Lampu +Emergency

halaman 2 dari 2

Harga, Kualitas dan Garansi

Di pasaran, telah banyak beredar produk lampu +emergency sejenis dengan merk dan fisik lampu berbeda-beda. Sulit diketahui mana merk terbaik diantara merk-merk yang beredar. Menurut saya, diluar kasus lampu yang diproduksi oleh merk terkenal, semuanya memiliki kualitas sama.

Hal itu disebabkan mayoritas merk-merk produk lampu dengan model seperti itu dibuat di negara yang sama dan dengan menggunakan suku cadang buatan mereka sendiri juga, yaitu Tiongkok. Perbedaan harga jual antara merk yang satu dengan lainnya, sangat tergantung kepiawaian masing-masing penjual di Indonesia dalam berdagang.

Lampu +EmergencyDari hasil setelah pemakaian beberapa bulan, menurut saya, produk lampu +emergency secara keseluruhan bisa dibilang cukup bagus. Harga lampu berada di kisaran Rp. 60.000,- s/d Rp. 70.000,- untuk yang berdaya 5 Watt dan 7 Watt (Juni 2016). Mengenai garansi, anda bisa menemukan batas tanggal akhir (kadaluarsa) yang tercetak tepat setelah ulir lampu.

Meski telah “dihajar” hingga 4 kali pemadaman listrik PLN, lampu +emergency bisa bertahan dengan baik sejak dipasang 3 bulan lalu sampai tulisan ini dibuat. Boleh dibilang, masih sama persis seperti pertama kali di pasang. Mungkin, ada pengaruh positif atas dukungan kualitas output listrik dari stabilizer tanpa kabel 3000VA yang dipasang untuk seluruh rumah sebagai faktor penyebab bisa bertahannya lampu dengan baik sampai sekarang. Kondisi voltase yang tidak stabil selama listrik menyala, tidak benar-benar berpengaruh untuk “dirasakan” oleh lampu ini.

Apakah kondisinya berbeda jika tanpa dukungan stabilizer 3000VA?

Kemungkinan besar begitu, karena cukup dua kali peristiwa listrik PLN mati-nyala sebelum stabilizer 3000VA dipasang, mampu melumpuhkan satu unit stabilizer siap pakai 500VA di rumah saya.

Jadi…???

Sampai saat ini, saya masih belum mengetahui kepastian tingkat kualitas dan daya tahan baterai yang sebenarnya digunakan pada sebuah lampu +emergency. Sehingga, agak sulit untuk mengatakannya sebagai salah satu produk dengan suku cadang berkualitas bagus dan layak kita pakai di rumah.

Namun, kalau dilihat dari sisi manfaat uang yang dibelanjakan untuk membelinya dan kenyamanan kondisi yang diciptakan saat listrik PLN mendadak mati, lampu +emergency merupakan produk yang patut diperhitungkan kehadirannya di rumah.

Lampu +EmergencySeandainya anda menggunakan konsep penerangan ruangan di rumah dengan menggunakan saklar ganda sebagaimana diceritakan di artikel Mengefisiensikan Lampu Penerangan, maka lampu +emergency bisa dipasang di bagian tengah formasi lampu. Model skema lampu penerangan seperti itu menjadikan permasalahan kompatibilitas lampu +emergency bisa teratasi dengan sendirinya. Tidak dibutuhkan lampu SL Keong agar lampu +emergency bisa berfungsi dengan benar. Karena, meski formasi lampu menggunakan satu saklar ganda dengan satu sumber listrik yang sama, switch yang digunakan untuk menyalakannya berbeda.

Semoga bermanfaat! ☺

One thought on “Lampu +Emergency”

Komentar ditutup.