1300 watt.. tp 1300 VA .berarti watt=1300 va x cos phi.. cos phi normal di 0.8 ..berarti 1300×0.8=1040 watt.

      1. Terima kasih untuk koreksinya, Septiyadi.

        Mohon maaf atas ketidaktahuan saya dan para pengunjung blog ini yang awam dibidang teknik listrik.

        Saya juga sudah menjelaskan perihal perbedaan antara 1300Watt dengan 1300VA dengan bahasa yang lebih dan sangat sederhana di halaman 2 artikel di atas :

        Pertama-tama, hal yang harus kita pahami terlebih dulu adalah besaran listrik bernilai 1300VA sama dengan besaran listrik bernilai 1.040 Watt (1300VA x 0,8 = 1.040 Watt). Nilai 0,8 merupakan nilai Faktor Daya dan sudah menjadi ketentuan dari PLN. Hal tersebut juga berlaku pada kapasitas listrik yang bukan 1300VA. Seperti : 900VA = 720 Watt, 2200VA = 1.760 Watt, dst.

        Dengan demikian, batas nilai pemakaian listrik yang sebenarnya menjadi lebih jelas. Kapasitas listrik terpasang 2200VA bukan berarti kita bisa menggunakan pemakaian listrik sebesar 2.200 Watt. Melainkan hanya sebesar 1.760 Watt saja

        Tanpa mengurangi rasa hormat pada para ahli dibidang teknik listrik, saya harap Anda dapat memaklumi uraian penjelasan saya yang sangat sederhana dan awam dibidang teknik listrik untuk membantu pemahaman para pengunjung blog ini yang mayoritas juga awam dibidang teknik listrik.

        Salam. 🙂

  3. Assalamualaikum kak, saya ingin bertanya dirumah saya listriknya meterannya 900, terus saya kasih komputer nah ini udah 4x nya listrik rumah “njeglek” (saya ndak tau bahasa indonesianya apa),, nah semisal saya kasih stavolt itu apakah ntar masih seperti itu?

    Dirumah saya ada kulkas, tv, sanyo, sama rice cooker 3 biji, lampu kurang lebih 8 tapi yang sering dihidupkan cuma 5, yang standby kurang lebih 24 jam adalah kulkas sama rice cooker 2 biji , terus kalau lampu itu sore aja yang nyala

    mohon jawabannya kak

    1. Salam kenal, Re.

      Dibutuhkan kapasitas listrik terpasang minimal 1300VA untuk menjalankan PC biasa (bukan khusus untuk bermain game) secara normal.

      Dari hitung-hitungan saya, produk power supply PC yang paling hemat listrik, membutuhkan daya 450 Watt. Kalau ditambah kulkas dan 2 rice cooker, kira-kira total pemakaian daya ada dikisaran 600-650 Watt. Sehingga, hanya ada sisa listrik siap pakai sekitar 100 Watt untuk kapasitas listrik 900VA (720 Watt). Begitu kulkas otomatis defrost atau sanyo nyala, pasti nge-jeglek.

      Terlalu rentan jika anda tetap hendak mengoperasikan komputer dengan bertahan di kapasitas listrik terpasang 900VA.

      Pemakaian stabilizer bukan untuk kepentingan menambah kapasitas listrik terpasang. Melainkan hanya untuk men-stabilkan voltase listrik saja.

      Salam. 🙂

  4. Ada yg mau saya tanyakan pak dirumah listrik 900 va,pemakaian listrik 1kulkas,1tv,3aquarium,1 dispenser,10 lampu listrik suka mati mendadak berpengaruh pada tv jd koslet yg ingin saya tanyakan disini apakah dgn kekuatan daya 900 watt listrik tdk ckp?

    1. Kalau peristiwa “listrik mati mendadak” tersebut terjadi dikarenakan anda baru saja menambahkan salah satu perangkat elektronik (kulkas/dispenser/TV dsb) yang dipakai saat ini, maka besar kemungkinan penyebabnya kapasitas listrik 900VA tidak mencukupi.

      Tapi kalau semua itu terjadi begitu saja tanpa sebelumnya anda menambahkan atau mengganti perangkat elektronik apapun yang dipakai saat ini, maka ada kemungkinan MCB di meteran yang mulai kadaluarsa.

      Salam. 🙂

  5. Ay mau tanya ya mas,daya listrik dirumah saya 900va sy mau pasang ac 1pk dirumah ada meain cuci kulkas lampu 9 biji,pertanyaan sy apakah daya nya akan cukup apabila sy pasang ac 1pk? Trimakasih mohon jawabannya

    1. Mestinya tidak bisa.

      Kapasitas listrik 900VA di rumah Anda itu maksimum pemakaian listriknya hanya 720 Watt. Konsumsi listrik AC 1 PK terendah saat ini yang saya ketahui adalah sebesar 660 Watt. Kalau konsumsi listrik kulkas di rumah Anda lebih besar dari 60 Watt, maka setiap kali AC dinyalakan akan mengakibatkan meteran PLN di rumah Anda nge-jepret. Itu belum termasuk listrik dari lampu dan televisi.

      Anda harus menambah daya menjadi 1300VA untuk bisa memasang AC 1 PK.

      Salam.

    2. permisi kak saya mau tanya,listrik di rumah 900VA rencana mau punya ps5 sama tv 4k 43″
      apakah kuat ya kak posisi di rumah yang selalu nyala lampu 3,kulkas dispenser sama magic com kak..

      1. Selamat siang Riza,

        Kapasitas listrik 900VA itu setara dengan 720 Watt. Menurut saya tidak cukup. Anda perlu tambah daya. 🙂

        Anda bisa menghitungnya sendiri dengan cara berikut ini :

        Jumlahkan nilai input daya (Watt) dari 3 unit lampu, kulkas, dispenser dan magic com di rumah saat ini.

        Kemudian, tambahkan dengan nilai input daya dari PS5 (sekitar 500 Watt) + tv 43″ (170 Watt s/d 200 Watt).

        Kalau total input daya lebih kecil dari 1040 Watt, Anda hanya perlu tambah daya menjadi 1300VA saja. Namun jika lebih besar dari 1040 Watt, maka Anda perlu menambah daya hingga 2200VA.

        Atau, lebih gampangnya “potong kompas” dengan cara menjumlahkan :
        = 720 Watt + 500 Watt + 200 Watt
        = 1.420 Watt

        Dengan total input daya 1420 Watt, berarti Anda harus menambah daya sebesar 2200VA.

        Salam. 🙂

    3. Pak dirumah pakai saya 3.500 kebesaran atau tidak yaaa? Pemakaiannya kulkas 2,tv, magic com, kipas angin 3, mesin cuci, gosokan 2,lampu yg sering nyala 8,mesin aquarium

      1. Selamat malam, Mey.

        Dengan kondisi seperti sekarang (tanpa AC dan komputer), kapasitas listrik 2.200 VA sudah lebih dari cukup.

        Jika 2 setrika (gosokan) dan mesin cuci tidak pernah menyala berbarengan, Anda bahkan bisa menurunkan kapasitas listrik menjadi 1.300 VA saja.

        Salam. 🙂

  6. Saya mau tanya mas.. di rumah saya listrik nya 900VA.. jika saya membeli magic com dggn daya 1000 Watt apa bisa mas… Mks jwbn nya

    1. Tidak bisa yaa…

      Kapasitas listrik 900VA-nya PLN, itu sama dengan 720 Watt (900VA x 0,8 = 720 Watt). Terdapat kekurangan daya sebesar 280 Watt untuk menyalakan Magic Com yang konsumsi listriknya sebesar 1000 Watt.

      Seandainya Anda memang benar-benar membutuhkan untuk menggunakan Magic Com berdaya 1000 Watt, sebaiknya terlebih dulu ajukan permohonan penambahan daya ke PLN untuk rumah Anda sebesar 2200VA (setara 1760 Watt).

      Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir meteran listrik bakal nge-jepret ketika sedang menyalakan Magic Com.

      Salam.

  7. Listrik di rumah 3500va untuk barang cuma ada lampu ada 25 titik rata rata 20 watt, kulkas 2. showcase 1. Mesin cuci sekali sehari, tv 4, AC 1.

    Kenapa habisin banyak watt ya?, sehari habisin 50ribu rupiah pulsanya.

    Mohon penjelasannya

    1. Anda bisa membaca uraiannya di artikel Cara Menghitung Biaya Listrik Perangkat Elektronik.

      Untuk mengetahui konsumsi listrik (input daya) dari setiap perangkat yang Anda sebutkan, dapat diperoleh dari buku manual petunjuk pemakaian dari masing-masing perangkat.

      Dari perkiraan saya secara sepintas, semua perangkat (kecuali lampu) tersebut memang memungkinkan untuk mengkonsumsi listrik dalam jumlah cukup besar. Kecuali mesin cuci, waktu nyala dari perangkat lainnya terbilang cukup lama.

      Salam. 🙂

      1. Halo kak Omar, salam kenal
        Artikelnya cukup jelas, informatif dan mudah dipahami bagi saya yg masih awam dg listrik, sangat membantu.
        Saya ada pertanyaan, apakah jika alat elektronik seperti mesin cuci yg masih nancap pada cok itu memakan daya walaupun tidak sedang digunakan?
        Kemudian bagaimana penjelasan sederhana mengenai kWh yg didapatkan kapasitas listrik semakin sedikit pada kapasitas listrik yg lebih besar saat membeli token?
        Terimakasih….

      2. Selamat malam Bayu,

        Salam kenal juga. Terima kasih atas apresiasinya. 🙂

        Mesin cuci dalam keadaan tidak terpakai namun steker-nya dibiarkan tertancap di stopkontak, bisa dibilang jeroan mesin cuci tersebut dikondisikan dalam keadaan siaga / siap pakai. Situasinya mirip dengan lampu bohlam yang putus/padam, tapi saklar-nya dalam posisi ON (nyala).

        Konsumsi listrik dari perangkat elektronik yang dibiarkan dalam kondisi seperti itu, tidak besar jumlahnya. Dari beberapa informasi yang pernah saya baca di internet, jumlahnya antara 0,1 Watt s/d 0,4 Watt. Nilai yang sangat kecil jika dikonversikan ke dalam bentuk rupiah.

        Namun, hal yang sebenarnya perlu untuk kita perhatikan adalah bagaimana dampak keamanan dari perangkat elektronik yang dibiarkan dalam keadaan seperti itu terhadap keselamatan diri kita dan orang-orang di sekitar kita.

        Tidak semua rumah tinggal memiliki instalasi jaringan kabel listrik yang dikerjakan dengan benar. Terutama di bagian terkait Grounding / Arde yang sering ditiadakan sehingga berdampak menimbulkan “sengatan-sengatan” saat kita memegang permukaan perangkat elektronik. Namun, karena ketidakbenaran instalasi jaringan kabel listrik tersebut jarang menimbulkan dampak serius, banyak orang yang mengabaikannya.

        Itu sebab penekanan informasi tentang membiarkan steker tertancap di stopkontak adalah telah terjadi pemakaian listrik secara percuma dan berdampak pada jumlah uang yang harus dibayarkan secara sia-sia.

        Fokus mayoritas masyarakat kita jauh lebih tinggi terhadap situasi kehilangan uang dibanding kehilangan nyawa. 🙂

        Mengenai ketidaksesuaian harga token dengan jumlah kWh yang tertera, saya belum mempelajarinya lebih jauh. Saya telah mengikuti akun twitter PLN cukup lama untuk mendapatkan jawaban keluhan para pelanggan mengenai ketidaksesuaian harga token. Namun belum pernah ada jawaban yang memuaskan.

        Dugaan sementara, ketidaksesuaian itu bisa dikarenakan adanya potongan pajak yang dikenakan langsung bersamaan dengan harga token yang dibeli. 🙂

        Salam. 🙂

  8. Halo kak Omar, terimakasih atas jawabannya
    Jadi sebaiknya mencabut steker alat elektronik jika tidak digunakan ya?

    Kemudian untuk kWh yg saya maksud adalah mengapa jumlah kWh yg didapatkan 900VA lebih sedikit dari 450VA walaupun sama sama beli 50rb?

    1. 1. Iya, sebaiknya steker dicabut jika perangkat elektronik tidak digunakan.

      2. Itu dikarenakan tarif listrik per kWh dari kapasitas listrik 450VA lebih murah dibanding 900VA.

      Misal :

      Tarif per kWh listrik 450VA = Rp. 400,- dan 900VA = Rp. 600,-

      Maka, jumlah kWh dari token Rp. 50.000,- untuk 450VA :
      = 50.000 / 400
      = 125 kWh

      Sedangkan jumlah kWh dari token Rp. 50.000,- untuk 900VA :
      = 50.000 / 600
      = 83.33 kWh

      Ingat ya, nilai tarif per kWh dari 450VA dan 900VA di atas hanya contoh. Saya belum berhasil mendapatkan informasi mengenai tarif listrik bersubsidi dari kapasitas listrik 450VA dan 900VA yang berlaku untuk tahun 2022.

      Salam. 🙂

      1. Terimakasih atas jawabannya kak Omar
        Saya sudah baca artikelnya ttg “Pengaruh penggunaan stabilizer di rumah” cukup menarik. Saya harap ada updatenya ya kak, sekaligus teknis bagaimana model pemasangannya 🙂

        Kemudian saya ada pertanyaan setelah membaca artikel ini, saya antusias dan mencoba mengamati proses penggunaan daya listrik di rumah dg kapasitas 450VA.
        Pada waktu petang, pompa air, kulkas, rice cooker, kipas, dan 5 lampu menyala secara bersamaan tetapi kok ndk jepret ya? Padahal kalau dihitung secara kasat mata kapasitas listriknya tdk kuat. Bagaimana menurut kak Omar?

      2. Artikel tentang memasang sendiri stabilizer di rumah, dapat Anda temukan di tautan ini : Mengerjakan Sendiri Pemasangan Stabilizer di Rumah

        Atau, Anda bisa menemukan artikel-artikel lainnya terkait stabilizer melalui :

        Menu -> Topik Utama -> Listrik -> Stabilizer

        Mengenai kejanggalan kapasitas listrik 450VA di rumah Anda, juga banyak kasus serupa di rumah tinggal lainnya yang berkapasitas 450VA. 🙂

        Secara umum, kalau saya perhatikan, tidak ada masalah dengan kejanggalan tersebut.

        PLN juga mengetahui dan memahami kondisi tersebut. Selama rata-rata pemakaian listrik 450VA per hari di rumah Anda tidak melebihi 5 kWh, mereka cenderung mengabaikannya.

        Nikmati saja. Cukup Anda sendiri yang mengetahuinya. 🙂

  9. Terimakasih atas jawabannya kak Omar
    Di rumah satunya terpasang kapasitas listrik 900VA. Padahal cuma ada 1 mesin cuci , 1 rice cooker, 1 kipas angin kecil, 7 lampu, dan terkadang pemakaian mesin serut kayu. Dari pengamatan saya sebelumnya pada proses penggunaan daya listrik, saya kira menggunakan kapasitas listrik 450VA cukup untuk menampung penggunaan daya dan menghemat biaya. Tapi saya searching ternyata kita tidak bisa mengajukan penurunan kapasitas listrik ke PLN. Bagaimana solusinya menurut kak Omar?

    1. Setahu saya, program pemasangan baru dan penurunan daya untuk kapasitas listrik 450VA memang sudah ditiadakan oleh PLN. Untuk pemasangan baru kapasitas listrik 900VA sekalipun, sangat sulit prosedurnya.

      Penggunaan meteran token, menurut saya, sudah cukup efektif untuk menekan biaya pemakaian listrik karena tidak ada aturan minimum pemakaian listrik sebagaimana meteran pascabayar.

      Saat ini, saya belum memiliki solusi terkait mengurangi biaya pemakaian listrik tanpa mengurangi jumlah pemakaian listrik.

      Selama kita masih menggunakan listrik dari PLN, maka aturan mainnya tetap mengacu pada peraturan yang dibuat oleh PLN. Tidak ada yang bisa kita kerjakan diluar aturan main tersebut. 🙂

  10. izin bertanya, dengan kapasitas listrik 900 va dan pemakaian listrik tiap bulan maksimal 192 kwh apakah bisa untuk memasang AC 1/2 pk?

    1. Selamat siang, Daniel. 🙂

      Pemakaian maksimum listrik pada kapasitas 900VA adalah 720 Watt.

      Bisa jika hendak dipasangi AC 1/2 PK, tapi perangkat elektronik lain yang umumnya mengkonsumsi listrik minimal 300 Watt (rice cooker, pompa air, setrika dll) harus dalam kondisi padam.

      Demikian juga sebaliknya. Jika salah satu dari perangkat elektronik tersebut dalam kondisi menyala, maka AC harus dipadamkan.

      Pemakaian listrik 192 kWh per bulan sama dengan 6,4 kWh per hari. Sedangkan, maksimum konsumsi listrik dari kapasitas 900VA adalah 17,28 kWh per hari ((720 / 1000) x 24). Menurut saya, tidak ada masalah jika hendak ditambahkan dengan pemakaian AC.

      Yang penting, konsumsi listrik dari perangkat yang dipakai di rumah dapat diatur untuk tidak melebihi total 720 Watt.

      Salam. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.