Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow

Memasang Saklar Tunggal ~ Out Bow

Meskipun bisa dipasang dengan cara memotong jalur kabel, logika kedududukan saklar memiliki satu standar kesamaan. Switch pada saklar, dalam kondisi OFF, akan berada dalam posisi menutup di bagian atas dan membuka di bagian bawah. Sedangkan bila dalam kondisi ON, akan berlaku sebaliknya.

Oleh sebab itu, jalur kabel yang tersambung ke saklar hanya dimungkinkan untuk satu sisi saja, yaitu dari bagian atas saklar. Selain itu, peruntukkan fungsi saklar yang utamanya adalah guna menyala-matikan lampu, yang mana pada umumnya terpasang di langit-langit rumah. Sehingga, jalur kabel yang memasuki saklar memiliki kecenderungan melalui bagian atas saklar. Jika kepentingan pemasangan saklar untuk mengatur distribusi arus positif pada kabel yang terpasang di atas rumah pada umumnya (seperti untuk menyala-matikan lampu), maka susunan kawatnya terlihat seperti ini :


Ketika kita membutuhkan situasi dimana kabel harus terpasang melalui bagian bawah saklar, maka awal pengerjaan menyambung kabel yang kita lakukan adalah sama seperti nampak pada foto di atas. Setelah kawat disematkan dan terjepit sesuai tempatnya, kabel tinggal dipindahkan posisinya dari sisi atas ke bawah saklar.


Jika pemasangan saklar bisa dikerjakan di tengah (memotong) jalur kabel antara titik sumber listrik dengan lampu, maka susunan kawat yang terpasang akan terlihat seperti ini : Setelah dipasang kabel, maka tampak sisi muka saklar akan seperti ini :

Halaman terkait lainnya :

2 thoughts on “Memasang Stopkontak dan Saklar ~ Out Bow”

Comments are closed.