Berapa besar kapasitas listrik yang kita butuhkan di rumah?

Ada perbedaan pengertian antara kapasitas listrik terpasang dengan jumlah pemakaian listrik. Jumlah pemakaian listrik di sebuah rumah, tidak harus mencerminkan besar kapasitas listrik terpasang di rumah. Demikian juga sebaliknya.

Karena keduanya berhubungan erat dengan besaran daya yang dibutuhkan perangkat elektronik, seringkali kita keliru mengartikan perbedaan antara keduanya. Pembahasan tersendiri mengenai pemakaian daya telah banyak saya ceritakan di blog ini. Anda dapat membaca ulasannya di artikel Cara menghitung daya listrik pada Perangkat Elektronik.

Lalu, dimana perbedaan Pemakaian Daya dengan Kapasitas Listrik Terpasang?

Kapasitas Listrik Terpasang vs Pemakaian Daya

Kapasitas Listrik Terpasang, bisa diumpamakan sebagai satu hotel. Sedangkan, Pemakaian Daya (listrik) merupakan rombongan tamu yang datang menginap selama jangka waktu tertentu.

Misalnya, satu hotel memiliki daya tampung 1300 tamu untuk menginap.

Pagi hari, kedatangan rombongan wisatawan pertama berjumlah 350 orang yang hendak menginap selama 8 hari. Siangnya, rombongan wisatawan kedua berjumlah 500 orang datang menginap selama 3 hari, dan sorenya rombongan wisatawan ketiga berjumlah 600 orang menginap selama 5 hari.

Jumlah orang dari rombongan pertama dan kedua adalah 850 orang. Dengan demikian, sisa tempat untuk tamu menginap tinggal 450 orang.

Karena rombongan ketiga memiliki jumlah anggota sebanyak 600 orang, sedangkan tempat yang tersisa untuk tamu menginap hanya 450 orang, maka rombongan ini tidak dapat diterima menginap di hotel.

Jadi, untuk selanjutnya, hotel hanya bisa menerima rombongan tamu untuk menginap berjumlah maksimum 450 orang saja.

Kira-kira, seperti itulah analogi hubungan kapasitas listrik terpasang dengan pemakaian daya.

Kapasitas listrik terpasang hanya berfungsi menampung besar daya (jumlah orang) dari perangkat elektronik (rombongan) untuk menyala selama jangka waktu tertentu (lama waktu menginap). Berapa pun besar daya dari perangkat-perangkat elektronik yang hendak dinyalakan, tidak akan menambah atau mengurangi nilai dari kapasitas listrik terpasang.

Sedangkan pemakaian daya adalah besar daya (jumlah orang) dari perangkat elektronik (rombongan) yang bisa dinyalakan (menginap di hotel). Nilainya akan terus bertambah mengikuti lama waktu kondisi perangkat menyala (lama waktu menginap). Seandainya nilai daya perangkat elektronik sebesar 350 Watt dan menyala selama waktu 8 jam, maka pemakaian daya yang telah terjadi adalah sebesar 8 x 350 = 2.800 Watt.

Pemahaman Kapasitas Listrik Terpasang pada Umumnya

Kita sering mendengar / membaca tentang istilah “listrik 450VA”, “listrik 1300VA”, “listrik 2200VA” dst. Istilah itu mengartikan nilai batas besaran listrik yang bisa dipakai di satu rumah. Seandainya listrik di rumah kita saat ini nilainya 1300VA, maka total input listrik dari semua perangkat elektronik yang ada dan menyala di rumah saat ini “tidak bisa” melebihi nilai 1300VA. Bukan berarti kita tidak boleh memiliki perangkat elektronik dalam jumlah lebih banyak. Selama input daya perangkat elektronik yang “menyala” masih dalam batas 1300VA, tidak ada masalah.

Ada beberapa cara untuk kita mengetahui besaran kapasitas listrik yang saat ini terpasang di rumah. Bisa dengan melihatnya pada kategori pelanggan yang tertera di resi pembelian / pembayaran biaya listrik bulanan. Bisa juga dengan mencari keberadaan tulisan berupa angka yang diakhiri dengan rangkaian huruf VA pada MCB di meteran.

Namun, apakah benar sejumlah itu listrik yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari di rumah? Apakah tidak kebesaran atau kekecilan nilainya? Mengapa bisa berbeda-beda antara kebutuhan satu rumah dengan lainnya?

Selanjutnya : Memperkirakan Kebenaran Nilai Kapasitas Listrik di Rumah ⇒

56 tanggapan untuk “Cara Menghitung Kapasitas dan Pemakaian Daya Listrik di Rumah

  1. Halo saya mau tanya. Jika hair dryer saya memiliki 2000 watt, kapasitas watt rmh saya 2200 apakah saya bs mengunakan hair dryer tsb? Tq before

    1. Tambahan…, seingat saya, hampir semua produk hair dryer memiliki 3 level kekuatan (low, middle dan max). Jika 2000 Watt merupakan level kekuatan maksimum dari hair dryer, maka level kekuatan middle dan low pasti nilainya kurang dari 2000 Watt.

      Coba diperhatikan lagi manual petunjuk cara pemakaiannya. Jika kekuatan hair dryer di level middle dan low ada di bawah nilai 1760 Watt, anda masih bisa menggunakannya.

      Salam. ☺

  2. Listrik 2200 VA, Hair dryer 400Watt
    Total jam pakai 2 jam dalam 1 bulan.
    kira2 total daya yang di gunakan berapa yah? dan berapa rupiah dalam 1 bulan khusus hair dryernya saja??

    1. Coba lihat spesifikasi “input daya” pada manual pengoperasian microwave.

      Kalau nilai input daya yang tertera adalah 800 Watt, berarti microwave tersebut bisa dioperasikan pada rumah dengan kapasitas listrik sebesar terpasang 1300 VA (1040 Watt).

      Tapi, perlu diperhatikan juga perangkat listrik/elektronik lainnya (kulkas, televisi, pompa air dll.) yang juga “sedang” menyala saat microwave hendak dinyalakan.

      Patokannya, total konsumsi listrik seluruh perangkat elektronik di rumah berkapasitas 1300VA, tidak bisa melebihi nilai 1.040 Watt.

      Salam.

      1. Terima kasih untuk koreksinya, Septiyadi.

        Mohon maaf atas ketidaktahuan saya dan para pengunjung blog ini yang awam dibidang teknik listrik.

        Saya juga sudah menjelaskan perihal perbedaan antara 1300Watt dengan 1300VA dengan bahasa yang lebih dan sangat sederhana di halaman 2 artikel di atas :

        Pertama-tama, hal yang harus kita pahami terlebih dulu adalah besaran listrik bernilai 1300VA sama dengan besaran listrik bernilai 1.040 Watt (1300VA x 0,8 = 1.040 Watt). Nilai 0,8 merupakan nilai Faktor Daya dan sudah menjadi ketentuan dari PLN. Hal tersebut juga berlaku pada kapasitas listrik yang bukan 1300VA. Seperti : 900VA = 720 Watt, 2200VA = 1.760 Watt, dst.

        Dengan demikian, batas nilai pemakaian listrik yang sebenarnya menjadi lebih jelas. Kapasitas listrik terpasang 2200VA bukan berarti kita bisa menggunakan pemakaian listrik sebesar 2.200 Watt. Melainkan hanya sebesar 1.760 Watt saja

        Tanpa mengurangi rasa hormat pada para ahli dibidang teknik listrik, saya harap Anda dapat memaklumi uraian penjelasan saya yang sangat sederhana dan awam dibidang teknik listrik untuk membantu pemahaman para pengunjung blog ini yang mayoritas juga awam dibidang teknik listrik.

        Salam. 🙂

  3. Assalamualaikum kak, saya ingin bertanya dirumah saya listriknya meterannya 900, terus saya kasih komputer nah ini udah 4x nya listrik rumah “njeglek” (saya ndak tau bahasa indonesianya apa),, nah semisal saya kasih stavolt itu apakah ntar masih seperti itu?

    Dirumah saya ada kulkas, tv, sanyo, sama rice cooker 3 biji, lampu kurang lebih 8 tapi yang sering dihidupkan cuma 5, yang standby kurang lebih 24 jam adalah kulkas sama rice cooker 2 biji , terus kalau lampu itu sore aja yang nyala

    mohon jawabannya kak

    1. Salam kenal, Re.

      Dibutuhkan kapasitas listrik terpasang minimal 1300VA untuk menjalankan PC biasa (bukan khusus untuk bermain game) secara normal.

      Dari hitung-hitungan saya, produk power supply PC yang paling hemat listrik, membutuhkan daya 450 Watt. Kalau ditambah kulkas dan 2 rice cooker, kira-kira total pemakaian daya ada dikisaran 600-650 Watt. Sehingga, hanya ada sisa listrik siap pakai sekitar 100 Watt untuk kapasitas listrik 900VA (720 Watt). Begitu kulkas otomatis defrost atau sanyo nyala, pasti nge-jeglek.

      Terlalu rentan jika anda tetap hendak mengoperasikan komputer dengan bertahan di kapasitas listrik terpasang 900VA.

      Pemakaian stabilizer bukan untuk kepentingan menambah kapasitas listrik terpasang. Melainkan hanya untuk men-stabilkan voltase listrik saja.

      Salam. 🙂

  4. Ada yg mau saya tanyakan pak dirumah listrik 900 va,pemakaian listrik 1kulkas,1tv,3aquarium,1 dispenser,10 lampu listrik suka mati mendadak berpengaruh pada tv jd koslet yg ingin saya tanyakan disini apakah dgn kekuatan daya 900 watt listrik tdk ckp?

    1. Kalau peristiwa “listrik mati mendadak” tersebut terjadi dikarenakan anda baru saja menambahkan salah satu perangkat elektronik (kulkas/dispenser/TV dsb) yang dipakai saat ini, maka besar kemungkinan penyebabnya kapasitas listrik 900VA tidak mencukupi.

      Tapi kalau semua itu terjadi begitu saja tanpa sebelumnya anda menambahkan atau mengganti perangkat elektronik apapun yang dipakai saat ini, maka ada kemungkinan MCB di meteran yang mulai kadaluarsa.

      Salam. 🙂

  5. Ay mau tanya ya mas,daya listrik dirumah saya 900va sy mau pasang ac 1pk dirumah ada meain cuci kulkas lampu 9 biji,pertanyaan sy apakah daya nya akan cukup apabila sy pasang ac 1pk? Trimakasih mohon jawabannya

    1. Mestinya tidak bisa.

      Kapasitas listrik 900VA di rumah Anda itu maksimum pemakaian listriknya hanya 720 Watt. Konsumsi listrik AC 1 PK terendah saat ini yang saya ketahui adalah sebesar 660 Watt. Kalau konsumsi listrik kulkas di rumah Anda lebih besar dari 60 Watt, maka setiap kali AC dinyalakan akan mengakibatkan meteran PLN di rumah Anda nge-jepret. Itu belum termasuk listrik dari lampu dan televisi.

      Anda harus menambah daya menjadi 1300VA untuk bisa memasang AC 1 PK.

      Salam.

    2. permisi kak saya mau tanya,listrik di rumah 900VA rencana mau punya ps5 sama tv 4k 43″
      apakah kuat ya kak posisi di rumah yang selalu nyala lampu 3,kulkas dispenser sama magic com kak..

      1. Selamat siang Riza,

        Kapasitas listrik 900VA itu setara dengan 720 Watt. Menurut saya tidak cukup. Anda perlu tambah daya. 🙂

        Anda bisa menghitungnya sendiri dengan cara berikut ini :

        Jumlahkan nilai input daya (Watt) dari 3 unit lampu, kulkas, dispenser dan magic com di rumah saat ini.

        Kemudian, tambahkan dengan nilai input daya dari PS5 (sekitar 500 Watt) + tv 43″ (170 Watt s/d 200 Watt).

        Kalau total input daya lebih kecil dari 1040 Watt, Anda hanya perlu tambah daya menjadi 1300VA saja. Namun jika lebih besar dari 1040 Watt, maka Anda perlu menambah daya hingga 2200VA.

        Atau, lebih gampangnya “potong kompas” dengan cara menjumlahkan :
        = 720 Watt + 500 Watt + 200 Watt
        = 1.420 Watt

        Dengan total input daya 1420 Watt, berarti Anda harus menambah daya sebesar 2200VA.

        Salam. 🙂

    3. Pak dirumah pakai saya 3.500 kebesaran atau tidak yaaa? Pemakaiannya kulkas 2,tv, magic com, kipas angin 3, mesin cuci, gosokan 2,lampu yg sering nyala 8,mesin aquarium

      1. Selamat malam, Mey.

        Dengan kondisi seperti sekarang (tanpa AC dan komputer), kapasitas listrik 2.200 VA sudah lebih dari cukup.

        Jika 2 setrika (gosokan) dan mesin cuci tidak pernah menyala berbarengan, Anda bahkan bisa menurunkan kapasitas listrik menjadi 1.300 VA saja.

        Salam. 🙂

  6. Saya mau tanya mas.. di rumah saya listrik nya 900VA.. jika saya membeli magic com dggn daya 1000 Watt apa bisa mas… Mks jwbn nya

    1. Tidak bisa yaa…

      Kapasitas listrik 900VA-nya PLN, itu sama dengan 720 Watt (900VA x 0,8 = 720 Watt). Terdapat kekurangan daya sebesar 280 Watt untuk menyalakan Magic Com yang konsumsi listriknya sebesar 1000 Watt.

      Seandainya Anda memang benar-benar membutuhkan untuk menggunakan Magic Com berdaya 1000 Watt, sebaiknya terlebih dulu ajukan permohonan penambahan daya ke PLN untuk rumah Anda sebesar 2200VA (setara 1760 Watt).

      Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir meteran listrik bakal nge-jepret ketika sedang menyalakan Magic Com.

      Salam.

  7. Listrik di rumah 3500va untuk barang cuma ada lampu ada 25 titik rata rata 20 watt, kulkas 2. showcase 1. Mesin cuci sekali sehari, tv 4, AC 1.

    Kenapa habisin banyak watt ya?, sehari habisin 50ribu rupiah pulsanya.

    Mohon penjelasannya

    1. Anda bisa membaca uraiannya di artikel Cara Menghitung Biaya Listrik Perangkat Elektronik.

      Untuk mengetahui konsumsi listrik (input daya) dari setiap perangkat yang Anda sebutkan, dapat diperoleh dari buku manual petunjuk pemakaian dari masing-masing perangkat.

      Dari perkiraan saya secara sepintas, semua perangkat (kecuali lampu) tersebut memang memungkinkan untuk mengkonsumsi listrik dalam jumlah cukup besar. Kecuali mesin cuci, waktu nyala dari perangkat lainnya terbilang cukup lama.

      Salam. 🙂

      1. Halo kak Omar, salam kenal
        Artikelnya cukup jelas, informatif dan mudah dipahami bagi saya yg masih awam dg listrik, sangat membantu.
        Saya ada pertanyaan, apakah jika alat elektronik seperti mesin cuci yg masih nancap pada cok itu memakan daya walaupun tidak sedang digunakan?
        Kemudian bagaimana penjelasan sederhana mengenai kWh yg didapatkan kapasitas listrik semakin sedikit pada kapasitas listrik yg lebih besar saat membeli token?
        Terimakasih….

      2. Selamat malam Bayu,

        Salam kenal juga. Terima kasih atas apresiasinya. 🙂

        Mesin cuci dalam keadaan tidak terpakai namun steker-nya dibiarkan tertancap di stopkontak, bisa dibilang jeroan mesin cuci tersebut dikondisikan dalam keadaan siaga / siap pakai. Situasinya mirip dengan lampu bohlam yang putus/padam, tapi saklar-nya dalam posisi ON (nyala).

        Konsumsi listrik dari perangkat elektronik yang dibiarkan dalam kondisi seperti itu, tidak besar jumlahnya. Dari beberapa informasi yang pernah saya baca di internet, jumlahnya antara 0,1 Watt s/d 0,4 Watt. Nilai yang sangat kecil jika dikonversikan ke dalam bentuk rupiah.

        Namun, hal yang sebenarnya perlu untuk kita perhatikan adalah bagaimana dampak keamanan dari perangkat elektronik yang dibiarkan dalam keadaan seperti itu terhadap keselamatan diri kita dan orang-orang di sekitar kita.

        Tidak semua rumah tinggal memiliki instalasi jaringan kabel listrik yang dikerjakan dengan benar. Terutama di bagian terkait Grounding / Arde yang sering ditiadakan sehingga berdampak menimbulkan “sengatan-sengatan” saat kita memegang permukaan perangkat elektronik. Namun, karena ketidakbenaran instalasi jaringan kabel listrik tersebut jarang menimbulkan dampak serius, banyak orang yang mengabaikannya.

        Itu sebab penekanan informasi tentang membiarkan steker tertancap di stopkontak adalah telah terjadi pemakaian listrik secara percuma dan berdampak pada jumlah uang yang harus dibayarkan secara sia-sia.

        Fokus mayoritas masyarakat kita jauh lebih tinggi terhadap situasi kehilangan uang dibanding kehilangan nyawa. 🙂

        Mengenai ketidaksesuaian harga token dengan jumlah kWh yang tertera, saya belum mempelajarinya lebih jauh. Saya telah mengikuti akun twitter PLN cukup lama untuk mendapatkan jawaban keluhan para pelanggan mengenai ketidaksesuaian harga token. Namun belum pernah ada jawaban yang memuaskan.

        Dugaan sementara, ketidaksesuaian itu bisa dikarenakan adanya potongan pajak yang dikenakan langsung bersamaan dengan harga token yang dibeli. 🙂

        Salam. 🙂

  8. Halo kak Omar, terimakasih atas jawabannya
    Jadi sebaiknya mencabut steker alat elektronik jika tidak digunakan ya?

    Kemudian untuk kWh yg saya maksud adalah mengapa jumlah kWh yg didapatkan 900VA lebih sedikit dari 450VA walaupun sama sama beli 50rb?

    1. 1. Iya, sebaiknya steker dicabut jika perangkat elektronik tidak digunakan.

      2. Itu dikarenakan tarif listrik per kWh dari kapasitas listrik 450VA lebih murah dibanding 900VA.

      Misal :

      Tarif per kWh listrik 450VA = Rp. 400,- dan 900VA = Rp. 600,-

      Maka, jumlah kWh dari token Rp. 50.000,- untuk 450VA :
      = 50.000 / 400
      = 125 kWh

      Sedangkan jumlah kWh dari token Rp. 50.000,- untuk 900VA :
      = 50.000 / 600
      = 83.33 kWh

      Ingat ya, nilai tarif per kWh dari 450VA dan 900VA di atas hanya contoh. Saya belum berhasil mendapatkan informasi mengenai tarif listrik bersubsidi dari kapasitas listrik 450VA dan 900VA yang berlaku untuk tahun 2022.

      Salam. 🙂

      1. Terimakasih atas jawabannya kak Omar
        Saya sudah baca artikelnya ttg “Pengaruh penggunaan stabilizer di rumah” cukup menarik. Saya harap ada updatenya ya kak, sekaligus teknis bagaimana model pemasangannya 🙂

        Kemudian saya ada pertanyaan setelah membaca artikel ini, saya antusias dan mencoba mengamati proses penggunaan daya listrik di rumah dg kapasitas 450VA.
        Pada waktu petang, pompa air, kulkas, rice cooker, kipas, dan 5 lampu menyala secara bersamaan tetapi kok ndk jepret ya? Padahal kalau dihitung secara kasat mata kapasitas listriknya tdk kuat. Bagaimana menurut kak Omar?

      2. Artikel tentang memasang sendiri stabilizer di rumah, dapat Anda temukan di tautan ini : Mengerjakan Sendiri Pemasangan Stabilizer di Rumah

        Atau, Anda bisa menemukan artikel-artikel lainnya terkait stabilizer melalui :

        Menu -> Topik Utama -> Listrik -> Stabilizer

        Mengenai kejanggalan kapasitas listrik 450VA di rumah Anda, juga banyak kasus serupa di rumah tinggal lainnya yang berkapasitas 450VA. 🙂

        Secara umum, kalau saya perhatikan, tidak ada masalah dengan kejanggalan tersebut.

        PLN juga mengetahui dan memahami kondisi tersebut. Selama rata-rata pemakaian listrik 450VA per hari di rumah Anda tidak melebihi 5 kWh, mereka cenderung mengabaikannya.

        Nikmati saja. Cukup Anda sendiri yang mengetahuinya. 🙂

  9. Terimakasih atas jawabannya kak Omar
    Di rumah satunya terpasang kapasitas listrik 900VA. Padahal cuma ada 1 mesin cuci , 1 rice cooker, 1 kipas angin kecil, 7 lampu, dan terkadang pemakaian mesin serut kayu. Dari pengamatan saya sebelumnya pada proses penggunaan daya listrik, saya kira menggunakan kapasitas listrik 450VA cukup untuk menampung penggunaan daya dan menghemat biaya. Tapi saya searching ternyata kita tidak bisa mengajukan penurunan kapasitas listrik ke PLN. Bagaimana solusinya menurut kak Omar?

    1. Setahu saya, program pemasangan baru dan penurunan daya untuk kapasitas listrik 450VA memang sudah ditiadakan oleh PLN. Untuk pemasangan baru kapasitas listrik 900VA sekalipun, sangat sulit prosedurnya.

      Penggunaan meteran token, menurut saya, sudah cukup efektif untuk menekan biaya pemakaian listrik karena tidak ada aturan minimum pemakaian listrik sebagaimana meteran pascabayar.

      Saat ini, saya belum memiliki solusi terkait mengurangi biaya pemakaian listrik tanpa mengurangi jumlah pemakaian listrik.

      Selama kita masih menggunakan listrik dari PLN, maka aturan mainnya tetap mengacu pada peraturan yang dibuat oleh PLN. Tidak ada yang bisa kita kerjakan diluar aturan main tersebut. 🙂

  10. izin bertanya, dengan kapasitas listrik 900 va dan pemakaian listrik tiap bulan maksimal 192 kwh apakah bisa untuk memasang AC 1/2 pk?

    1. Selamat siang, Daniel. 🙂

      Pemakaian maksimum listrik pada kapasitas 900VA adalah 720 Watt.

      Bisa jika hendak dipasangi AC 1/2 PK, tapi perangkat elektronik lain yang umumnya mengkonsumsi listrik minimal 300 Watt (rice cooker, pompa air, setrika dll) harus dalam kondisi padam.

      Demikian juga sebaliknya. Jika salah satu dari perangkat elektronik tersebut dalam kondisi menyala, maka AC harus dipadamkan.

      Pemakaian listrik 192 kWh per bulan sama dengan 6,4 kWh per hari. Sedangkan, maksimum konsumsi listrik dari kapasitas 900VA adalah 17,28 kWh per hari ((720 / 1000) x 24). Menurut saya, tidak ada masalah jika hendak ditambahkan dengan pemakaian AC.

      Yang penting, konsumsi listrik dari perangkat yang dipakai di rumah dapat diatur untuk tidak melebihi total 720 Watt.

      Salam. 🙂

  11. Hallo kak, ada yang bilang besaran kapasitas watt itu sangat mendekati besaran VA nya. karena rumah2 pada umumnya itu pakai instalasi listrik 1 phase. jadi kalo misalkan rumah kita 900VA berarti ya wattnya 900watt. bisa dijelaskan antara instalasi listrik 1 phase & 3 phase? apakah semua rumah2 kita itu pakai instalasi 1 phase? bangunan apa saja yang menggunakan 3 phase? terimakasih..

    1. Selamat pagi, Renda. 🙂

      Iya, saya juga dengar banyak yang bilang kalau instalasi listrik satu phase kapasitas VA-nya tidak berbeda jauh dengan arus Watt-nya.

      Namun, kapasitas listrik di rumah saya sebesar 1.300 VA yang berlokasi di Bogor, maksimum listrik yang bisa dipakai hanya dikisaran 1.000 Watt saja. Demikian juga dengan rumah saya di Jakarta yang berkapasitas 900 VA, maksimum listrik yang bisa dipakai hanya dikisaran 700 Watt saja. Beberapa info yang saya dapatkan di internet, menyatakan kalau hal itu dikarenakan adanya pengaruh Faktor Daya yang mana besarannya telah ditentukan oleh PLN sebesar 0,8.

      Sehingga, besaran arus yang bisa dipakai pada rumah berkapasitas listrik 1.300 VA (semestinya) hanya sebesar 1.040 Watt (1.300 VA x 0,8 = 1040 Watt). Sama juga dengan listrik 900 VA dimana besaran arus listriknya yang (semestinya) hanya 720 Watt.

      Saya juga heran kalau ternyata ada pelanggan PLN yang maksimum arus pemakaian listriknya (Watt) bisa setara dengan nilai kapasitas listrik terpasangnya (VA).

      Listrik 1 phase banyak diterapkan untuk pemakaian listrik di rumah tinggal pada umumnya. Sedangkan listrik 3 phase banyak diterapkan untuk pemakaian listrik pada bangunan/rumah tinggal yang menjalankan aktivitas industri. Mulai skala industri kecil rumahan (mis. konveksi) hingga skala industri besar seperti pabrik. Itu dikarenakan kebanyakan mesin industri menggunakan standar arus listrik 3 phase.

      Untuk perbedaan listrik 1 phase dengan 3 phase secara teknisnya, saya tidak dapat menjelaskan kepada Anda. Karena saya tidak memiliki latar belakang pendidikan dibidang teknis listrik.

      Salam. 🙂

  12. Mau nanya kak,kalo sy pake AC 1 pk,AC 1/2 pk, kulkas 2 pintu 2 buah, televisi 42 inc & 55 inch, megic com 2 bh, mesin air 1, mesin kolam 1 dispenser 2 bh, setrika 1 bh, seharusnya pake daya listrik brp supaya sy bs menggunakan elektronik2 tsb secara bersamaan?krn selama ini sy memakai 1300 va sj & tdk bs menggunakan elektronik2 tsb bergantian…

    1. Selamat siang, Wilda.

      Sulit untuk mendapatkan total nilai pemakaian listrik persisnya tanpa mengetahui spesifikasi brand dan kapasitas perangkat-perangkat elektronik yang telah Anda sebutkan.

      Beberapa rumah tinggal yang saya kunjungi, ditinggali oleh empat orang dewasa dengan pemakaian perangkat elektronik separuh dari yang Anda sebutkan, besaran kapasitas listrik yang umumnya dipakai adalah sebesar 3.500 VA.

      Jadi, perkiraan saya, besaran kapasitas listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan semua perangkat elektronik yang Anda sebutkan, ada dikisaran 6.600 VA.

      Jika hendak mengetahui total angka persisnya, jumlahkan saja semua input daya dari perangkat elektronik yang telah Anda sebutkan, kemudian dibagi 0,8. Maka, itulah besaran kapasitas listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan semua perangkat elektronik secara bersamaan.

      Misalnya total input daya dari semua perangkat elektronik adalah sebesar 5.100 Watt, maka kapasitas listrik terpasang yang dibutuhkan adalah sebesar :

      = 5.100 Watt / 0,8
      = 6.375 VA

      Karena PLN tidak menyediakan besaran kapasitas sejumlah 6.375 VA tersebut, maka ambil nilai kapasitas listrik lebih tinggi di atasnya dan paling mendekati, yaitu 6.600 VA.

      Salam. 🙂

  13. Selamat siang mas Omar Ramlee,
    Mohon pencerahannya:
    Kebetulan rumah sya berfungsi sebagai usaha juga. Saya mempunyai 2 daya listrik
    2200 dan 3500, saya mencoba untuk memahami sepeti hitunganya mas omar tapi tidak sesuai. Mungkin ada kesalahan pemahaman dari sya.
    untuk saat ini sya menggunakan daya 3500 untuk, saya tidak bisa manikkan daya ini karena kata petugas PLN kabel yang digunakan masih kecil dan akan beresiko, dan dan jika ada penggantian kabel harus membongkar tembok mengingat kabel yang digunakan sudah ditanam didalam.
    1. kebutuhan Rumah tangga dan usaha
    kalo dinyalakan bersamaan ada 6 PC gaming 600-650 watt, AC 1/2 Pk, kulkas. mcb pada ngejepret.

    2. Saya menggunakan daya 2200 hanya untuk usaha.
    Saat ini bisa saya gunakan untuk 12 unit PC gaming 600-650 watt, jika saya tambah 1 PC lg akan ngeje pret meterannya.

    Rencana saya akan menambah 4 PC lagi dan 2 AC 1 Pk samsung windfree yang angkatan awalnya per AC 1200 watt
    apakah ada baiknya jika saya mngganti listrik dengan generator?
    Sebaiknya apa yang harus saya lakukan supaya daya dapat mengkover kebutuhan sya tersebut.
    Terimakasih atas pencerahannya

    1. Selamat malam Vino,

      Kalau dari hitungan saya berdasarkan situasi yang Anda deskripsikan, satu unit PC mengkonsumsi listrik dikisaran angka sebesar 230 Watt. Meteran listrik di rumah Anda kapasitasnya sebesar 2.200 VA dan meteran listrik untuk usaha sebesar 3.500 VA.

      Kemudian, Anda berencana melakukan perluasan usaha dengan menambahkan 4 unit PC dan 2 unit AC dengan konsumsi daya sebesar 2.400 Watt. Jadi, total Watt yang dibutuhkan sebesar 2.400 + 920 = 3.320 Watt atau setara dengan kapasitas listrik terpasang 4.400 VA.

      Bagaimana langkah terbaik yang harus ditempuh?

      Kalau saya di posisi Anda, saya akan mengganti (menambah daya) meteran 3.500 VA menjadi (minimal) 7.700 VA. Kemudian, membuat instalasi kabel listrik baru yang sesuai dengan kapasitas hantar listrik (minimal) 7.700 VA secara outbow (terpasang di permukaan dinding).

      Menambah daya dan membuat instalasi jaringan kabel baru, sudah pasti jauh lebih mahal dibanding membeli genset dan menambahkan jaringan kabel listrik yang dibutuhkan. Namun secara pemeliharaan dan hitungan biaya operasional yang harus dibayarkan dikemudian hari akan jauh lebih aman, mudah dan murah.

      Deskripsi di atas hanya pendapat saya saja yaa… silakan Anda putuskan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini.

      Salam. 🙂

    1. Selamat sore, Fracilia.

      Total Watt dari kapasitas listrik terpasang 900VA adalah sebesar : 900 x 0,8 = 720 Watt.

      Angka 0,8 merupakan default nilai Faktor Daya yang mana sudah menjadi ketentuan dari pihak PLN.

      Namun, ada juga rumah tinggal yang kapasitas listrik terpasang 900VA dengan nilai Faktor Daya-nya sebesar 0,9 atau 1. Saya tidak tahu penyebab yang bisa menjadikannya bernilai di atas 0,8.

      Sehingga, secara default, treadmill 750 Watt tidaklah dapat dioperasikan kalau hendak digunakan di sebuah rumah tinggal berkapasitas 900VA. Minimal kapasitas listrik terpasang yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya adalah 1.300VA (1300 × 0,8 = 1040 Watt).

      Salam. 🙂

  14. Mau tanya ..saya pakai meter 450VA pakai mesin cuci otomatis sktr 330watt/375watt dan mesin pompa air 125watt .. lampu cm bbrp buah sj ..bisakah sy pasang kulkas 90watt?

    1. Selamat malam, Muhammad Azhar.

      Total Watt listrik 450VA, resminya :
      = 450 x 0,8
      = 360 Watt

      Nilai 125 Watt dari pompa itu merupakan output. Besar pemakaian listrik yang sebenarnya dibutuhkan ada di kisaran 350 Watt.

      Jadi, sebenarnya, listrik 450VA di rumah Anda sudah tidak bisa untuk pemakaian pompa + mesin cuci secara berbarengan. Setidaknya, butuh listrik minimal 900VA (720 Watt) buat keduanya bisa dipakai berbarengan.

      Saya tidak tahu berapa kapasitas asli dari MCB di meteran rumah Anda.

      Kalau ternyata kapasitas asli MCB di meteran rumah Anda adalah sebesar 900VA, maka pompa harus dipakai bergantian dengan mesin cuci jika mau tambah kulkas 90 Watt supaya MCB di meteran tidak nge-jepret.

      Salam. 🙂

  15. Maaf bapak, izin bertanya..kebetulan listrik dirumah menggunakan 1300 tanpa mcb..saat menggunakan 2 AC di siang hari kenapa selalu njegelek ya listriknya…padahal barang elektronik lainnya yang menyala terus hanya kulkas, pompa kolam koi dan water heater di kamar mandi..seharusnya hitung2an watt masih kuat tapi selalu njeglek kl 2 AC tersebutnyala bareng..kira2 penyebabnya apa ya? trimakasih sebelumnya pak Omar..

    1. Selamat pagi,

      Hitungan daya untuk rumah 1300VA adalah setara dengan : 1300 x 0,8 = 1040 Watt.

      Saya pakai hitungan nilai input Watt perangkat elektronik pada umumnya dengan kapasitas terendah saja yaa…

      – 2 unit AC 1/2 pk = 750 Watt
      – 1 unit kulkas 1 pintu = 60 Watt
      – 1 unit pompa kolam = 30 Watt
      – 1 unit water heater tabung = 350 Watt

      Totalnya : 1190 Watt

      Jadi memang listrik 1300VA yang terpasang di rumah Anda saat ini, tidak dapat mengakomodir nyala 2 unit AC 1/2 pk secara berbarengan.

      Salam. 🙂

  16. Selamat pagi, Pak Omar Ramlee.

    Tetangga saya baru tambah daya menjadi 3500 VA, tapi akhirnya jadi sering jepret.
    Kira-kira kenapa ya, Pak?

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Andri

    1. Selamat pagi, Andri.

      Kalau tidak ada masalah sebelum tambah daya, maka kemungkinannya dikarenakan ada satu atau beberapa jalur kabel di jaringan kabel listrik dalam rumah yang tidak mendukung untuk menghantarkan arus listrik sebesar 3.500 VA. Kabelnya kepanasan dan berlanjut dengan korsleting yang kemudian menyebabkan MCB jepret.

      Agak sulit untuk mensolusikannya jika pemilik rumah tidak mengetahui spesifikasi kapasitas daya hantar listrik dari setiap kabel yang tertanam di jaringan kabel listrik rumahnya secara detail.

      Solusi paling aman, tidak berkelanjutan dan minim risiko adalah mengganti seluruh jalur kabel stopkontak dengan kabel 3 x 2,5mm dan seluruh kabel lampu dengan kabel 2 x 1,5mm. Biayanya cukup mahal, tapi hanya berlangsung satu kali dan berdampak pada keamanan semua pemakaian perangkat elektronik di dalam rumah.

      Salam. 🙂

  17. izin bertanya

    listrik di tempat saya 1300 VA
    di rumah saya ada elektronik yang selalu aktif 24 jam, yaitu 1 Ac 1/2 PK inverter, Pompa air mini 60 watt, Kulkas Inverter : 100 Watt, 3 lampu 8 watt

    jika saya ingin menambah 1 Ac 1/2 watt lagi, dan PC dengan daya 550 watt apakah sanggup ? atau saya gharus menaikan daya lagi hingga 2200 VA

    1. Selamat siang Zinan,

      Kapasitas listrik terpasang 1.300VA = 1.040 Watt. 

      Mari kita abaikan mengenai teknologi inverter dan non-inverter. Jadi kita hitung semua secara apa adanya dengan kondisi pemakaian listrik maksimum untuk listrik kulkas, AC dan PC.

      Pemakaian listrik di rumah Anda adalah :

      1 unit AC 1/2 PK = 350 Watt. 
      1 pompa air mini = 60 Watt
      1 kulkas = 100 Watt 
      3 lampu @8 Watt = 24 Watt

      Total : 534 Watt.

      Kemudian Anda hendak menambahkan 1 unit AC 1/2 PK (350 Watt) dan 1 unit PC (550 Watt), sehingga total akhirnya akan menjadi :

      = 534 + 350 + 550
      = 1.434 Watt

      Dari hitung-hitungan di atas tersebut nampak jelas jika seluruh perangkat elektronik dikondisikan menyala dalam pemakaian maksimum (1.434 Watt), maka total daya pada kapasitas listrik terpasang 1.300VA (1.040 Watt) tidak akan mencukupi. 

      Jadi, secara sederhana, Anda perlu menambah daya hingga dibilangan 2.200VA (1.760 Watt).

      Namun secara prakteknya, apakah benar akan terjadi pemakaian daya secara flat sebesar 1.434 Watt per jam? 

      Tidak. Bahkan besar kemungkinan akan lebih rendah dari 1.434 Watt.

      Berapa kira-kira besaran nilai pemakaian daya yang sebenarnya mungkin terjadi?

      Saya tidak tahu, karena semua itu sangat tergantung dari tingkat frekuensi dan jenis aktivitas yang Anda kerjakan.

      Perhitungan di atas dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kekurangan daya disaat semua perangkat elektronik dikondisikan menyala dan membutuhkan daya secara maksimum.

      Salam. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *