Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Memasang Saklar Ganda ~ Out Bow

Cara Memasang Saklar Ganda.Aturan dasar cara pemasangan kabel pada saklar Tunggal, juga berlaku sama pada pemasangan kabel untuk saklar Ganda Out Bow. Perbedaannya, hanya pada dua kawat line-out dan tambahan kawat jumper saja.

Logika aturan main jalur line-in dan line-out adalah sama :

Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Jika saklar Tunggal hanya bisa melayani satu jalur kabel listrik saja, maka dengan saklar Ganda kita dapat membuat dua jalur kabel listrik untuk menyala-matikan dua lampu secara terpisah. Susunan kawat yang terpasang adalah sebagaimana terlihat pada foto ini :
Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Demikian juga untuk pemasangan saklar ganda dengan memotong jalur kabel. Jika memang memungkinkan untuk dikerjakan agar saklar bisa diposisikan pada jalur kabel antara sumber listrik dan lampu, maka susunan kawat yang terpasang akan terlihat sebagai mana foto ini :
Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Setelah dipasang kabel, maka tampak sisi muka saklar akan seperti ini :

Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Jadi, sebagaimana telah dijelaskan di awal halaman memasang saklar tunggal, logika aturan main pemasangan saklar adalah sama. Posisi switch membuka di bagian bawah menandakan arus listrik dimatikan (OFF), jika sebaliknya menandakan arus listrik dinyalakan (ON). Itu berlaku untuk saklar yang memiliki satu, dua dan tiga switch. Baik untuk versi Out Bow maupun In Bow.

Namun, sebagaimana kita semua ketahui dan pahami, itu hanyalah standar aturan main. jika kita mengkehendaki saklar terpasang  dalam kondisi terbalik, maka tidak ada seorangpun yang bisa mencegahnya. Itu pilihan dan kepentingan kita sendiri untuk membuatnya demikian. Foto-foto yang saya sajikan di artikel ini, hanya memperlihatkan aturan main yang seharusnya digunakan dan berlaku secara pada umumnya. Penerapannya… itu pilihan anda yang mengerjakan dan menjalaninya.

Halaman terkait lainnya :

Memasang Saklar Ganda Outbow

Iklan

2 thoughts on “Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow”

Komentar ditutup.