Memasang Stopkontak dan Saklar ~ In Bow

Memasang Saklar Tunggal ~ In Bow

Produk saklar in bow yang saya Jadikan contoh disini, tidak menggunakan baut penjepit untuk menahan kawat arus listrik di jeroannya. Cukup dengan memasukkan kawat listrik (yang telah dikelupas kulitnya) ke dalam lubang yang telah disediakan. Kemudian, kawat akan terjepit dengan sendirinya, dibarengi bunyi “klik” yang terdengar sangat perlahan.

Terdapat dua lubang untuk menyematkan kawat arus input (line in) dan output (line out). Lubang yang saya gunakan hanya salah satu di antaranya, sesuai kemudahan posisi saat kawat dipasangkan. Setelah dipasangi kabel, maka tampilannya adalah sebagai berikut : Gampang, yaa… Mirip dengan cara memasang saklar out bow yang dideskripsikan di artikel Skema Sambungan Antar Kabel.

Beberapa saklar merk berbeda, masih menggunakan mur-baut sebagai sarana penjepit kawat kabel. Konsep pemasangan kawat di masing-masing penjepit pada model saklar seperti itu adalah sama. Penjepit (mur-baut) di bagian bawah, disematkan kawat line-in. Sedangkan yang bagian atas digunakan untuk menyematkan kawat line-out.

Jangan lupa, posisi switch saklar menekan ke dalam di bagian bawah menandakan bahwa line-in dan line-out saling terhubung (lampu menyala). Sedangkan jika switch menekan ke dalam di bagian atas menandakan bahwa line-in dan line-out tidak terhubung (lampu mati).

Halaman lainnya :

One thought on “Memasang Stopkontak dan Saklar ~ In Bow”

Comments are closed.